Alasan Orang Tidak Mau Memiliki Asuransi

Alasan Orang Tidak Mau Memiliki Asuransi

Sekarang ini masih banyak orang yang tidak mau memiliki asuransi dengan berbagai alasan. Padahal manfaat dari memiliki atau membeli asuransi cukup baik dan menguntungkan untuk masa depan. Asuransi dapat dikatakan sebagai salah satu cara menabung dan juga investasi. Namun kenapa ya sobat WE+, masih banyak orang yang tidak mau membeli dan memiliki asuransi? 

Alasan Orang Tidak Membeli Asuransi 

Berikut ini adalah alasan yang sering dipakai seseorang yang tidak ingin memiliki asuransi:

  1. Kurang Memahami Asuransi

Meski sekarang sudah mudah untuk mendapatkan asuransi, namun hal tersebut masih tidak bisa mendorong orang untuk membeli sebuah asuransi. Jika ditanya alasannya karena masih bingung dengan asuransi yang ada sekarang ini. Hal tersebut menimbulkan rasa ragu untuk memutuskan membeli asuransi atau tidak. Merasa takut akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan setelah membeli asuransi sehingga lebih memilih untuk tidak memiliki asuransi. 

Sosialisasi tentang asuransi memang kurang menyeluruh di masyarakat, ini yang membuat masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari asuransi khususnya pada kondisi finansial di masa depan. Dari situlah orang jadi tidak mau membeli asuransi meski sebetulnya dibutuhkan. 

  1. Kesadaran akan Pentingnya Asuransi yang Masih Rendah

Asuransi sekarang ini menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup diincar banyak orang. Sayangnya orang yang sadar akan hal tersebut baru segelintir khususnya yang memang ada ketertarikan di dunia perekonomian atau orang yang berkecimpung di dunia ekonomi setiap harinya. Bagi masyarakat biasa, asuransi bukan investasi melainkan lebih dianggap sebagai beban karena ada premi yang setiap bulan harus dibayarkan. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Padahal dari premi yang dibayar secara rutin, saat sudah jatuh tempo pemilik asuransi bisa mencairkan atau mengklaim semua uang yang sudah dibayarkan untuk kepentingan dan kebutuhan sesuai jenis asuransi yang dibeli. Alasan asuransi adalah beban keuangan muncul karena kurangnya kesadaran dari seseorang akan pentingnya berinvestasi dan menabung untuk masa depan.

  1. Premi yang Mahal

Saat ada pihak asuransi yang menawarkan produknya, orang cenderung menolak dengan cepat tanpa berpikir panjang. Saat ditanya alasan utamanya karena premi yang dibayarkan setiap bulan cukup besar. Untuk menentukan premi agar sesuai dengan kondisi finansial perlu melakukan riset terlebih dahulu, penyedia asuransi mana yang memberikan premi dengan nilai yang cukup terjangkau. 

Premi mahal bukan alasan untuk tidak memiliki asuransi yang sangat bermanfaat bagi masa depan. Jadi sebaiknya cari asuransi dengan premi yang terjangkau dan rasakan manfaatnya di masa mendatang.

  1. Prosedur yang Berbelit-belit

Untuk membeli sebuah asuransi memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ada dokumen yang perlu disiapkan namun itu tidak banyak. Jika ada yang memberikan alasan tidak ingin membeli asuransi karena prosesnya yang lama, tentu hal itu tidak benar. Proses untuk memiliki sebuah asuransi sekarang ini cukup mudah. Apalagi sekarang ini sudah ada layanan online yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

  1. Cerita Buruk tentang Asuransi 

Banyak juga orang yang merasa asuransi akan berujung dengan peniupan, pembengkakan tagihan premi, hingga premi yang tidak bisa diklaim saat diperlukan. Itu semua adalah isu yang beredar di tengah masyarakat terutama yang tidak memahami betul asuransi itu apa. Alasan takut tertipu dan takut asuransi tidak bisa diklaim sudah sering terdengar. 

Hal tersebut tergantung seperti apa seseorang mencari penyedia asuransi, memahami atau tidak isi polis asuransi yang dibeli. Jika sudah memilih penyedia asuransi terpercaya dan resmi tentu kasus penipuan tidak akan terjadi. Pemahaman polis yang ada sudah baik maka cara mengklaim asuransi bisa dilakukan dengan mudah. 

Nah sobat WE+, itulah berbagai alasan mengapa orang masih enggan untuk memiliki asuransi. Pada dasarnya, asuransi bertujuan untuk menjaga kita dari adanya resiko yang tidak bisa diprediksi di kemudian hari. Oleh karena itu, agar kehidupan lebih tenang dan aman, usahakan untuk mendaftarkan diri di asuransi ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 17 Feb 2022 377

Penulis: Raka
27 Jul 2020
1016
Penulis: Raka
11 Sep 2020
800
Penulis: Raka
29 Jan 2021
941