Kartu Kredit, Bikin Untung atau Rugi?

Kartu Kredit, Bikin Untung atau Rugi?

Punya Kartu Kredit, Bikin Untung atau Rugi Sih?

Kartu kredit sudah lazim digunakan di masyarakat karena ada banyak keuntungan kartu kredit yang bisa dirasakan. Diantaranya memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Meski begitu, pengguna kartu kredit juga tetap harus bijaksana dalam penggunaannya. Karena jika tidak berhati-hati dalam pemakaian kartu kredit, akan membuat pengguna merasa rugi. Seperti contohnya tagihan yang membengkak di akhir bulan. Jadi punya kartu kredit itu bikin untung atau rugi, sih? Berikut penjelasannya

  • Dapat Menggunakan Dana Lebih Besar dari yang Dimiliki

Keuntungan dari kartu kredit yang utama bagi pengguna yaitu dapat memberikan penggunanya dana pinjaman kapanpun dibutuhkan secara instan. Meskipun pengeluaran yang dibutuhkan pengguna nilainya lebih dari dana yang ada di dalam rekening pengguna kartu kredit tersebut. Pemilik kartu kredit juga bisa meminjam uang dari bank kapanpun, tanpa melalui proses approval yang memakan waktu.

  • Mempermudah Segala Jenis Transaksi

Keuntungan dari kartu kredit lainnya, yaitu mempermudah penggunanya dalam melakukan transaksi jual beli, baik secara online maupun offline. Jika pengguna kartu kredit ingin berbelanja alat elektronik, transaksi akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Karena hal tersebut akan jauh lebih praktis dan aman daripada harus membawa uang dalam jumlah yang besar. Apalagi bila pengguna ingin berbelanja secara online, tentu kartu kredit akan sangat memudahkan untuk melakukan transaksi belanja. Tidak perlu repot-repot melakukan transaksi di bank.

  • Bisa Mendapat Cicilan Bunga 0%

Salah satu keuntungan dari kartu kredit lainnya adalah adanya fitur cicilan dengan bunga 0%. Hal memungkinkan penggunanya untuk membeli barang dengan cara mencicil setiap bulan selama masa tenor cicilan tanpa dikenakan beban bunga sedikitpun. Banyak disediakan transaksi dengan cicilan bunga 0% untuk transaksi dengan nominal tertentu dan dengan harga yang relatif mahal, seperti furniture, alat-alat elektronik, jam, gadget dan lainnya. Biasanya tenor pinjaman yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit mulai dari tiga bulan hingga 24 bulan.

  • Memudahkan Pembayaran Tagihan

Dengan menggunakan kartu kredit, pengguna juga bisa melakukan pembayaran tagihan dengan mudah melalui fitur Bill Payment. Pengguna kartu kredit cukup mendaftarkan tagihan rutin tiap bulan, seperti cicilan rumah, tagihan listrik, tv kabel, internet, tagihan air dan lainnya. 

Nasabah tidak perlu lagi merasa khawatir lupa melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya, karena secara otomatis kartu kredit akan membayar tagihan yang telah didaftarkan oleh pengguna. Selain itu, fitur ini juga cocok bagi nasabah yang malas mengingat nomor tagihan yang berbeda-beda karena tagihan tersebut akan dibayarkan oleh bank penerbit kartu kredit. Nah, keuntungan dari kartu kredit tersebut pasti membuat penggunanya merasa sangat terbantu.

  • Dapat Membangun Reputasi Kredit

Salah satu keuntungan dari kartu kredit yaitu dapat bermanfaat membangun reputasi kredit, apabila digunakan secara tepat. Bank penerbit kartu kredit akan merekam kebiasaan dan perilaku nasabahnya dalam menggunakan kartu kredit dan termuat dalam database kredit nasional. 

Data tersebut akan menjadi informasi berharga bagi bank, jika suatu saat pengguna kartu kredit mengajukan permohonan pinjaman uang pada lembaga keuangan. Data kredit tersebut digunakan sebagai rujukan apakah nasabah pengguna kartu kredit tersebut layak untuk menerima pinjaman atau tidak.

  • Banyak Promosi Saat Transaksi

Fasilitas kartu kredit yang bisa dinikmati penggunanya, yaitu berupa promo yang banyak ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit. Biasanya promo yang diberikan dalam bentuk potongan harga atau cashback pada setiap transaksi di merchant ataupun toko yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.Keuntungan kartu kredit tersebut bisa didapatkan dalam setiap penggunaannya.

Nah, itulah beberapa keuntungan kartu kredit yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Pada dasarnya, penggunaan kartu kredit sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan setiap transaksi jual beli. Selain itu pengguna kartu kredit juga bisa mewujudkan impian untuk mendapatkan barang-barang mahal secara mudah. Namun, harus ingat untuk lebih bijak dalam penggunaan kartu kredit agar kondisi keuangan tetap aman terkendali. 

Penulis: Raka 12 Oct 2020 52

Penulis: Raka
19 Aug 2020
124
Penulis: Raka
29 Aug 2020
289
Penulis: Raka
06 Sep 2020
143
Penulis: Raka
11 Sep 2020
48