Ketahui 5 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ketahui 5 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Dapat memiliki mobil impian merupakan anugerah tersendiri bagi seseorang. Jangan heran, jika tidak sedikit orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendandaninya. Mulai dari mendesain interior, mengubah tampilan eksterior, hingga mengutak-atik jeroannya. Namun, ada satu hal yang sering terlupakan, yakni untuk menggunakan asuransi mobil terbaik. 

Padahal, asuransi adalah salah satu cara untuk melindungi mobil impian dari segala kemungkinan yang tidak diharapkan. Seperti kecelakaan, tindak pencurian, perusakan, dan lain sebagainya. Peristiwa seperti ini dapat menimpa siapapun, dengan tipe mobil apa pun, serta di waktu yang tak disangka-sangka. 

5 Tips Terbaik dalam Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ikut serta dalam asuransi kendaraan memang penting untuk dilakukan oleh pemilik. Namun ternyata, di pasaran ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa asuransi mobil. Selain cakupan ganti rugi, pelayanan dan ketentuan yang ditetapkan juga berbeda-beda. Jangan asal pilih, pastikan untuk menerapkan 5 Tips Mudah Memilih Asuransi Mobil Terbaik

1. Pertimbangan dan Pahami Kebutuhan

Sebelum memutuskan bergabung, pastikan sudah mempertimbangkan dan memahami kebutuhan yang diperlukan. Apakah hanya ingin melindungi mobil dari hal-hal tertentu saja atau dari segala kemungkinan? Pasalnya, asuransi mobil dibagi menjadi dua pilihan, yakni TLO atau total loss only untuk kehilangan total (kerusakan harus di atas 75%) dan all risk untuk segala kemungkinan. 

2. Buat Perbandingan

Jangan mudah tergiur dengan penawaran yang dilakukan oleh satu perusahaan asuransi saja. Agar dapat memperoleh layanan asuransi mobil terbaik, lakukan perbandingan dari beberapa perusahaan sejenis. Hal ini dapat dilakukan dengan membandingkan melalui website perusahaan, maupun melihat review-review yang bertebaran di internet. 

3. Pertimbangkan Rekomendasi dari Dealer

Biasanya, dealer memiliki pengalaman yang lebih baik mengenai kriteria asuransi mobil. Tidak ada salahnya untuk bertanya-tanya, saat sedang berburu mobil impian. Namun, jangan jadikan patokan. Pastikan cek secara langsung ke website resmi perusahaan, serta cari rekomendasi dari pihak lain. Seperti teman yang sudah lebih berpengalaman dengan dunia asuransi atau datang secara langsung ke perusahaan yang sudah diincar. 

4. Pahami Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Untuk bergabung dengan perusahaan asuransi sebenarnya sangat mudah. Karena perusahaan sedang mencari pelanggan baru, sehingga segala persoalan dipermudah. Namun, yang sering menjadi kendala adalah proses klaim. Setiap perusahaan memiliki ketentuan klaim yang berbeda-beda, dan tidak sedikit yang prosesnya menjadi berbelit-belit. 

Jika dipikir secara logika, seseorang mengajukan klaim pasti karena ada sesuatu hal yang tidak diinginkan, bukan? Selain ribet, hal ini tentu menjadi kendala tersendiri dan membuang-buang waktu. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami setiap poin yang ditetapkan perusahaan, sebelum menandatangani perjanjian. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pilihlah perusahaan asuransi mobil terbaik yang sudah terintegrasi dengan teknologi online.

5. Sesuaikan Premi dengan Kemampuan

Premi adalah sejumlah uang yang wajib disetorkan kepada perusahaan asuransi mobil yang telah dipilih setiap bulannya. Besarannya berbeda-beda, sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih serta kebijakan perusahaan tersebut. Agar tidak macet di tengah jalan, maka pilih premi yang sesuai dengan kemampuan. Memberikan yang terbaik tentu harapan setiap orang, tetapi jangan terlalu memaksakan diri. 

Itulah beberapa tips untuk memilih asuransi mobil. Setelah membaca ulasan di atas, semoga Sobat WE+ memiliki gambaran untuk mencari asuransi mobil terbaik. Dengan begitu, keselamatan mobil yang dimiliki bisa lebih terjamin dan terjaga. 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 23