Apa Sih Pentingnya Asuransi Pendidikan?

Apa Sih Pentingnya Asuransi Pendidikan?

Harta di dunia ini yang paling berharga, yakni keluarga. Setiap orang pasti berharap bisa hidup bahagia dan damai bersama pasangan dan anak-anak hingga menua. Sebagai orang tua, impian terbesar kita tentu bisa memberikan kehidupan dan pendidikan yang layak untuk anak. Salah satu caranya yaitu dengan mengambil manfaat asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan menjadi langkah tepat, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan sana. Kebutuhan keluarga yang banyak kadang terbentur dengan harga kebutuhan pokok yang tak stabil. Oleh karena itu, kita memerlukan sebuah cara untuk menjamin pendidikan tersebut.

Manfaat Asuransi Pendidikan yang Patut Dipertimbangkan

Seperti yang kita ketahui bersama, biaya pendidikan semakin hari semakin tinggi. Apalagi menempuh bangku kuliah, modalnya semakin besar. Oleh karena itu, mulailah untuk mempersiapkan dana sejak anak-anak masih kecil melalui asuransi pendidikan. Lantas, apa saja manfaat dari asuransi pendidikan yang bisa didapatkan?

1. Pos Keuangan Lebih Teratur

Sobat we+ tipe orang yang tidak bisa menahan diri atau susah berhemat? Dengan ikut serta pada program asuransi, kamu bisa mengatur finansial menjadi lebih terorganisir. Sebab, ada kewajiban untuk membayar sejumlah premi setiap bulannya, sehingga mau tidak mau kamu harus menyediakan budget khusus.

2. Jaminan Pendidikan

Sesuai dengan namanya, manfaat asuransi pendidikan tentulah memberi jaminan terhadap pendidikan anak-anak. Dengan demikian, mereka bisa bermimpi untuk sekolah setinggi-tingginya dan mencapai cita-cita yang diinginkan. 

Bahkan meski orang tua tertimpa musibah  atau meninggal dunia, pendidikan anak tetap terjamin dengan baik. Sebab, pihak asuransi tetap akan memberikan manfaat tersebut secara penuh (sesuai kesepakatan awal).

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Sarana Investasi

Setiap orang memiliki masa produktif tersendiri, tidak selamanya kita bisa memperoleh penghasilan seperti saat ini. Pada titik tertentu mungkin saja kita sudah tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan murni saja. Dengan mengikuti program asuransi, secara tidak langsung kita juga sedang berinvestasi untuk masa depan anak. 

Apalagi saat ini ada banyak asuransi pendidikan yang menyertakan fitur seperti investasi pada umumnya. Jenis asuransi pendidikan yang satu ini merupakan penggabungan antara tabungan dengan asuransi berjangka. Setoran dana dan imbalan hasil investasi yang masuk ke perusahaan akan menjadi jaminan pendidikan anak.

4. Premi Fleksibel

Salah satu manfaat asuransi pendidikan adalah fleksibilitas premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Kita bisa menyesuaikan jumlah premi dan jangka waktu asuransi dengan jenjang pendidikan yang diinginkan. 

Oleh karena itu, sebelum memilih jenis asuransi pendidikan, sebaiknya lakukan analisa terlebih dahulu. Analisis ini meliputi kondisi keuangan keluarga dan rancangan pendidikan anak di masa depan.

5. Memberikan Ketenangan

Mengikuti asuransi pendidikan itu sama saja mencicil biaya sekolah anak sejak awal. Di sinilah peran penting analisis yang kita lakukan sebelumnya, yaitu untuk mengetahui jumlah uang yang harus dikumpulkan. Setelah mengetahui dan memastikan biaya tersebut terpenuhi, maka timbullah ketenangan di dalam hidup kita. Orang tua mana sih yang tidak ingin melihat anak-anaknya bisa sukses?

6. Manfaat Lain

Saat ini sudah banyak asuransi pendidikan yang juga menawarkan produk tambahan di luar asuransi tersebut atau unit link. Contoh: asuransi pendidikan yang terhubung dengan asuransi kesehatan anak. Manfaatnya, selain biaya pendidikan yang terjamin, kesehatan anak-anak pun terproteksi dengan baik. Sangat menarik, bukan?

Semua manfaat asuransi pendidikan di atas bisa saja kita dapatkan sekaligus pada satu tempat. Kuncinya hanya satu, yaitu memilih penyedia jasa asuransi yang memiliki track record baik alias terpercaya. Hal ini memang tidak mudah, mengingat banyaknya kasus perusahaan asuransi yang akhir-akhir ini naik ke permukaan. Oleh karena itu, jelilah sebelum menentukan pilihan.

Penulis: Raka 29 Jan 2021 36