Kenali Apa Itu Fatigue dan Gejalanya, Jangan Menyepelekan

Kenali Apa Itu Fatigue dan Gejalanya, Jangan Menyepelekan

Halo sobat WE+! Apakah kalian pernah mendengar istilah fatigue? Secara sederhana, fatigue adalah kondisi kelelahan yang dialami seseorang. Nah, pastinya hampir semua orang pernah merasakan hal ini ya sobat WE+, terutama setelah melakukan banyak aktivitas atau mengerjakan aktivitas yang berat. Meski sering terjadi dan terkesan sepele, namun kondisi ini bisa menjadi hal yang tidak wajar apabila rasa lelah terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang lama dan sulit hilang. 

Apa Itu Fatigue?

Fatigue adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi  lelah atau kekurangan energi secara keseluruhan. Fatigue berbeda dengan sekadar merasa capek atau mengantuk saja. Ketika Sobat WE+ lelah, tidak memiliki motivasi dan energi serta mengantuk mungkin merupakan salah satu gejala dari fatigue ini, tetapi fatigue tidak sama dengan mengantuk.

Fatigue adalah gejala yang sering terjadi dari banyak kondisi medis, baik kondisi medis yang ringan hingga kondisi medis serius. Fatigue juga bisa disebabkan oleh pola gaya hidup, seperti kurang olahraga atau pola makan yang buruk. Jika fatigue yang kamu alami tidak dapat diatasi dengan istirahat dan nutrisi yang tepat, atau curiga gejala ini disebabkan oleh kondisi kesehatan fisik dan kondisi mental yang mendasarinya, segera periksakan diri Sobat WE+ ke dokter. Dokter akan membantu kamu untuk mengetahui penyebab fatigue dan membantu mengatasinya.

Gejala Fatigue 

1. Rasa Lelah Sulit Hilang

Berbeda dengan kelelahan biasa yang sering dirasakan, gejala kelelahan pada fatigue biasanya tidak menghilang dalam beberapa jam istirahat saja.

2. Sulit Konsentrasi dan Pingsan 

Gejala kedua dari fatigue adalah kesulitan berkonsentrasi dan pingsan. Orang yang mengalami sindrom fatigue akan sulit konsentrasi sehingga tidak dapat menjalankan aktivitas dengan maksimal. Selain itu, pada kondisi yang sudah berat, orang yang mengalami sindrom fatigue bisa sampai pingsan atau hampir pingsan.

3. Kualitas Tidur Buruk dan Nyeri Tenggorokan

Walaupun merasa kelelahan, orang yang mengalami sindrom fatigue memiliki kualitas tidur buruk. Hal ini membuat rasa lelah yang dirasakan tidak kunjung membaik meski sudah tidur cukup. Fatigue juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sehingga kamu akan mudah terkena infeksi. Seperti infeksi bagian saluran napas yang menyebabkan nyeri tenggorokan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Berdebar-Debar

Sindrom fatigue dapat menyebabkan jantung kamu mudah berdebar-debar, bahkan terkadang nyeri dada. Sindrom ini dapat dipicu oleh gaya hidup maupun kondisi medis kamu. Misalnya faktor gaya hidup, seperti aktivitas fisik berat yang berlangsung terus-menerus, kekurangan tidur yang menahun, stres yang terjadi dalam waktu lama, merokok, dan kurangnya asupan nutrisi dalam jangka waktu lama.

Sedangkan untuk kondisi medis yang dapat menyebabkan gejala sindrom fatigue adalah anemia, penyakit jantung dan paru kronis, penyakit ginjal kronis, penyakit autoimun, diabetes, gangguan hormon tiroid, dan kondisi medis lainnya.

5. Nyeri Otot, Sendi, dan Punggung

Nyeri otot, sendi, dan nyeri punggung juga merupakan gejala yang sering dialami oleh orang yang mengalami sindrom fatigue. 

6. Pembesaran Kelenjar

Terkadang, orang dengan sindrom fatigue dapat merasakan adanya benjolan pada daerah kelenjar yang terasa nyeri di bagian leher dan ketiak. Hal ini merupakan gejala fatigue.

7. Sakit Kepala, Pusing, dan Vertigo

Sakit kepala, pusing, dan vertigo juga merupakan tanda dari sindrom fatigue yang akan Sobat WE+ rasakan. 

Nah, sekarang Sobat WE+ sudah mengetahui kan bahwa fatigue adalah kelelahan yang terjadi terus menerus? Jika sobat WE+ merasakan gejala tersebut, maka akan sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya. Agar bisa segera ditangani dan mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat! 

Penulis: Raka 23 Dec 2020 1010