Mengenal Pengertian Asuransi Unit Link dan Keuntungannya

Mengenal Pengertian Asuransi Unit Link dan Keuntungannya

Asuransi merupakan bentuk perlindungan terhadap diri sendiri, keluarga, dan harta-benda apabila terjadi suatu bencana atau musibah yang tidak terduga. Ada banyak sekali produk asuransi yang bisa dipilih oleh masyarakat. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, properti, dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, muncul asuransi terbaru yaitu unit link. 

Jenis asuransi unit link termasuk ke dalam jenis asuransi non tradisional atau asuransi yang modern.  Lalu, bagaimana pengertian dari asuransi unit link dan keuntungan dari asuransi ini? Simak informasinya disini ya sobat WE+. 

Pengertian dan Cara Kerja Asuransi Unit Link

Unit link merupakan jenis asuransi yang mengkombinasikan dua produk keuangan, dalam hal ini asuransi dan produk investasi. Pada dasarnya, unit link menawarkan dua manfaat, yakni perlindungan dan investasi. Sesuai dengan pengertiannya, asuransi unit link tidak hanya dialokasikan untuk perlindungan diri namun juga investasi.

Cara kerja dari asuransi unit link adalah premi atau kontribusi yang dibayarkan oleh nasabah dibagi ke dalam 2 bidang, yaitu bidang asuransi dan bidang investasi. Bidang asuransi digunakan untuk membayar premi risiko, meninggal, cacat tetap, sakit dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk bidang investasi untuk diinvestasikan dan dipotong-potong beban biaya. Inilah yang menjadi milik nasabah yang sebenarnya bisa diambil sewaktu-waktu dengan risiko nilai tunai lebih kecil dari jumlah dana yang sudah disetorkan.

Selayaknya produk asuransi lainnya, unit link juga mengharuskan nasabahnya untuk membayar premi secara berkala selama beberapa tahun ke depan, karena produk ini pada dasarnya investasi jangka panjang. 

Biasanya untuk tahun pertama tidak ada nilai polis yang menjadi buah investasi, karena pada tahun ini uang dibayarkan akan dipotong sepenuhnya untuk biaya akuisisi yang akan mengalir ke agen dan perusahaan asuransi. Lalu di tahun kedua ada porsi investasi dari premi yang dibayarkan, namun porsinya lebih kecil dibanding potongan biaya akuisisi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Porsi untuk investasi akan semakin besar di tahun-tahun berikutnya, seiring dengan porsi potongan biaya investasi yang mengecil. Hingga pada tahun tertentu, setelah semua biaya telah terbayarkan, maka seluruh premi yang dibayarkan dipakai untuk investasi dan nilai polis akan akan semakin besar. Pemilik polis bisa menarik nilai polis atau nilai tunai ini.

Keuntungan Asuransi Unit Link

Berikut ini keuntungan atau manfaat dari asuransi unit link:

  1. Memiliki Fungsi Ganda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa produk asuransi yang satu ini memiliki dua manfaat sekaligus, yakni perlindungan dan investasi dalam satu polis. Dengan sistem seperti ini, pengguna atau nasabah tidak perlu repot mengurus dana asuransi dan investasi secara terpisah, karena semuanya sudah diatur dalam satu paket. 

  1. Fleksibel

Apabila kamu merasa manfaat perlindungan masih kurang, kamu bisa juga menambah manfaat lainnya sesuai kebutuhan. Namun untuk hal ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga pemasar agar tidak salah memilih.

  1. Jangka Waktu Pertanggungan yang Panjang 

Biasanya asuransi jenis lain lebih pendek masa pertanggungannya, berbeda dengan unit link yang memiliki masa pertanggungan yang cukup panjang. Masa pertanggungannya yakni hingga usia sobat WE+ berusia sampai 99 tahun dan informasi ini tercantum dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis unit asuransi link. 

Demikianlah informasi mengenai asuransi unit link. Mulai dari pengertian, cara kerja hingga keuntungan atau manfaat yang akan didapatkan dari asuransi unit link. Jika sobat WE+ membutuhkan tempat mencari produk asuransi terbaik, kalian bisa mengunjungi https://weplus.id

Bekerjasama dengan lebih dari 20 perusahaan asuransi terkemuka, WE+ siap memberikan akses optimal dari pencari asuransi dengan berbagai produk asuransi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi WE+ sekarang juga!

Penulis: Raka 05 Jul 2021 170