Pahami Pengertian Leasing, Jenis Leasing dan Keuntungannya

Pahami Pengertian Leasing, Jenis Leasing dan Keuntungannya

Leasing adalah salah satu bentuk kredit penyelamat bagi masyarakat. Sampai saat ini, leasing masih menduduki peringkat teratas dalam proyek pembiayaan kendaraan bermotor. Keberadaan leasing dinilai telah banyak membantu masyarakat memiliki modal kerja sehari-hari.

Keberadaan leasing sangat dicari meskipun tidak sedikit masyarakat yang gagal memiliki kendaraan dengan leasing. Ketidakmampuan lessee atau nasabah leasing adalah penyebabnya. Sehingga barang yang sedianya dibeli dengan kredit harus ditarik kembali oleh dealer.

Pengertian Leasing 

Secara bahasa leasing adalah berasal dari kata lease, yang berarti sewa. Leasing bisa berarti sedang menyewa atau penyewaan. Dalam pengertian istilah, leasing dipahami sebagai sewa guna usaha. Objek leasing dapat berupa uang atau barang sesuai kebutuhan. Bunga leasing beragam tergantung perusahaannya. Ada yang menetapkan 12%, 12,5%, atau bahkan 15%. Ketidakpatuhan lessee untuk membayar tepat waktu bisa berakibat pada kewajiban membayar denda. 

Selama ini muncul stigma bahwa leasing adalah salah satu malaikat penyelamat. Hal ini karena mayoritas masyarakat mampu membeli kendaraan bermotor, mobil, atau infrastruktur modal kerja lain dengan jasa leasing. Daripada membeli barang cash, lebih baik bagi mereka membayar angsuran. Karena pendapatan yang tidak seberapa. Dengan menyisihkan sebagian untuk membayar angsuran, maka tidak ada kepentingan lain yang harus dikorbankan. 

Cara Pengajuan Leasing

Untuk mengajukan leasing adalah dengan mendatangi kantor leasing atau pembiayaan. Banyak perusahaan leasing yang sudah membuka cabang atau gerai di berbagai kota. Khusus untuk produk otomotif, umumnya perusahaan leasing bekerjasama dengan dealer. Berikut hal yang perlu disiapkan:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Datang ke dealer membawa persyaratan lengkap. Umumnya dealer hanya membutuhkan identitas asli dan rekening sesuai bank yang mereka pakai. Jika calon lessee belum memiliki, bisa dibantu untuk proses pembukaan rekeningnya.
  2. Melakukan pengajuan leasing kepada petugas. Biasanya ada formulir yang diisi oleh para lessor. Formulir tersebut harus diisi dengan benar dan jujur. Agar petugas dapat menilai kelayakan calon lessee untuk menerima pembiayaan.
  3. Petugas melakukan verifikasi data untuk memastikan kebenaran dan kemampuan calon lessee. Seperti halnya kredit di bank, nasabah kredit perlu diperiksa secara detail oleh petugas bank. Ini merupakan SOP yang harus dilaksanakan.
  4. Setelah petugas yakin akan kebenaran data dan kemampuan lessee untuk memenuhi kewajibannya nanti, maka pembiayaan dapat diproses. Lessee hanya perlu menunggu sebentar untuk memastikan datanya ter-input dalam sistem. 
  5. Setelah semua beres, lessee bisa langsung membawa unit kendaraan bermotor. Namun jika proses administrasi tidak bisa diselesaikan dalam sehari, maka lessee tidak diperkenankan membawa unit.

Jenis Leasing dan Keuntungannya

Ada beberapa jenis leasing yang digunakan dalam produk perusahaan pembiayaan. Dan sejauh ini yang paling banyak menarik minat masyarakat adalah leasing untuk kendaraan bermotor. Baik mobil, motor, atau alat berat.

1. Capital Lease

Objek sewa dalam leasing jenis ini adalah uang atau capital atau modal. Umumnya modal ini kemudian diwujudkan dalam bentuk barang yang digunakan sebagai modal kerja atau usaha.

3. Sales Type Lease

Sales Type Lease adalah penjualan barang hasil produksi perusahaan melalui skema sewa. Setelah jangka waktu tertentu, kepemilikan dapat dipindahtangankan kepada lessee sehingga barang tersebut menjadi milik mereka.

3. Leverage Lease

Pada skema pembiayaan ini, lessor tidak membiayai 100% dana yang dibutuhkan lessee. Ada credit provider yang bekerjasama dengan lembaga pembiayaan.

4. Cross Border Lease

Umumnya jenis leasing ini digunakan untuk pembiayaan barang atau jasa antar negara. Misalnya untuk pengadaan pesawat terbang, atau kapal pesiar. Tentu untuk merealisasikannya dibutuhkan kerjasama beberapa bank.

Nah sobat WE+, itulah pembahasan mengenai pengertian leasing hingga berbagai jenisnya. Dari informasi ini, bisa kita ketahui bahwa leasing adalah salah satu alternatif pembiayaan yang solutif. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang leasing ya sobat WE+!

Penulis: Raka 22 Dec 2020 2664