Hidup Lebih Sehat dengan Pola Hidup Vegetarian

Hidup Lebih Sehat dengan Pola Hidup Vegetarian

Halo sobat WE+! Seperti yang kita tahu, salah satu pola hidup sehat yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah dengan menjadi seorang vegetarian. Nah pada umumnya, penganut vegetarian ini adalah orang-orang yang tak makan daging dan hanya makan sayuran saja. Padahal sebenarnya masih banyak juga vegetarian yang masih mengkonsumsi produk yang sebagian besar berasal dari hewani. Pola hidup vegetarian ini juga berbeda-beda, dan biasanya tergantung pada pola makan yang mereka anut.

Manfaat pola hidup vegetarian ini memang baik untuk kesehatan. Konsumsi sayuran dan buah yang teratur akan membuat kamu terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya. Memang tidak mudah menjalankan pola hidup seperti vegetarian ini, karena akan banyak pantangan yang harus kamu patuhi dalam menjalankannya. Namun dengan niat dan tekad yang kuat, cara hidup seperti bisa berjalan dengan baik.

Pola Hidup Vegetarian yang Bisa Dilihat dari Pola Makan Mereka

Berikut ini pola makan yang biasa dilakukan oleh para vegetarian, yang bisa dijadikan rekomendasi untuk menjalankan pola hidup sehat:

1. Konsumsi Minimal Dua Porsi Buah dan Tiga Porsi Sayuran Segar

Salah satu menu yang hampir selalu dikonsumsi oleh para vegetarian adalah beberapa porsi sayur dan buah. Vegetarian ini bisa memperoleh nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari buah dan sayuran tersebut. kamu bisa mengkonsumsi minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayuran.

2. Konsumsi Minimal Lima Buah dengan Warna Berbeda Setiap Hari

Kalau Sobat WE+ ingin menjadi vegetarian, maka setidaknya kamu harus mengkonsumsi lima jenis buah dengan warna berbeda setiap harinya. Misalnya buah-buahan yang berwarna kuning, merah, jingga, ungu, putih, dan sebagainya.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

3. Membatasi Asupan Gula dan Garam

Salah satu upaya dalam memperhatikan asupan nutrisi bagi vegetarian adalah dengan membatasi asupan gula dan garam. Bagi vegetarian, cara ini sangat penting untuk menjaga pola sehat yang sudah dijalankan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Oleh Seorang Vegetarian

Secara umum, pola makan yang dijalankan oleh seorang vegetarian sebenarnya sehat untuk tubuh. Namun, Sobat WE+ yang menjalankan pola hidup vegetarian juga harus selalu memikirkan bagaimana konsekuensinya jika tidak makan makanan hewani. Misalnya kamu akan kekurangan segala jenis zat gizi yang penting dan hanya bisa ditemukan dari makanan hewani.

Vegetarian juga harus bisa melengkapi kebutuhan nutrisi dari zat besi, kalsium, asam lemak omega 3, vitamin D, protein dan vitamin B12. Selain itu, variasikan juga makanan yang kamu konsumsi setiap harinya agar tidak bosan. Kamu juga harus meluangkan waktu untuk mengatur pola makan setiap harinya, karena seorang vegetarian harus berhati-hati dalam menentukan jenis makanan yang akan dimakan. Apalagi untuk beberapa jenis makanan yang dibeli di luar rumah.

Cara Hidup Vegetarian Setiap Harinya

Seorang vegetarian biasanya akan menjalankan pola makan yang sudah diatur sedemikian rupa. Mereka hanya akan mengkonsumsi jenis makanan tertentu seperti misalnya kacang polong, sayuran, gandum, buah-buahan, biji-bijian, ragi, kacang-kacangan, dan jamur. Diet vegetarian menjadi salah satu jenis diet yang menggunakan aturan yaitu dengan tidak memakan makanan yang berasal dari berbagai jenis hewan. Ketentuan dan pantangan setiap vegetarian juga biasanya berbeda-beda.

Masing-masing pola hidup mereka tergantung pada jenis dan tipe vegetarian apa yang dipilih. Kesehatan seorang vegetarian tetap bergantung pada sumber makanan yang mereka pilih. Jika kebutuhan zat gizinya terpenuhi dengan baik maka seorang vegetarian bisa tetap sehat dan tak mudah terkena penyakit.

Nah sobat WE+, itulah informasi tentang pola hidup vegetarian. Pada dasarnya, vegetarian ini sama seperti pola hidup manusia pada umumnya, tetapi pola hidup ini menghindari konsumsi hewani atau produk makanan yang berasal dari hewan. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang vegetarian?

Penulis: Raka 28 Dec 2020 105