Khusus Pemula, Begini Cara Latihan Pernafasan yang Benar

Khusus Pemula, Begini Cara Latihan Pernafasan yang Benar

Tahukah Sobat We+ bahwa latihan pernafasan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita? Hanya saja latihan tersebut haruslah dilakukan dengan cara yang benar agar bisa mendatangkan manfaat yang maksimal. Latihan yang benar akan meningkatkan fungsi organ paru-paru sehingga bisa menyimpan oksigen lebih banyak. Teknik bernafas yang tepat juga membuat tubuh makin segar dan bugar. Lalu bagaimanakah cara melakukan latihan untuk pernafasan yang tepat?

Cara Latihan Pernafasan yang Benar

1. Latihan Pernafasan untuk Diafragma

Latihan nafas dengan menggunakan diafragma dan perut berguna untuk memudahkan usaha menghirup udara lebih banyak. Dengan latihan diafragma akan membuat jumlah udara yang masuk ke dalam perut makin banyak yang mengembangkannya secara maksimal. Lakukan latihan nafas dengan diafragma tersebut setidaknya lakukan selama 5 menit.

Cara melakukan teknik nafas dengan diafragma yaitu :

  1. Duduk dengan posisi bersandar
  2. Taruh satu tangan pada perut dan satu tangan pada dada.
  3. Ambil nafas lewat hidung selama 2 detik, rasakan bagaimana udara bergerak untuk mengisi perut. 
  4. Rasakan perut akan makin penuh dengan udara (oksigen) 
  5. Hembuskan nafas secara perlahan lewat bibir yang dibuka sedikit selama 2 detik. Rasakan bagaimana perut mengempis
  6. Ulangi cara ini setidaknya 10 kali. Setiap melakukan pernafasan melemaskan bagian bahu kamu dan jaga agar posisi duduk tetap tegak. 

2. Latihan Pernafasan “Tiup Lilin”

Latihan yang kedua disebut dengan istilah meniup lilin atau nafas api. Latihan nafas api ini membuat perut bergerak dari normal ke posisi cekung. Fungsinya untuk melatih otot inti pernafasan sehingga membuatnya lebih efektif. Latihan ini mirip dengan cara meniup lilin dan akan membuat kamu bisa menghembuskan nafas dengan lebih efektif. 

Lakukan latihan nafas tiup lilin ini sebanyak 20 hingga 30 kali hembusan. Untuk hasil yang maksimal lakukan latihan ini minimal sebanyak 5 kali dalam seminggu sehingga totalnya 100 hembusan/minggu.Setelah berhasil melakukannya dengan frekuensi tersebut tambahkan jumlahnya secara perlahan hingga setiap harinya bisa mencapai 100 kali hembusan nafas.

3. Latihan Pernafasan Meditasi

Istilah meditasi tentunya sudah sangat Sobat We+ kenal dan merupakan salah satu olahraga pernafasan yang bagus untuk tubuh. kamu juga bisa mencoba untuk melakukan latihan nafas meditasi ini untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Setidaknya ada 2 jenis latihan meditasi yang bisa Sobat We+ lakukan yaitu :

 

  • Meditasi Satu Titik Fokus

 

Latihan nafas dengan meditasi 1 titik bisa kamu lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Pilihlah tempat meditasi yang cukup tenang suasananya dan aman
  2. Pusatkan perhatian kamu pada pernafasan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit
  3. Saat mengambil nafas barengi dengan mengucapkan kata-kata seperti “harapan” , “cinta” atau “damai”.
  4. Jangan lupa untuk mensugesti pikiran dengan hal yang positif agar pikiran menjadi lebih tenang
  • Meditasi Dua Titik Fokus 

Latihan meditasi 2 titik membutuhkan konsentrasi karena kamu harus fokus pada pernafasan serta pikiran sekaligus. Seseorang yang mengalami sesak nafas biasanya akan lebih mudah terserang stres dan membuat pikiran menjadi tidak tenang. 

Latihan meditasi 2 titik fokus bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu untuk membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi emosi. kamu bisa melakukan meditasi ini ketika sedang santai dan di sela rutinitas harian.

Itulah beberapa teknik pernafasan yang benar. Peran dan fungsi oksigen sangat penting untuk tubuh sehingga melakukan latihan pernafasan yang benar bisa membantu kamu lebih sehat. Lakukan secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat maksimal ya sobat WE+

Penulis: Raka 28 Jan 2021 3184