Pingin Kurus? Yuk Lakukan Cara Defisit Kalori yang Benar

Pingin Kurus? Yuk Lakukan Cara Defisit Kalori yang Benar

Bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan maka mereka harus mengurangi jumlah porsi makanan. Bukan hanya mengurangi porsi makan saja, tetapi kamu juga harus memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya dengan melakukan defisit kalori, yaitu mengkonsumsi lebih sedikit kalori dibanding jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh.

Kalori merupakan satuan energi. Kalori yang ada di dalam makanan akan menyediakan energi yang berbentuk panas. Supaya tubuh bisa berfungsi dengan baik. Kini, banyak orang yang melakukan diet defisit pada jumlah kalori. Biasanya, orang yang konsumsi jumlah kalori lebih banyak akan memiliki berat badan yang melebihi batas.

Maka konsumsilah makanan yang jumlah kalorinya lebih sedikit. Sehingga bobot tubuh kamu bisa menurun seiring dengan berjalannya waktu. Hilangkan lemak ekstra dalam tubuh dengan melakukan defisit pada jumlah kalori.

Cara Melakukan Defisit Kalori dengan Tepat dan Aman untuk Tubuh

Jadi, bagaimana cara defisit pada jumlah kalor dari 500 kalori per hari hingga 3500 setiap minggunya? Berikut ini cara tepat dalam melakukan defisit kalori yang aman dan tidak menyiksa sobat WE+:

1. Kurangi Porsi Makan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit dari biasanya. Kamu juga harus mengurangi kebiasaan ngemil, dan pilih jenis makanan yang rendah kalori ya Sobat WE+.  Kamu bisa membuat defisit jumlah kalori yang cukup besar jika jumlah kalori yang defisitnya cukup banyak. Saat itulah berat badan kamu bisa menurun dengan sendirinya.

2. Selalu Aktif Bergerak

Jumlah kalori yang diperlukan manusia setiap harinya tergantung dari tingkat aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya. Termasuk kegiatan olahraga yang kamu lakukan setiap hari, dan gerakan fisik yang tidak termasuk olahraga yang kamu lakukan setiap harinya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Maka kamu bisa membuat jumlah kalori menjadi defisit dengan cara meningkatkan aktivitas fisik setiap harinya. Dengan begitu, jumlah kalori yang dibakar pun akan lebih besar dibanding jumlah kalori yang dikonsumsi.

3. Kombinasikan Diet dengan Olahraga

Banyak para pelaku diet yang berhasil menurunkan berat badannya, dengan memadukan diet dan kegiatan olahraga. Artinya mereka melakukan pengurangan asupan makanan dan kalori dengan jumlah 250 kal setiap harinya. Tambah lagi dengan aktivitas jalan cepat selama 60 menit. 

Hal ini akan membakar kalori sebanyak 250 kal. Maka jumlah kalori yang berhasil di defisit dalam satu hari itu adalah 500 kal. Jika kamu melakukan hal ini setiap hari dengan teratur maka kamu bisa mencapai jumlah kalori yang defisit sebanyak 3500 kal/minggu.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup juga akan menurunkan berat badan dengan cepat. Konsumsi sebanyak 30 ml air dalam sehari. Minum air putih juga bisa membakar kalori dalam tubuh. Terdapat peningkatan pengeluaran dalam jumlah energi, serta membakar 2-3% kal setiap 90 menit setelah kamu minum air putih.

5. Kurangi Asupan Karbohidrat

Asupan karbohidrat juga dibutuhkan tubuh dan menjadi sumber energi yang tepat. tapi perhatikan jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kalau kamu akan melakukan defisit pada jumlah kalori. Kamu bisa memilih jenis karbohidrat yang sehat dengan jumlah kalori yang tidak terlalu besar.

Tips dalam melakukan diet defisit kalori yang tepat harus kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu melakukannya dengan konsisten maka hasilnya pun lebih optimal. Selamat mencoba tips defisit kalori ini ya sobat WE+!

Penulis: Raka 26 Jan 2021 993