6 Rahasia Manfaat Menari yang Tersembunyi

6 Rahasia Manfaat Menari yang Tersembunyi

Adakah manfaat menari yang tersembunyi di balik gerakan-gerakannya?

Tarian macam bagaimana yang punya manfaat? Semua tarian atau jenis tarian tertentu saja?

Memang selama ini banyak yang memandang tarian itu cuma sekadar hobi saja. Bahkan profesi dancer pun nggak sepopuler pekerjaan penyanyinya.

Tapi bukan berarti menari bisa dipandang sebelah mata ya. Faktanya, menari punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Apa saja manfaat berlatih tari bagi para penarinya?

1. Memperbaiki Kondisi Jantung

Jantung berbeda dengan mesin. Kalau mesin terlalu sering dipakai bakal rusak. Kalau jantung justru jadi makin sehat.

Syaratnya beban jantung nggak naik tiba-tiba. Misalnya biasa jalan santai, langsung disuruh marathon 40 kilometer. Ya, bocor juga jantungnya.

Tapi kalau sering menari, disuruh lari jarak jauh juga bakal enjoy. Karena jantung sudah terbiasa berpacu secara teratur dalam irama tinggi.

Otot-otot jantung sudah biasa menggunakan oksigen dengan efektif.

Jadi, kalau kamu mau latihan fisik yang menyenangkan, coba saja menari.

2. Menurunkan Berat Badan

Pernah lihat penari aktif yang mengalami obesitas? Enggak kan?

Namanya penari aktif susah deh mengalami kegemukan. Soalnya setiap menari, dia pasti bakar kalori cukup banyak.

Apalagi penari aktif paling nggak bisa 4-6 jam berlatih tari dalam sehari. Nggak mungkin banget kan bakal gemuk.

Nah, ini juga keuntungan tersembunyi dari manfaat menjadi penari. Bakal langsing.

3. Tubuh Lebih Lentur dan Seimbang

Gerakan tarian banyak yang mengubah fokus berat badan. Bisa secara tiba-tiba pula.

Ada juga gerakan tarian yang menuntut badan meregang. Itupun secara cepat.

Jadi jangan heran kalau tubuh penari itu rata-rata sangat lentur. Dan bakalan sulit untuk jatuh atau cedera karena terbiasa jaga keseimbangan.

Ini akan lebih efektif kalau gerakan tarinya berubah-ubah, keras dan lembut.

Karena manfaat menari dengan gerakan lemah dan kuat dapat membuat tubuh lebih cepat menyesuaikan diri kalau ada perubahan tiba-tiba.

4. Mudah Bersemangat dan Aktif

Anehnya tubuh manusia memang begitu, makin sering digunakan, makin kuat. Makin jarang dipakai, ya makin lemah dan lemas.

Jadi kalau sobat merasa kok sering lemas, coba berlatih menari secara rutin.

Otot yang digunakan untuk menari secara teratur akan mampu menyimpan energi lebih banyak, dan membakar oksigen lebih efektif.

Efeknya, tubuh jadi lebih mudah bersemangat dan aktif. Nggak ada deh lemas-lemas kalau udah rutin berlatih tari.

5. Mengurangi Stress

Stress itu banyak penyebabnya. Tapi intinya karena ada masalah yang belum selesai dibereskan.

Sayangnya, makin lama nggak selesai, stressnya nggak bakal hilang.

Dan semakin stress nggak hilang-hilang, kondisi badan bisa jadi drop yang bakal bikin tambah stress. Lingkaran setan lah.

Salah satu cara mengurangi stress ya melakukan sesuatu, terutama sesuatu yang menyenangkan dan melibatkan aktivitas fisik.

Nah, menari jadi satu solusi yang asyik. Apalagi kalau dilakukan berpasangan dengan orang yang menarik.

Karena selain melatih fisik, kalau senang menari juga badan jadi mengeluarkan endorfin. Alias hormon kebahagiaan yang bikin santai dan tenang.

Jadi, kalau kamu ngerasa banyak tekanan dan stress, putar saja musik dan gerakkan badan.

6. Bikin Pintar

Bukan berarti dengan menari kamu langsung juara kelas atau jadi jenius ya. Tapi menari memang melatih dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat.

Terutama kalau kamu melakukan tarian koreografi yang butuh konsentrasi. Sama saja berlatih mengingat kan.

Bahkan, kamu bisa mengembangkan cara mengingat yang baru, yaitu dengan gerakan.

Ingatan kinestetik diketahui lebih lama bertahan kalau sudah terinternalisasi secara sempurna. Apa maksudnya?

Contoh kamu belajar naik sepeda. Kalau sudah bisa, sampai usia berapapun asalkan sedang sehat, pasti kamu bakal terus bisa naik sepeda.

Jadi, kalau merasa mengalami kesulitan belajar, coba libatkan tarian.

 

Demikian sebagian kecil manfaat tersembunyi dari menari dan sering tidak disadari. Sudah gak sabar untuk menari?

Intinya nggak usah banyak tanya, cukup lakukan saja dan kamu bakal rasakan manfat menari langsung di diri kamu.

 

RELATED ARTICLES:

 

Music photo created by tirachardz - freepik

Penulis: Raka 17 Oct 909 295

Penulis: Raka
11 Sep 2020
20
Penulis: Raka
07 Oct 2020
77
Penulis: Raka
12 Oct 2020
22