Lakukan Hal Ini Setiap Pagi Hari, Maka Tubuhmu Akan Menjadi Lebih Sehat

Lakukan Hal Ini Setiap Pagi Hari, Maka Tubuhmu Akan Menjadi Lebih Sehat

Menjalani hidup yang lebih sehat bukanlah suatu kondisi yang bisa dicapai tanpa usaha keras. Ada banyak hal yang mesti kita lakukan untuk bisa jadi lebih sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Selain itu, ternyata masih banyak hal sederhana yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi pribadi yang lebih sehat lho! Apa saja ya?

Cara Praktis Menjalani Hidup Lebih Sehat

Nah sobat WE+, berikut adalah beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa membuat kamu lebih sehat: 

  1. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik jadi salah satu hal yang kerap dilewatkan oleh masyarakat yang tinggal di kota besar saat mulai menjalani pola hidup sehat. Olahraga di waktu yang tepat dan cara yang benar diyakini mampu melancarkan peredaran darah, membakar kalori, menguatkan tulang dan otot, meningkatkan energi, dan membuat fisik berikut mental kita jadi lebih sehat.

Seorang pakar kesehatan menyarankan agar sebaiknya kita berolahraga rutin setidaknya 150 menit dalam satu minggunya. Pada fase ini, kamu dibebaskan untuk memilih jenis latihan ringan yang dikehendaki. Misalnya saja lari santai di pagi hari, jalan kaki mengelilingi kompleks, memilih untuk naik tangga dibandingkan harus menggunakan lift, dan lain sebagainya. Apabila tubuh kamu sudah terbiasa dengan aktivitas seperti itu, kamu bisa memulai latihan lain yang lebih menantang seperti push-up, squat, lunge, plank, atau yang lainnya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Diketahui tubuh manusia terdiri dari 60-70% cairan guna mengoptimalkan fungsi organ dalam tubuh. Inilah kenapa mengkonsumsi air putih secara cukup setiap harinya sangat penting untuk dilakukan. Pada umumnya, kamu harus mengkonsumsi air putih setidaknya 1,5 sampai 2 liter per hari. Untuk itu pastikan setiap bangun tidur kamu menyempatkan minum air putih supaya tubuhmu lebih sehat. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Makan Sehat dan Diet Seimbang

Tidak hanya berlaku di pagi hari, namun konsumsi makanan sehat merupakan kunci utama dari hidup sehat. Diketahui, nutrisi-nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan digunakan sistem tubuh supaya bisa berkembang dan menjalankan fungsinya secara maksimal. Jika fungsi suatu organ normal, maka risiko atas penyakit kronis bakal menurun.

Tubuh membutuhkan setidaknya 40 jenis nutrisi yang bisa diperoleh dari konsumsi berbagai jenis makanan. Beberapa menu yang dianjurkan untuk kamu konsumsi adalah kombinasi buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, kacang-kacangan, lemak sehat, dan asam lemak omega-3. Selain itu, cobalah untuk membatasi kebiasaan pola makan tak sehat seperti konsumsi terlalu banyak minuman manis, junk food, lemak trans, makanan berlemak, pun kandungan natrium.

  1. Kelola Stress

Secara garis besar, stres merupakan bentuk emosi yang tidak bisa dihindari dan bisa menimbulkan gejala fisik seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, sakit kepala, dada terasa sakit, sakit perut, sampai susah tidur. Jika tidak segera diatasi, stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit.

Untuk itu, penting bagi kamu melakukan berbagai aktivitas untuk koping dari kondisi stres. Kamu dianjurkan untuk melakukan meditasi, refleksi, yoga, bersantai bersama teman terdekat dan keluarga, atau bisa juga melakukan aktivitas lain yang bisa mendatangkan kebahagiaan bagi kamu.

  1. Istirahat dengan Cukup

Tugas sekolah, pekerjaan, atau tanggung jawab sehari-hari lainnya mungkin banyak menyita waktu kamu, sampai-sampai membuatmu harus begadang tiap malam. Namun biar bagaimana, istirahat yang cukup sangat penting untuk memperoleh tubuh dan pikiran yang sehat.

Pastikan jam tidur kamu terpenuhi dengan cara membiasakan tidur dan bangun di jam yang sama secara teratur. Mengenai durasi tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa ialah 7-9 jam per harinya. Namun perlu diingat, bahwasanya setiap orang mungkin mempunyai kebutuhan dan kondisi yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus menyesuaikan kebutuhanmu sendiri.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan setiap pagi. Semoga bisa menjadi referensi agar tubuh sobat WE+ jadi jauh lebih sehat ya!

Penulis: Raka 04 Oct 2022 483