Kelebihan Asuransi MIKRO Dibanding Asuransi BIASA

Kelebihan Asuransi MIKRO Dibanding Asuransi BIASA

Asuransi sudah jadi makanan sehari-hari sekarang ini, karena kebutuhannya yang tidak bisa ditunda. Sayangnya, asuransi biasa ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta proses klaim yang rumit. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka diluncurkan produk asuransi baru, yaitu asuransi mikro. Manfaat asuransi mikro dibanding asuransi biasa ini cukup besar, terutama untuk kita yang masih awam dalam masalah asuransi.


Pengertian Asuransi Mikro

Diluncurkan pada 2013, asuransi mikro bisa dibilang baru dibanding asuransi lain. Berdasarkan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), premi asuransi mikro sampai Juni 2018 lalu mencapai 127,94 miliar, tumbuh 15% dari periode yang sama tahun lalu. Artinya, semakin lama peminat asuransi jenis ini semakin banyak. 
Hal ini tidak mengherankan, karena manfaat asuransi mikro dibanding asuransi biasa cukup banyak. Terutama, dalam hal kemudahan dan kepraktisannya. 

Singkatnya, asuransi mikro adalah asuransi dengan premi rendah yang ditujukan untuk masyarakat dengan pendapatan tidak lebih dari Rp2.500.000,- Yang lebih menariknya lagi, asuransi ini mengusung visi SMES, yaitu Sederhana, Mudah, Ekonomis, dan Segera. Jadi, biarpun berpremi rendah, asuransi mikro tetap memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada nasabahnya. Jadi, jangan berpikir hanya karena asuransi mikro ini preminya rendah, maka kualitasnya akan lebih rendah daripada asuransi biasa yang berpremi cukup tinggi. 


Perbedaan Asuransi Mikro dan Asuransi Konvensional

1. Pemeriksaan Kesehatan
Biasanya, asuransi konvensional tidak memberikan syarat bagi nasabah untuk pemeriksaan kesehatan, beda hal dengan asuransi mikro. Pada asuransi mikro, nasabah justru diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang intensif, terutama untuk penyakit-penyakit berat.

2. Polis
Asuransi mikro tidak memberikan banyak ketentuan yang rumit, oleh karena itu polis atau bukti kepesertaan asuransi jenis ini juga hanya terdiri dari beberapa lembar saja. Sedangkan, pada asuransi konvensional, polis hampir berbentuk buku. Ini membuktikan bahwa syarat dan ketentuan pada asuransi konvensional rumit dan bersifat sangat luas.

3. Jumlah Iuran
Keuntungan dari asuransi mikro terutama adalah dalam jumlah iurannya. Kalau asuransi konvensional bisa mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan, jumlah iuran pada asuransi mikro berkisar antara Rp10.000-Rp50.000/bulan. Bahkan, hanya dengan Rp50.000/bulan, nasabah bisa mendapat dana pertanggungan hingga Rp50 juta.

4. Proses Klaim
Sesuai dengan visi dari asuransi mikro yang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah, proses klaim juga dibuat dengan sistem semudah mungkin. Bahkan, prosesnya pun cepat, hanya memakan waktu beberapa hari. Berbeda dengan asuransi konvensional yang bisa mencapai 14 hari kerja atau lebih.

5. Distribusi
Distribusi untuk pembelian polis asuransi mikro juga cukup mudah, bahkan tersedia di minimarket-minimarket terdekat kita. Seperti polis asuransi yang ditawarkan oleh salah satu penyedia layanan asuransi digital, yaitu WE+, yang polisnya tersedia lewat jaringan minimarket alfamart. Jadi, untuk mendapatkannya pun mudah.


Asuransi Mikro lewat WE+

WE+, atau dibaca weplus, adalah salah satu penyedia asuransi mikro ini. Dengan pelayanan yang sederhana dan berbasis digital, maka semakin mudah buat kita untuk mendapatkan asuransi. Kita tidak perlu mengantri atau menyiapkan dokumen-dokumen berupa kertas yang gampang hilang atau rusak. Berikut ini produk-produk yang telah disiapkan oleh WE+ untuk memberikan perlindungan untuk nasabahnya : 

1. Asuransi Jaga Aman Instan
Sesuai namanya, produk dari we+ ini menyediakan layanan asuransi instan, yaitu selama 3 jam saja. Asuransi ini bersifat fleksibel karena bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja. Jadi, saat kita melakukan olahraga berat atau melakukan perjalanan singkat, asuransi ini bisa menjadi persiapan untuk melindungi kita dari kecelakaan yang tak terduga.  

2. Asuransi Jaga Motorku
Asuransi mikro dari we+ ini sangat berguna untuk melindungi kendaraan bermotor. Apalagi, dengan resiko kehilangan dan perampokan motor yang sekarang ini makin besar. Oleh karena itu, asuransi JAGADIRI dan PT.Asuransi Allianz Utama Indonesia meluncurkan inovasi dalam bentuk kerja sama dalam memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor sekaligus terhadap jiwa pengendaranya.

3. Asuransi Jaga Jiwa
Kalau kita mendengar asuransi jiwa, tentu kita akan membayangkan premi yang tinggi dengan syarat dan ketentuan yang rumit. Namun, dengan asuransi Jaga Jiwa ini, kita cukup menyediakan biaya mulai dari Rp23.000 untuk perlindungan 1 tahun. 

4. Asuransi Travel
Tentu kita tahu kalau traveling kini sudah menjadi kebutuhan di mana-mana. Sedangkan, traveling bisa mengandung resiko-resiko tertentu, entah itu penerbangan yang dibatalkan, hingga kecelakaan. Maka, weplus juga menyediakan asuransi perjalanan yang bisa membuat kita merasa tenang selama traveling.


Dengan WE+ kamu bisa merasakan mudahnya memiliki asuransi hanya dengan menggunakan smartphone. aplikasi WE+ yang merupakan Smart Insurance Marketplace bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Tunggu apa lagi? Download sekarang yuk!

Penulis: Raka 11 Sep 2020 20

Penulis: Raka
03 Sep 2020
167
Penulis: Raka
11 Sep 2020
28