Sering Sakit Gigi? Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Memicunya

Sering Sakit Gigi? Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Memicunya

Sebagai alat pencernaan yang paling awal memproses makanan, gigi memiliki peranan cukup penting. Fungsinya adalah untuk menghaluskan makanan sebelum memasuki saluran cerna. Selain itu, gigi juga membantu dalam pengucapan kata, sehingga lebih jelas. Mengingat fungsinya yang sangat penting, perlu untuk merawatnya agar terhindar dari sakit gigi. 

Kebiasaan yang Dapat Memicu Sakit Gigi

Kamu pernah merasakan nyeri pada bagian gigi? Bisa jadi itu karena gigimu berlubang, lho. Gigi berlubang bisa disebabkan oleh adanya tumpukan plak yang mengikis bagian email. Tidak Cuma itu saja, keluhan pada gigi bisa berupa nyeri pada bagian akar maupun gusi. Ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan keluhan pada gigi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

1. Malas Membersihkan Gigi

Gigi memiliki kontak langsung dengan makanan. Sesudah mengunyah, banyak sisa-sisa makanan yang menempel dan jika dibiarkan dapat terbentuk plak. Tumpukan plak inilah yang mengikis lapisan terluar gigi (email). Jadi, jangan malas menyikat gigi, ya, supaya sisa-sisa makanan dapat segera disingkirkan sebelum membentuk plak.

Sebaiknya menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur. Banyak orang yang menyikat gigi segera setelah bangun tidur. Cara ini bukanlah salah, tetapi kurang tepat, apalagi jika sebelum tidur sudah dilakukan. Justru menyikat gigi setelah sarapan lebih tepat, karena dapat menyingkirkan sisa makanan yang tertinggal.

2. Terlalu Lama Menyikat Gigi

Sudah rajin sikat gigi, tetapi, kok, masih sakit gigi juga? Ya, ini bisa saja terjadi karena penyebab lain juga. Misalnya saja menyikat gigi terlalu keras dan lama. Kebiasaan menyikat gigi dengan cara yang salah ini justru dapat merusak email, lho. Jadi, sebaiknya sikat gigi dengan arah menyikat yang benar. Jangan juga terlalu keras dan lama, ya. cukup sekitar dua menit saja.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Kebiasaan Mengonsumsi Makanan yang Terlalu Asam

Ngemil rujak buah yang asam segar memang menyenangkan, apalagi jika bersama teman-teman. Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam, ya. Sebab, sifat asam yang korosif juga dapat menyebabkan gigi berlubang, akhirnya terasa nyeri. Sebaiknya segera berkumur setelah mengkonsumsi makanan asam ini.

4. Gemar Minum Soda

Suka minuman bersoda? Hati-hati, ya, minuman jenis ini dapat menyebabkan sakit gigi, lho. Ini karena sifatnya yang sangat asam, sehingga dapat merusak gigi. Perlu diketahui, sakit yang terjadi pada alat pengunyah ini lebih sering disebabkan oleh kerusakan lapisannya. Terjadinya pengeroposan dapat menyebabkan timbulnya nyeri pada akar, maupun syaraf sekitar gigi.

Selain sifatnya yang asam, minuman bersoda umumnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Nah, ini juga penyebab kerusakan gigi. Kebiasaan makan makanan yang manis sama saja dengan menyediakan makanan favorit bagi bakteri jahat yang merusak gigi. Ditambah lagi, jika makanan manis tersebut lengket dan menempel di gigi, wah, bakteri bisa berpesta di mulutmu.

5. Minum Kopi Berlebihan

Sekali-sekali minum kopi, mungkin masih bisa ditoleransi. Namun, jika meminumnya secara rutin, bahkan hingga bercangkir-cangkir, bisa mengakibatkan noda pada gigi dan mulut menjadi kering. Tahukah sobat WE+? Mulut kering artinya produksi air liur berkurang. Padahal, air liur juga membantu membersihkan sisa makanan dan melawan zat asam yang diproduksi bakteri jahat.

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, masih ada beberapa lagi penyebab sakit gigi. Di antaranya adalah kebiasaan merokok, dan minum alkohol. Jadi, jika tidak ingin mengalaminya, sebaiknya sobat WE+ segera menghindari kebiasaan buruk itu. Gigi merupakan aset yang harus dirawat dengan baik agar tidak rusak saat masih muda.

Penulis: Raka 11 Jan 2021 99