Tips Memilih Asuransi Motor

Tips Memilih Asuransi Motor

Akhir-akhir ini, kasus pembegalan terjadi di mana-mana, terutama di kota metropolitan seperti Jakarta. Tidak heran, begitu perhelatan Asian Games dimulai, Polda Metro Jaya langsung menurunkan 1000 personel untuk melakukan operasi pemberantasan premanisme, pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), serta pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Sepanjang tiga hari pelaksanaan itu, Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 387 orang dan menetapkan 73 orang sebagai tersangka. 

Kasus-kasus yang berkaitan dengan sepeda motor ini bisa dibilang wajar terjadi. Mengingat jumlah sepeda motor yang tinggi, kesempatan untuk kriminalitas pun semakin besar. Memang, kalau kita melihat lalu lintas di seluruh daerah Indonesia, jelas kendaraan yang paling mendominasi adalah motor. 

Faktanya, hingga Desember 2017 lalu, Indonesia masih tercatat dengan angka penjualan sepeda motor tertinggi ketiga di dunia, mengikuti India dan China. Malah, di Asia Tenggara, Indonesia duduk di peringkat paling atas.  

Manfaat Asuransi Motor

Dengan kasus pembegalan yang terus meningkat ini, tentu pemilik sepeda motor menjadi semakin merasa tidak aman untuk berkendara. Apalagi, motor bukan termasuk barang murah yang bisa dibeli sewaktu-waktu. Inilah kenapa mengasuransikan sepeda motor jadi sangat penting dilakukan sekarang ini. Apalagi, asuransi mau menanggung kerugian yang terjadi akibat kriminalitas, termasuk pembegalan.

Tidak hanya itu, lalu-lintas yang semakin padat juga menjadi rawan kecelakaan. Sangat sering terjadi di jalan, motor menabrak mobil atau sebaliknya. Motor yang menabrak motor juga sering terjadi. Tanpa asuransi, kerusakan sedikit saja pada motor bisa menguras isi kantong. Oleh karena itu, asuransi motor diperlukan untuk menjamin kenyamanan sewaktu berkendara. 

Namun, kita harus hati-hati dalam memilih asuransi yang tepat. Salah sedikit, bisa-bisa uang yang kita keluarkan untuk premi per bulan jadi sia-sia. Berikut ini beberapa tips memilih asuransi motor agar kita mendapat keuntungan maksimal. 

1. PSAKBI

PSAKBI adalah Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Pastikan asuransi yang kita pilih mempunyai PSAKBI ini karena lampiran dari polis ini bisa menjadi bukti agar perusahaan benar-benar bertanggung jawab atas santunan kecelakaan yang telah dijanjikan.


2. Tanggungan dari asuransi

Secara garis besar, asuransi motor terdiri dari 2 jenis, yaitu asuransi all-risk atau comperehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi comperehensive menjamin seluruh kerusakan yang terjadi pada motor kita, baik kecelakaan besar ataupun kecil. Sedangkan, asuransi TLO menjamin kerusakan yang terjadi di atas 75% pada motor dan kehilangan akibat tindakan kriminal. Poinnya adalah, kita harus mempelajari jaminan apa saja yang bisa kita dapat dari asuransi.

3. Jumlah premi

Premi biasanya dibayarkan per bulan, tetapi ada juga premi yang dibayarkan per 3 bulan, 6 bulan, bahkan setahun sekali. Bahkan, sekarang ini asuransi juga banyak yang menawarkan asuransi mikro dengan premi yang rendah. Walaupun begitu, jangan lupa pula untuk memastikan jumlah klaim yang bisa kita dapatkan dengan premi yang kita bayar. Bagaimanapun, jumlah klaim itu yang kita perlukan untuk merawat sepeda motor kesayangan kita.

4. Proses klaim yang mudah

Asuransi mana saja tentu berlomba-lomba untuk mempromosikan keuntungan yang bisa diperoleh nasabah. Namun, keuntungan itu bisa jadi tidak berguna kalau kita harus menghadapi proses klaim yang rumit dan bertele. Apalagi, biasanya proses klaim punya batas waktu dan kalau klaim jatuh tempo, kita tidak akan mendapatkan keuntungan yang dijanjikan. 

5. Bengkel Rekanan 

Mengetahui bengkel yang bekerja sama dengan asuransi yang kita pilih juga sangat penting karena hal ini akan menjamin kemudahan kita untuk segera mengurus sepeda motor kita apabila terjadi kerusakan.

Asuransi Jaga Motorku di WE+

Kita tahu bahwa biaya asuransi cukup tinggi, sehingga hal ini bisa mencekik para pengendara sepeda motor. Oleh karena itu, produk asuransi mikro sangat membantu bagi pengendara dengan pendapatan tidak lebih dari Rp2.500.000. Asuransi mikro ini juga terdapat pada jasa asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi Jaga Motorku ini punya premi yang sangat terjangkau. Motor juga tidak harus baru dan tidak ada pemeriksaan fisik, sehingga pembelian preminya lebih mudah. Apalagi dengan programnya yang berbasis digital, kita bisa langsung membeli dari smartphone kita.

Dengan premi yang terjangkau, manfaat yang dijamin juga cukup banyak, seperti santunan meninggal dunia, cacat tetap dan biaya pengobatan akibat kecelakaan. 
Bagaimana? Membantu sekali bukan?

Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 27

Penulis: Raka
12 Aug 2020
204
Penulis: Raka
11 Sep 2020
22
Penulis: Raka
10 Nov 909
37
Penulis: Raka
11 Sep 2020
33