Jangan Gabungkan Biaya Hidup dengan Tabungan dalam Satu Rekening, Kenapa?

Jangan Gabungkan Biaya Hidup dengan Tabungan dalam Satu Rekening, Kenapa?

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan mengalokasikan dana untuk memenuhinya. Dari penghasilan yang didapat, biasanya akan disisihkan pada pos-pos tertentu, termasuk kebutuhan dan tabungan. Tapi apakah sobat WE+ tau, bahwa sebaiknya kita jangan gabungkan biaya hidup dengan tabungan dalam satu rekening. Kenapa? Cari tau jawabannya pada tulisan kali ini yuk!

Alasan Kenapa Biaya Hidup dan Tabungan Tidak dalam Satu Rekening

Berikut beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu memisahkan rekening tabungan dan biaya hidup sehari-hari, antara lain:

  1. Lebih Mudah untuk Dikontrol

Dengan rekening tabungan yang terpisah, kita dapat lebih mengontrol jumlah uang tabungan. Baik itu dana masuk atau mungkin dana yang terpakai untuk keperluan yang memang alokasinya dari tabungan. Jika tercampur dengan dana kebutuhan, maka kita bisa semakin pusing dibuatnya. Bahkan bisa memungkinkan salah perhitungan.

  1. Mengendalikan Pengeluaran

Uang kebutuhan dengan tabungan jika digabung maka berpotensi untuk sulit dikendalikannya pengeluaran. Hal tersebut karena kita bisa merasa memiliki “budget lebih” untuk membeli barang yang bukan kebutuhan, padahal itu merupakan uang tabungan yang sebaiknya tidak digunakan sembarangan.

Dengan memisahkan rekening tersebut, kita bisa lebih mengukur pengeluaran dan juga ini lebih hemat karena ada aturan atau anggaran dengan jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Lebih Mudah untuk Berhemat

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa memiliki rekening terpisah antara kebutuhan hidup dengan tabungan ini akan membantu kita dalam berhemat. Kita akan tau kemana tujuan dari masing masing rekening, dan bisa termotivasi jika ingin mendapat sesuatu yang lebih, kita harus bisa menyisihkan uang yang lebih pula.

Sejalan dengan apa yang sedikit diulas pada bagian sebelumnya, bahwa dengan rekening terpisah, kita dapat lebih tahan dari godaan belanja hal-hal yang tak begitu diperlukan, karena kini kita punya “tempat khusus” untuk menyimpan tabungan.

  1. Bisa Mengetahui Uang Keluar Lebih Jelas

Cara ini juga dapat membantu kita untuk memisahkan keluarnya uang setiap bulan secara rutin sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya. Jika rekening dipisah, maka akan lebih jelas dan teratur.

  1. Manajemen Keuangan yang Baik

Dengan memisahkan antara rekening biaya hidup dan tabungan, hal tersebut dapat menandakan bahwa manajemen keuangan kita berjalan dengan baik atau sehat, karena semua sudah sesuai berada dalam pos nya masing-masing, tidak akan tercampur dan tidak bisa saling mengganggu. Dengan cara ini, kita dapat lebih mempertimbangkan jika akan mengeluarkan biaya, dimulai dari prioritas terlebih dahulu, apakah itu kebutuhan atau hanya sekedar keinginan.

  1. Sebagai Motivasi

Menabung dengan rekening terpisah juga dapat menjadi motivasi lebih bagi kita untuk terus mengumpulkan pundi-pundi demi kehidupan yang lebih baik. Jika biayanya sudah sesuai dengan tujuan dan keinginan, kamu bisa memanfaatkannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

  1. Menabung untuk Banyak Tujuan

Kita juga dapat memisahkan uang ke dalam beberapa rekening tabungan sesuai dengan peruntukannya masing-masing. Contohnya, tabungan untuk pendidikan, tabungan untuk barang elektronik, tabungan property bahkan dana darurat.

Itu dia beberapa alasan mengapa sebaiknya sobat WE+ jangan gabungkan biaya hidup dengan tabungan dalam satu rekening. Dari informasi ini, memang memisahkan tabungan dan biaya sehari-hari bisa sangat mempermudah pengelolaan keuangan. Jadi, untuk keuangan yang lebih rapi, coba ikuti cara ini ya Sobat WE+! 

Penulis: Raka 10 Feb 2022 412