Kenali Cara Kerja Asuransi Kesehatan Cashless dan Manfaatnya

Kenali Cara Kerja Asuransi Kesehatan Cashless dan Manfaatnya

Kesadaran masyarakat akan perlunya asuransi semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh manfaat dan perlindungan yang didapat melalui klaim secara non tunai (cashless) dan penggantian biaya (reimburse). Saat ini, asuransi kesehatan cashless dinilai lebih mudah untuk digunakan dibandingkan jenis asuransi konvensional. 

Pengertian Asuransi Kesehatan Cashless

Pada dasarnya asuransi kesehatan memberikan manfaat berupa penanggungan biaya perawatan saat pemegang polis sakit. Ada dua jenis cara klaim pada asuransi kesehatan, yaitu secara reimburse dan cashless. Pada sistem reimburse, pemegang polis membayar biaya rumah sakit lebih dahulu, setelah itu mengajukan klaim untuk penggantian biaya.

Adapun pada sistem cashless, pemegang polis hanya perlu menunjukkan kartu asuransinya dan langsung bisa mendapatkan perawatan. Jadi dalam sistem ini, pihak perusahaan asuransi sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan rumah sakit. Sistem ini dinilai memberikan manfaat lebih bagi pemegang polis, karena tidak perlu menyiapkan dana terlebih dahulu.

Cara Kerja Asuransi Kesehatan Cashless

Pada sistem cashless, jika pemegang polis harus dirawat di rumah sakit, tidak perlu pembayaran lebih awal. Hanya perlu menunjukkan kepemilikan polis yang berupa kartu asuransi saja. Berikut cara kerja asuransi kesehatan cashless.

1. Mendatangi Rumah Sakit yang Ditunjuk

Pada sistem cashless, ada beberapa rumah sakit tertentu yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak asuransi. Oleh sebab itu, pemegang polis hanya dapat mendatangi rumah sakit yang ditunjuk, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

2. Mengisi Formulir Pra Otorisasi

Ini adalah dokumen yang harus diisi pemegang polis, sebagai syarat klaim agar segera mendapatkan pelayanan. Pada proses ini, perlu menunjukkan kartu asuransi yang dimiliki

3. Pemeriksaan Oleh Administrator

Langkah selanjutnya adalah menunggu hasil pemeriksaan oleh administrator. Dokumen pra otorisasi akan dimintakan konfirmasi pada pihak perusahaan asuransi terhadap kebenarannya.

Manfaat Asuransi Kesehatan Cashless

Pada dasarnya, setiap asuransi memberikan rasa aman kepada pemegang polisnya. Tidak ada rasa khawatir jika sewaktu-waktu harus menjalani perawatan kesehatan di rumah sakit. Namun, ada beberapa manfaat tambahan pada asuransi kesehatan cashless ini. 

Beberapa manfaat itu antara lain yaitu, tetap mendapat penanganan kesehatan walaupun saat kekurangan dana tunai. Adakalanya sakit datang tiba-tiba. Jika saat itu pemegang polis tidak memiliki uang tunai, atau kesulitan mengakses dana dari bank, maka sistem cashless sangat membantu. 

Penanganan kesehatan juga dapat dilakukan lebih cepat tanpa harus menunggu pembayaran lebih dahulu. Jadi pada kasu-kasus darurat yang perlu segera ditangani, sistem cashless lebih memudahkan. Cukup dengan melengkapi dokumen dan menyertakan kartu asuransinya saja.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Asuransi Kesehatan Cashless

Beberapa manfaat asuransi kesehatan cashless tersebut dapat diperoleh dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan asuransi. Untuk itu, perlu memahami polis yang dimiliki agar klaim tidak ditolak. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Premi

Pembayaran premi harus dilakukan sesuai jumlah dan waktu yang ditentukan pada polis. Tunggakan premi yang tidak terbayar dapat mengakibatkan polis dibekukan. Pada akhirnya, saat diperlukan, asuransi tidak dapat digunakan.

2. Rumah Sakit

Pastikan mengetahui dengan jelas rumah sakit mana yang ditunjuk oleh pihak perusahaan asuransi. Klaim pada rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang dimiliki tentu akan ditolak. Hubungi agen asuransi jika ada pertanyaan tentang rumah sakit yang ditunjuk.

3. Hal-Hal yang Ada di Luar Pertanggungan

Ada cakupan perlindungan terhadap risiko kesehatan yang ditetapkan perusahaan asuransi. Namun, ada juga kondisi yang memerlukan perawatan kesehatan yang tidak ditanggung oleh asuransi. Misalnya luka akibat perang, atau penanganan kesehatan pada percobaan bunuh diri. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan apa saja yang masuk dalam pertanggungan sebuah polis.

Demikianlah cara kerja dan manfaat asuransi kesehatan cashless. Memiliki asuransi kesehatan dinilai sangat penting di masa sekarang. Mengingat biaya kesehatan yang sudah semakin mahal dan beberapa kondisi darurat kesehatan yang mungkin terjadi.

Penulis: Raka 28 Oct 2020 96