Tiap Hari Rutin Minum Kopi, Kamu Akan Rasakan 6 Manfaat Kopi

Tiap Hari Rutin Minum Kopi, Kamu Akan Rasakan 6 Manfaat Kopi

Apakah sobat WE+ termasuk salah satu pecinta kopi? Selain teh, kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digandrungi orang Indonesia. Tak jadi masalah, karena ternyata kopi tidak hanya berfungsi sebagai penangkal rasa ‘ngantuk’ saja, lho. Ada beragam manfaat kopi yang bisa kamu peroleh, asal mengkonsumsinya dengan benar.

Kenapa dengan cara yang benar? Sebab, saat ini sudah banyak cara lain untuk menikmati secangkir kopi, baik dalam keadaan panas maupun dingin. Perlu kamu ketahui, kopi yang memiliki banyak manfaat adalah kopi yang berasal dari biji kopi asli, bukan minuman rasa kopi. Awas, jangan sampai salah pilih atau manfaat itu hanya bacaan semata.

Sederet Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Bagi para pecinta kopi, inilah beberapa manfaat kopi yang bisa dirasakan untuk kesehatan: 

1. Meredakan Stres

Salah satu faktor yang menjadikan kopi seperti ‘menu wajib’ bagi pria adalah kemampuannya dalam meredakan stres. Hal ini dikarenakan kandungan utama kopi, yaitu kafein yang dinilai mampu meredakan rasa sakit kepala. Akibatnya, tekanan mereda dan stres pun bisa diatasi dengan baik. Jangan heran, jika pria sering mencari kopi sebagai pelepas stres atau bahkan saat mencari ide. 

2. Meningkatkan Stamina

Siapa sangka, jika kopi hitam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum melakukan olahraga, kurang lebih 1.5 jam. Ternyata, kandungan kafein di dalam kopi bisa membantu proses pemecahan lemak menjadi lebih optimal. Itu artinya, kopi tak hanya bagus untuk stamina tetapi juga program penurunan berat badan.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Lagi-lagi, kafein menjadi pemicu utama dalam ragam manfaat kopi, yaitu meningkatkan fungsi otak. Saat diminum, kafein akan mengalir ke otak melalui saluran pembuluh darah. Di dalam perjalanannya, kafein akan mengaktifkan saraf dan berbagai hormon yang bisa meningkatkan fungsi otak. Mulai dari suasana hati, kemampuan daya ingat, konsentrasi, hingga kondisi mental secara umum.

4. Menekan Resiko Parkinson

Parkinson merupakan suatu jenis gangguan pada sistem saraf pusat, sehingga mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak. Pada beberapa kasus, Parkinson sering disertai tremor atau bagian tubuh gemetar tanpa bisa dikendalikan. Sebuah penelitian mengatakan, bahwa kopi tidak hanya menekan risiko Parkinson, tetapi juga membantu penderita untuk mengontrol gerakannya. 

5. Melindungi Organ Hati

Fakta mencengangkan tentang kopi kembali muncul. Konon, mengonsumsi kopi asli secara rutin bisa menurunkan risiko sirosis atau pembentukan jaringan parut akibat beragam gangguan hati yang lainnya. Tak tanggung-tanggung, kopi mampu menekan risiko tersebut hingga 80%. Sementara fungsi kopi sebagai pencegah timbulnya kanker hati sebesar 40%. Mantap jiwa.

6. Menurunkan Risiko Stroke

Kabar baik, manfaat dari kopi tak hanya bisa dinikmati oleh pria, tetapi juga wanita. Menurut hasil pengamatan, wanita yang rajin minum kopi memiliki risiko terkena penyakit stroke lebih rendah. Dan manfaat tersebut tetap bisa diperoleh, meski terkadang kafein memicu sedikit peningkatan pada tekanan darah.

Meski beberapa manfaat di atas masih perlu diadakan penelitian lebih lanjut, tetapi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsinya. Sebab, selain kafein ternyata kopi memiliki segudang vitamin dan mineral, seperti antioksidan, vitamin B2, vitamin B5, kalium, magnesium, dan mangan. Ingat, jangan berlebihan.

Meski manfaat kopi memang banyak, tetapi efek sampingnya pun tetap ada. Mulai dari gangguan pada sistem pencernaan, gangguan tidur atau insomnia, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, pastikan tetap dalam porsi dan batasan yang dianjurkan dan jangan berlebihan ya sobat WE+.

Penulis: Raka 17 Jan 2021 115

Penulis: Raka
28 Dec 2020
190
Penulis: Raka
08 Jan 2021
468