5 Asuransi Motor Terbaik, Mana yang Sesuai Kebutuhanmu?

5 Asuransi Motor Terbaik, Mana yang Sesuai Kebutuhanmu?

Risiko kecelakaan selalu mengintai setiap waktu. Untuk memberikan perlindungan terhadap risiko saat terjadi kerusakan akibat kecelakaan, asuransi motor terbaik dapat menjadi solusi. Umumnya yang ditanggung adalah kerugian akibat kecelakaan maupun pencurian. Sama seperti pada asuransi mobil, asuransi motor juga memberikan perlindungan all risk dan total loss only.

Perbedaannya adalah pada jenis dan tingkat kerusakannya. Jika pada All risk, risiko yang ditanggung adalah segala kerusakan mulai ringan hingga berat sesuai yang tercantum pada polis. Umumnya, jenis ini memiliki premi lebih tinggi. Adapun pada total loss only, risiko yang ditanggung adalah jika terjadi kerusakan hingga 75% pada motor. Asuransi jenis ini juga memberi pertanggungan pada kerugian akibat kehilangan dan perampasan. Perlindungan total loss only lebih banyak digunakan pada asuransi motor.

Berikut Ini Rekomendasi Asuransi Motor Terbaik

Ada beberapa perusahaan asuransi kendaraan yang meluncurkan produk perlindungan terhadap motor kesayangan. Masing-masing memiliki keunggulan yang ditonjolkan. Berikut ini adalah lima asuransi motor terbaik yang bisa dipilih: 

1. Adira Insurance

Adira Insurance meluncurkan Motopro yang merupakan asuransi motor dengan jaminan pertanggungan Total Loss Only (TLO). Selain perlindungan terhadap kerusakan minimal 75%, Motopro juga memberi jaminan terhadap pengemudi jika mengalami kematian atau cacat total akibat kecelakaan.

Asuransi ini juga akan memberikan ganti rugi kepada pihak ketiga yang juga terlibat dalam kecelakaan. Syaratnya adalah melampirkan bukti laporan dari kantor polisi. Selain itu, perlu juga melampirkan bukti bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi.

2. Simas Motor

Asuransi Sinar Mas sudah cukup dikenal masyarakat. Salah satu produknya yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan roda dua adalah Simas Motor. Asuransi motor terbaik ini juga memiliki perlindungan TLO dengan premi yang dibayarkan per tahun.

Usia kendaraan yang bisa diasuransikan adalah 10 tahun dan harus melalui proses survey terlebih dahulu. Akan tetapi, jika kondisi kendaraan benar-benar baru, maka tidak perlu melewati proses survey. Selain itu, kendaraan yang dapat diasuransikan hanyalah kendaraan untuk penggunaan pribadi, bukan yang digunakan untuk ojek.

3. BCA Insurance

Selanjutnya adalah BCA Insurance. Dengan pilihan jaminan berupa TLO dan comprehensive (all risk).  Risiko yang dijamin meliputi tabrakan, terbalik, pencurian, perampasan, dan kebakaran. Asuransi ini juga memberikan perluasan jaminan terhadap risiko angin topan, kerusuhan, maupun kerugian pihak ketiga pada kecelakaan.

4. Jaga Motorku

Produk Jaga Motorku merupakan hasil kerja sama antara dua perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi Jaga Diri, memberikan perlindungan terhadap jiwa pengendara. Adapun PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia memberikan perlindungan terhadap kendaraan roda dua yang dimiliki.

Sinergi antara keduanya menghasilkan asuransi yang memiliki perlindungan terhadap risiko akibat kecelakaan. Pertanggungannya meliputi kematian, cacat tetap, dan pengobatan. Adapun terhadap kendaraan, diberikan perlindungan terhadap kerugian akibat kehilangan sepeda motor, kerusakan akibat kecelakaan, dan kehilangan sebagian akibat kejahatan.

5. FPG Insurance

Asuransi motor terbaik selanjutnya adalah FPG Insurance. Dengan jenis perlindungan berupa all risk dan total loss only, nasabah dapat memilih sesuai kebutuhannya. Asuransi ini juga memberikan kemudahan dalam membeli polisnya, yaitu dengan melalui transaksi online, telepon, atau datang ke kantor cabangnya.

Untuk melakukan klaim, pemegang polis perlu melengkapi beberapa dokumen. Di antaranya adalah formulir klaim, fotocopy sim, STNK, dan laporan polisi. Selain itu, juga perlu dijelaskan tentang kronologis kejadian yang dapat dilakukan tidak hanya secara offline, tetapi juga online.

Itulah lima asuransi motor terbaik yang direkomendasikan bagi pemilik kendaraan roda dua. Pilihlah sesuai kebutuhan dan kondisi kendaraan. Selain itu, pastikan memahami isi polis, agar tahu jenis perlindungan yang dimiliki. Hal ini penting agar saat melakukan klaim dapat sesuai syarat dan tidak ditolak.

Penulis: Raka 02 Nov 2020 73