Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Membuat Tubuhmu Tetap Sehat

Lakukan Hal Simpel Ini Untuk Membuat Tubuhmu Tetap Sehat

Banyaknya tugas dan kegiatan yang menuntut segera diselesaikan terkadang membuat kita lupa menjaga kesehatan tubuh. Terbiasa mengkonsumsi makanan instan, jarang berolahraga, jam istirahat yang tidak pasti, kurang minum air putih, hingga jajan sembarangan, sudah jadi kebiasaan bagi siapa saja yang super sibuk. 

Namun jika kebiasaan seperti itu tidak segera diperbaiki, bisa-bisa kesehatan yang jadi taruhannya loh sobat WE+! Untuk itu segera rubah kebiasaan buruk itu dengan melakukan berbagai upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit. Yuk, simak informasinya berikut ini! 

Hal Simpel Untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Berbagai hal simpel yang bisa menjaga kesehatan tubuh kamu: 

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Tubuh butuh cairan yang cukup agar tidak dehidrasi. Para pakar kesehatan dunia menyarankan, setidaknya kita harus mengkonsumsi 7 gelas air putih dalam sehari. Konon, selain memberikan hidrasi lebih, mengkonsumsi air putih dalam kadar cukup bisa menyelamatkan kita dari risiko penyakit ginjal, sekaligus membuang segala racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Tidak terbatas pada air putih, kamu pun disarankan meminum minuman sehat seperti jus segar. Pastikan untuk memilih buah atau sayur yang segar dengan tidak menambahkan gula ataupun krimer sebagai pemanisnya.

  1. Mengkonsumsi Vitamin

Mengkonsumsi suplemen vitamin dapat membantu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang gemar jajan makanan instan yang kurang sehat, maka tambahan vitamin berbentuk suplemen wajib diperhatikan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Ada beberapa opsi multivitamin yang bisa kamu coba, atau bisa juga mengkonsumsi vitamin tunggal seperti Zinc, vitamin C, D3, E maupun opsi lainnya. Perlu diketahui, kurangnya asupan vitamin bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, kelebihan asupan vitamin pun tidak akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Oleh karena itu, pastikan agar kamu bisa menyesuaikan jenis dan dosis vitamin sebagaimana anjuran dokter.

  1. Stretching Saat Jam Istirahat

Meskipun terdengar sederhana dan sangat sepele, melakukan stretching atau peregangan otot di sela-sela kesibukan bekerja bisa menjadi langkah mudah memulai gaya hidup sehat. Ketika jam istirahat dimulai, kamu bisa mencoba meregangkan otot-otot yang sudah kaku karena terlalu lama duduk.

Sebagai tambahan informasi, pada saat otot-otot dalam tubuh kita kaku, risiko kemunculan penyakit seperti sakit bahu, gangguan tulang leher, lengan ngilu, kuping berdengung, mata lelah, dan pusing, bakal meningkat. Inilah kenapa kegiatan stretching sangat penting untuk dimasukkan dalam daftar kegiatan wajib untuk mengisi waktu istirahat kamu di kantor.

  1. Melakukan Clean Eating

Apabila kamu sering mengkonsumsi makanan tinggi minyak, lemak jahat, dan gula, maka kamu dapat mengganti opsi makan siang dan malammu dengan makanan yang lebih ‘bersih’. Maksudnya, kamu boleh mengganti menu makanan kamu dengan pilihan yang lebih sehat dan kaya akan serat seperti sayur mayur dan buah-buahan.

  1. Berpikir Positif

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental menjadi fokus yang tidak boleh kamu lewatkan. Pada dasarnya, pikiran yang positif dapat membantu kamu lebih sehat secara holistik. Kamu cukup belajar bagaimana caranya untuk mengontrol emosi berikut pikiran kamu agar bisa selalu menerima segalanya dengan hati yang terbuka.

Cobalah untuk merasakan gelisah dan khawatir sambil meningkatkan rasa syukur yang kamu dapatkan. Dari sini, kamu bisa mulai menghargai kehidupan meski ada saja masalah yang bisa menimpa. Memang sikap pesimis tidak dilarang, namun menjadi pribadi yang positif akan berdampak pada kemunculan ketenangan hati yang sulit digambarkan. 

Ini juga menjadi salah satu kunci sukses supaya bisa tetap sehat walau banyak pekerjaan yang menerpa. Mengingat sehat itu bukan hanya diimplementasikan pada raga saja, namun juga isi pikiran kita.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa membuat tubuh kamu tetap sehat bila dilakukan dengan cara yang tepat. Semoga bisa menjadi referensi hidup sehat untuk sobat WE+ semua ya! 

Penulis: Raka 12 Sep 2022 35