5 Kelebihan Investasi Logam Mulia yang Wajib Diketahui

5 Kelebihan Investasi Logam Mulia yang Wajib Diketahui

5 Kelebihan Investasi Logam Mulia yang Wajib Diketahui

Halo Sobat WE+, apakah kamu termasuk tipe orang yang tidak ingin mengambil banyak resiko ketika melakukan investasi? Jika iya, maka investasi logam mulia bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Logam mulia menjadi alat investasi yang tetap populer dari dahulu hingga sekarang. Emas menjadi salah satu jenis logam mulia yang menjadi favorit masyarakat. 

Mengapa banyak orang yang berinvestasi di logam mulia? Salah satu alasannya adalah nilai logam mulia itu sendiri yang cenderung lebih stabil dibandingkan jenis instrumen investasi lain dan cenderung lebih aman. Banyak financial planner yang pada prakteknya juga menyarankan untuk memilih investasi logam mulia ini. 

Kelebihan Investasi Logam Mulia

Tidak hanya aman dan stabil, ada berbagai kelebihan lain jika sobat WE+ berinvestasi di logam mulia. Inilah berbagai kelebihan tersebut: 

  1. Minim Resiko karena Harga Emas Cenderung Stabil

Pada jenis investasi lain kebanyakan orang akan merasa khawatir dengan fluktuasi nilai investasi yang tidak menentu. Sehingga cukup merasakan bagi tipe orang yang menyukai investasi yang minim resiko. Berbeda dengan hal tersebut, emas menjadi alat investasi yang memiliki nilai investasi yang tergolong stabil terhadap inflasi. 

Meskipun terjadi penurunan harga, harga emas tidak pernah merosot terlalu jauh dan cenderung naik meskipun nilainya tidak setinggi investasi saham. Sehingga kerap kali disebut safe haven karena menjadi alat yang tepat untuk melindungi nilai uang. Emas menjadi alat investasi yang tepat untuk seseorang yang konservatif.

  1. Mudah Diuangkan

Kelebihan dari investasi logam mulia selanjutnya ialah mudah diuangkan. Sehingga memungkinkan Anda menjualnya kapan saja ketika dalam keadaan genting. Itu alasan mengapa emas dan logam mulia lain sangat disukai. Selain minim resiko, logam mulia juga dapat digunakan sebagai tabungan kedua untuk menangani kebutuhan mendadak yang terjadi sewaktu-waktu.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Investasi yang Bisa Dimulai dengan Jumlah Kecil

Kelebihan selanjutnya adalah jenis investasi yang bisa dimulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu. Mungkin hal ini tidak berlaku di zaman dulu. Namun berkat banyaknya platform yang menawarkan investasi emas secara digital. 

Membuat semua orang dapat mulai berinvestasi dengan jumlah uang yang kecil. Beberapa e-commerce di Indonesia juga menyediakan tabungan emas mulai dari Rp5.000. Sehingga memungkinkan semua orang dapat memiliki tabungan emas tanpa perlu menunggu mempunyai banyak uang. 

  1. Bisa Dijadikan Sebagai Jaminan

Jika kamu termasuk tipe orang yang gemar mengoleksi perhiasan emas, ini merupakan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Emas dapat kamu jadikan sebagai jaminan di pegadaian, ketika hendak melakukan peminjaman uang. 

Meskipun emas dapat dijual secara langsung. Namun masih banyak orang yang lebih memilih menggadaikan emas mereka. Alasan mereka biasanya karena dapat ditebus kembali dan merasa sayang jika harus dijual begitu saja.

  1. Dapat Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Emas atau logam mulia lain adalah jenis investasi yang memiliki nilai yang stabil. Sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai investasi dalam jangka panjang. Emas juga akan mengalami peningkatan harga ketika terjadi inflasi. Ketika nilai mata uang mengalami penurunan maka harga emas akan naik. Oleh karena itu selama terjadi inflasi emas dapat memberikan nilai investasi yang baik daripada uang tunai.

Setelah mengetahui kelebihan investasi logam mulia di atas, apakah Sobat WE+ masih ragu untuk memulainya?  Meskipun nila investasi emas tidak sebesar saham. Emas menjadi logam mulia yang sangat tepat untuk para pemula yang masih belajar memahami dunia investasi.

Penulis: Raka 09 Jun 2021 110