Cara Membuat Infused Water yang Benar, Perhatikan 5 Tips Ini

Cara Membuat Infused Water yang Benar, Perhatikan 5 Tips Ini

Infused water kini sedang menjadi tren dalam menjalankan pola hidup sehat. Jadi, infused water ini adalah air detoks yang bisa kita buat sendiri di rumah dengan cara yang mudah. Air detoks ini dibuat dari rasa buah-buahan atau bisa juga dengan sayuran yang direndam di dalam air. Sobat WE+ juga bisa membuat infused water ini di rumah ya. 

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam air detoks ini sangat banyak, meliputi vitamin A, B, C dan juga E. Itulah sebabnya infused water ini sangat baik dikonsumsi oleh siapapun karena baik untuk kesehatan. kamu bisa gunakan air putih yang dicampur dengan jenis buah atau sayur yang kamu sukai. Nanti, air tersebut akan berubah rasanya seperti rasa buah atau sayur yang kamu pilih.

3 Cara Membuat Infused Water Lengkap dengan Manfaatnya

Berikut ini ada beberapa resep dalam membuat infused water ini, yang bisa kamu praktekkan di rumah dengan cara yang mudah:

1. Infused Water dari Kayu Manis dan Apel

Paduan rasa apel dengan kayu manis pada infused water ini enak dan segar sekali sobat WE+.  Manfaatnya yaitu untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Cara membuatnya juga sangat mudah dan praktis. 

Caranya yaitu siapkan 2 liter air dan iris tipis buah apel yang bagian bijinya sudah dibuang. Siapkan sepotong kayu manis lalu rebus di air. Setelah dingin campurkan semua bahan pada air yang sudah disiapkan. Simpan di kulkas sekitar 1 jam saja lalu nikmati.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

2. Infused Water Jahe dan Mangga

Paduan jahe dengan mangga sebagai bahan untuk infused water ini bisa menjadi pereda sakit alami dari migrain atau menstruasi pada wanita. Infused water ini bisa dinikmati secara hangat ataupun dingin.

Cara buatnya yaitu siapkan jahe 1 inci yang sudah diiris tipis dan dikupas dahulu. Lalu campurkan dengan 4 potong buah mangga dan masukkan ke dalam air 4 liter. Dinginkan sekitar 1-3 jam.

3. Infused Water Strawberry dan Jeruk Nipis

Resep ketiga adalah campuran buah strawberry dan juga jeruk nipis. Kedua kombinasi ini bisa menghasilkan infused water yang segar dan sehat. Kedua bahan ini mengandung vitamin C yang tinggi yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan.

Cara buatnya yaitu rebus strawberry dan irisan jeruk nipis dalam jumlah sesuai dengan keinginan. Gunakan saringan untuk menyaring ampas strawberry, lalu masukkan 1 sendok makan strawberry dengan ¼ potong jeruk nipis ke dalam air. Dan rebus lagi selama 3 menit saja.

Tips Membuat Infused Water

Perlu kamu ketahui juga ya Sobat WE+, infused water ini tidak memiliki kandungan kalori sehingga cocok dikonsumsi oleh kalian yang sedang berdiet. Kesehatan kamu juga akan terjaga dengan baik saat konsumsi infused water secara teratur. Nah, saat membuat infused water, inilah beberapa tips yang bisa diterapkan: 

  1. Cuci bersih semua peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk membuat infused water. Tujuannya agar tidak ada bakteri dan kuman yang menempel.
  2. Potong buah atau sayur yang akan digunakan sebagai campuran infused water dengan bentuk dadu atau membulat. Dengan begitu, sari dan kandungan air dari buah bisa keluar dengan lebih maksimal. 
  3. Langsung konsumsi buah yang mengandung banyak air seperti jeruk, timun, atau semangka, setelah menjadi infused water. Namun, jika menggunakan potongan apel, jahe, atau kayu manis, lebih baik diamkan dahulu di dalam lemari es. 
  4. Selalu konsumsi infused water dalam kurun waktu maksimal 8 jam. Sebab jika lebih dari itu, akan mengeluarkan rasa yang berbeda. 
  5. Selalu gunakan air bersih dengan suhu ruangan. Tujuannya agar buah tetap cantik saat digunakan sebagai infused water. 

Itulah beberapa cara membuat infused water yang bisa sobat WE+ lakukan di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan tips membuat infused water agar hasil akhirnya lebih lezat dan bergizi. Selamat mencoba ya!

Penulis: Raka 21 Jan 2021 1342