Investasi yang Malah Bikin Rugi

Investasi yang Malah Bikin Rugi

Berinvestasi tentu harapannya adalah mendapatkan keuntungan, namun tahukah sobat WE+ bahwa ternyata ada beberapa investasi yang malah bikin rugi lho! Kemungkinan besar kerugian tersebut dikarenakan cara berinvestasi yang kurang tepat. Lalu seperti apa investasi yang justru malah membuat rugi itu?

5 Investasi yang Malah Bikin Ragu 

Inilah beberapa investasi yang harus kamu hindari agar tidak merugi: 

  1. Investasi Tanpa Tujuan 

Investasi yang malah membuat rugi biasanya dikarenakan tidak adanya tujuan saat memulainya. Banyak orang yang asal-asalan berinvestasi karena ingin seperti teman atau rekan kerja yang mendapatkan keuntungan banyak. Namun, tujuan yang tidak jelas ini justru membuat pemilihan instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan jadi tidak jelas.

Jenis instrumen investasi memiliki ciri khas masing-masing, ada yang cocok untuk jangka pendek ada yang pas untuk jangka panjang. Jika tujuannya tidak jelas maka pemilihan jenis investasi tersebut tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. 

Misalnya saja, ada orang yang iseng berinvestasi karena hanya ingin menggandakan uang lalu mengambil deposito, harapannya saat masa tua datang deposito bisa dijadikan sumber penghasilan. Hal tersebut malah merugikan sebab pihak bank hanya memberikan 4% sementara kenaikan harga barang per tahun naiknya 7%. Maka dari itu lebih baik tetapkan dulu tujuan untuk berinvestasi agar bisa mendapatkan instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan tersebut.

  1. Menggunakan Asuransi 

Ada orang yang sengaja membeli asuransi dengan tujuan untuk berinvestasi. Jika dilihat lebih teliti, asuransi kurang tepat disebut sebagai instrumen investasi. Pasalnya potongan biaya cukup tinggi sehingga akan membuat uang yang diinvestasikan pada lima tahun pertama nilainya kecil. Bahkan di tahun pertama tidak ada uang yang masuk investasi malah lari ke pihak asuransi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Selain itu, fleksibilitas pergantian Manajer Investasi juga sangat terbatas. Jika ingin mengganti manajer investasi perlu menutup terlebih dahulu asuransi terkait baru membuka yang baru dengan manajer investasi yang berbeda. Sangat tidak efektif dan menghabiskan dana tambahan. Jadi lebih baik langsung saja memiliki instrumen investasi yang cukup banyak pilihannya dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Jikalaupun sobat WE+ ingin sekaligus dengan asuransi, maka pilihlah produk asuransi unit link yang sudah terdapat paket investasi di dalamnya. Produk ini memang memberikan perlindungan asuransi sekaligus keuntungan investasi. 

  1. Investasi Tanpa Melihat Resiko

Investasi yang merugikan biasanya karena tidak memperhatikan resiko hanya mementingkan keuntungan saja. Padahal prinsip investasi, semakin tinggi keuntungan, tinggi juga resikonya. Hal ini bukan berarti tidak boleh memilih investasi dengan nilai return yang tinggi. Memilih investasi dengan return yang tinggi sah saja, namun harus memperhatikan dan memahami juga resikonya. 

Saat memahami dan mengerti resiko dari sebuah investasi, maka ada tindakan yang bisa dilakukan sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi resiko tersebut. Ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk menekan dan menghindari resiko yang mungkin terjadi dari sebuah instrumen investasi.

  1. Investasi yang Terlambat

Memulai investasi juga memerlukan waktu atau timing yang tepat. Semakin lama menunda untuk berinvestasi maka akan semakin merugi. Jika memang sudah tahu tujuan untuk berinvestasi, langsung saja pilih instrumen investasi yang sesuai dan jangan ditunda lagi. Baiknya selama masih punya penghasilan segera lakukan investasi. Agar tidak merugi di masa mendatang.

  1. Hanya Dibuat Tabungan

Masyarakat Indonesia masih banyak yang mengandalkan keberuntungan dengan cara berinvestasi melalui deposito. Harapan mendapat keuntungan cukup tinggi, namun malas untuk bergerak aktif di dunia investasi. Tentu ini resiko pada kondisi finansial cukup besar. Investasi yang seharusnya untuk menjaga kestabilan finansial di masa mendatang malah menjadi hal yang merugikan karena tidak ada keinginan untuk mencapai return yang tinggi. 

Banyak orang yang mencoba bermain aman, hanya menyimpan uang di deposito sebagai tabungan dan mendapatkan bunga yang kecil per tahun. Tentu ini tidak bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

Nah sobat WE+ itulah beberapa investasi yang malah bikin rugi yang harus kamu hindari. Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi pastikan kamu melakukan kegiatan investasi dengan benar ya. 

Penulis: Raka 04 Mar 2022 99