Punya Kartu Kredit Banyak, Untung Atau Blunder?

Punya Kartu Kredit Banyak, Untung Atau Blunder?

Sobat WE+ pasti tahu kalau sekarang ini bukan hal sulit untuk memiliki kartu kredit. Tidak cukup hanya satu, banyak orang bahkan memilikinya lebih dari dua. Namun, sebenarnya hal ini apakah menguntungkan atau justru akan menjadi blunder? Yuk, ketahui untung ruginya sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit lebih dari satu!

Keuntungan Memiliki Banyak Kartu Kredit

Memiliki beberapa credit card tentu akan memberikan keuntungan asal bijak memanfaatkannya. Satu hal yang harus selalu diingat bahwa ketika bertransaksi dengan kartu tersebut, berarti kamu sedang menggunakan dana pinjaman dari bank. Nah, lantas apa untuknya punya lebih dari dua?

1. Bisa Dapat Banyak Diskon dan Reward

Bank yang memiliki produk credit card selalu berlomba-lomba memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Salah satunya adalah program diskon serta reward. Siapa, sih, yang tidak suka mendapatkan potongan harga?

Dengan memiliki kartu tersebut lebih dari dua, kamu memiliki peluang memperoleh lebih banyak diskon. Lumayan, kan, bisa berhemat saat transaksi dan kelebihan dananya bisa dimanfaatkan untuk berbelanja barang lain.

2. Mau Cicilan dengan Bunga 0%? Bisa!

Salah satu keuntungan memiliki banyak credit card adalah kamu bisa membeli barang dengan cara mencicil dan tanpa bunga alias 0%. Seru kan? Manfaatkan saja kartu yang sesuai dengan syarat promo tersebut. 

3. Banyak Transaksi Menjadi Lebih Mudah 

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran kartu ini akan memudahkan kamu untuk melakukan berbagai transaksi. Isi pulsa ponsel, bayar tagihan listrik, atau berbelanja di market place? Sudahlah, pakai saja credit card, tidak perlu repot dan pastinya cepat.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Butuh Dana Mendadak dan Mendesak? Gunakan Saja Kartu Kredit

Pada saat kamu sedang dalam situasi mendadak butuh dana, manfaatkan saja kartu ini. Meski dengan bunga cukup besar, namun bisa menjadi solusi saat tiba-tiba secara mendesak perlu uang tunai. Setiap credit card memiliki batasan transaksi harian, oleh karenanya kalau punya beberapa tentu akan sangat membantu.

Kekurangan Memiliki Banyak Credit Card

Kamu sebaiknya tidak hanya tergiur dengan benefit memiliki banyak credit card, ya. Pikirkan juga kekurangannya sebelum memutuskan apply yang baru di bank lain, jangan sampai justru menjadi blunder. Simak, nih, kerugian punya kartu lebih dari dua.

1. Iuran Tahunan Tentu Lebih Banyak

Sudah tahu, kan, kalau ada iuran yang harus kamu bayarkan setiap tahunnya dengan memiliki kartu ini? Nah, semakin banyak credit card yang dimiliki, tentu saja pembayarannya menjadi lebih besar, kecuali bisa mendapatkan keringanan. Pertimbangkan hal ini sebelum apply yang baru, ya.

2. Bunga Credit Card Tinggi

Hal penting yang wajib kamu ketahui adalah tingginya bunga pinjaman pada credit card. Kalau tidak bisa membayar semua transaksi yang telah dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo, maka sisanya akan semakin membebani di bulan berikutnya. 

3. Telat Bayar? Dendanya Besar, lho.

Selain bunganya yang fantastis, denda kalau kamu membayar setelah tanggal jatuh tempo juga terbilang besar. Late charge fee ini bisa mencapai hingga 3% dari jumlah tagihanmu, sayang banget, kan?

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian memiliki credit card lebih dari dua, kamu bisa mempertimbangkan untuk tetap punya satu saja atau ingin menambahnya. Persoalan apakah akan menguntungkan atau justru menjadi blunder, semua tergantung dari caramu memanfaatkannya.

Jika kamu tertib melakukan pembayaran 100% dan sebelum jatuh tempo, maka memiliki banyak credit card akan sangat menguntungkan. Sebaliknya apabila hanya gali lubang untuk menutup pinjaman sebelumnya, tentu saja itu blunder buatmu.

Penulis: Raka 20 Dec 2021 73