6 Alasan Asuransi Jiwa Penting Untuk Lansia

6 Alasan Asuransi Jiwa Penting Untuk Lansia

Asuransi bukanlah suatu hal yang asing lagi saat ini. Asuransi dianggap suatu hal yang penting sebagai bentuk investasi. Demikian juga asuransi jiwa untuk lansia. Tidak hanya untuk anak-anak dan orang dewasa saja, bahkan lansia kini pun diikutsertakan dalam asuransi. Memiliki asuransi ini adalah bentuk proteksi di hari tua untuk menghindari masalah terkait finansial ketika seseorang mulai kehilangan pendapatan.

Alasan Asuransi Jiwa Penting Untuk Lansia

Pada dasarnya tidak ada kata terlambat untuk memiliki asuransi jiwa. Bahkan ketika menginjak lansia pun asuransi ini menjadi suatu hal yang penting. Karena seiring dengan berjalannya waktu dan usia, kondisi kesehatan seseorang pastinya akan mengalami penurunan dan melemah. Berbagai macam penyakit bisa datang kapan saja. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya sebuah asuransi bagi lansia:

  1. Membantu Biaya yang Datangnya Tidak Terduga

Alasan pertama mengapa asuransi begitu penting bagi lansia adalah sebagai bentuk proteksi finansial atas segala tagihan atau biaya yang datang tiba-tiba. Saat berumur lanjut, seseorang bisa saja mengalami beberapa masalah kesehatan yang butuh penanganan serius. Agar tidak mengalami keterkejutan, asuransi ini tentunya akan sangat membantu sekali dalam hal pembayaran tagihan.

  1. Memberikan Kehidupan yang Nyaman Tanpa Adanya Rasa Was-Was

Pernahkah kamu membayangkan apabila salah satu pasangan ketika hari tua nanti sudah tidak bisa menghasilkan pendapatan lagi? Di sinilah peran asuransi jiwa itu begitu penting.  Pada saat itu, keuntungan memiliki sebuah asuransi bisa dinikmati dengan nyaman tanpa adanya rasa khawatir. Tidak lagi berpenghasilan tidak akan menjadi sebuah masalah dengan adanya uang dari asuransi ini.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

  1. Menyiapkan Dana Liburan Di Saat Hari Tua

Hari tua adalah masanya untuk beristirahat. Menikmati masa tua dengan liburan tentu akan lebih menyenangkan apabila mempunyai dana cadangan. Asuransi salah satu bentuknya. Dana cadangan ini bahkan tidak hanya bermanfaat untuk dana liburan semata, tapi bisa digunakan untuk keperluan yang lain, misalnya pendidikan anak atau hal penting lainnya ketika sudah tidak bisa lagi mendapatkan penghasilan di hari tua.

  1. Membantu Masalah Hutang yang Belum Terbayarkan

Tentang kematian, tidak ada satupun yang dapat memprediksi kapan datangnya. Bisa terjadi kapan saja. Pada saat hal tersebut terjadi, bisa jadi seseorang masih menyisakan sebuah tanggungan berupa hutang yang belum terselesaikan. Apalagi untuk lansia yang tidak lagi berpenghasilan. Dana dari asuransi akan sangat membantu sekali menyelesaikan permasalahan tersebut. 

  1. Membantu Biaya Pemakaman

Bagi yang hidup di desa, mungkin tidak ada biaya semacam ini. Namun, berbeda halnya saat berada di kota. Untuk urusan pemakaman kadang tidak bisa didapatkan secara gratis. Mulai dari bayar tanah untuk pemakaman di TPU, perawatan, biaya nisan dan lain sebagainya. Biaya yang tidak murah ini tentu tidak akan menjadi masalah apabila memiliki asuransi jiwa dengan status polis yang masih aktif. Pihak keluarga yang ditinggal pastinya akan menerima uang pertanggungan.

  1. Menyiapkan Dana Warisan Bagi Keluarga

Siapa saja pasti ingin meninggalkan sebuah warisan untuk keluarga ketika telah meninggal nantinya. Begitu juga kamu ketika menginjak lansia, sudah pasti ingin melakukannya. Adanya asuransi ini bisa dipersiapkan untuk biaya rencana jangka panjang dalam bentuk warisan. Sudah sangat jelas bahwa asuransi ini akan sangat membantu pada hari tua atau bahkan ketika telah meninggal.

Demikianlah beberapa alasan pentingnya asuransi jiwa bagi seorang lansia. Untuk itu tak ada salahnya apabila kamu menyiapkannya dari sekarang. Banyak jenis asuransi yang dapat dipilih dengan berbagai macam keuntungan. Hari tua adalah satu masa tenang dimana seharusnya seseorang hidup nyaman tanpa memikirkan berbagai biaya tanggungan di masa tuanya.

Penulis: Raka 20 Aug 2021 55