Gaji UMR Ingin Punya Rumah? Ya Bisa!

Gaji UMR Ingin Punya Rumah? Ya Bisa!

Memiliki rumah sendiri tentu impian setiap orang, terutama yang dihasilkan dari kerja keras. Bukan hanya bisa terwujud jika memiliki kekayaan berlimpah. Kamu yang memiliki gaji UMR, namun ingin punya rumah pun bisa tercapai. Meskipun, nominalnya tidaklah seberapa, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Asalkan kamu tahu cara memanfaatkannya. Selain itu, tentu membutuhkan kesabaran juga.

Tips untuk Gaji UMR Ingin Punya Rumah

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rumah impian. Meskipun, hanya berpenghasilan dengan gaji UMR. Gaji tersebut memang tergolong kecil, tetapi jangan sampai berkecil hati. Berikut ini tipsnya :

1. Menyisihkan Uang Pendapatan

Kamu harus secara konsisten per bulannya untuk menyisihkan pendapatan. Setidaknya 30 persennya saja. Jadi, jika memiliki gaji sebesar 3 juta, maka bisa menyisihkan 900 ribu. Tujuannya untuk mempersiapkan uang untuk membayar DP rumah nantinya. Dengan ketekunan dan konsisten per bulannya, maka itu bisa menjadi angka yang besar.

2. Menerapkan Hidup Hemat

Untuk bisa menyisihkan uang pendapatan, tentu kamu harus bisa mengelola keuangan. Dalam artian, jangan terlalu banyak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, pengeluaran tidak akan banyak dan kebutuhan tercukupi dengan baik hingga akhir bulan. 

Seringkali memang beberapa barang terlihat sangat menggiurkan, apalagi jika sudah tertera diskon. Namun, sebisa mungkin kamu harus menahannya. Belajar hidup hemat dengan barang-barang seadanya. Jika benar-benar menerapkannya, maka uang tabungan akan lebih banyak.

3. Mengikuti Program KPR

Jika kamu dengan gaji UMR ingin punya rumah, salah satu caranya bisa mengikuti program KPR. Nama tersebut berasal dari kepanjangan Kredit pemilikan Rumah. Dengan mengikuti program tersebut, kamu bisa melakukan pembayaran secara mencicil. Sebab, jika membayarnya sekaligus tentu tidak akan sanggup. Belum lagi waktu yang dibutuhkan agar uang terkumpul bisa sangat lama.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Program ini ada dua jenis, yaitu Subsidi dan Non Subsidi. KPR Non Subsidi jangkauannya lebih umum dan bank yang menentukan persyaratannya. Sedangkan, jenis Subsidi diatur oleh pemerintah. Oleh karena itu, KPR Subsidi tidak semua orang bisa menggunakannya. Dengan kata lain, hanya orang tertentu sesuai syarat yang ditetapkan. Persyaratannya pun pemerintah yang membuatnya.

4. Jangan Memakai Kartu Kredit atau Pinjaman Online

Hal terakhir yang wajib kamu terapkan adalah tidak memakai kartu kredit. Pada awalnya, memang penggunaannya seakan mempermudah. Namun, tunggakan di akhir bulan pasti akan membuat cemas dan bingung. Hal tersebut sama dengan berperilaku hemat. Menggunakan pembayaran langsung untuk barang-barang kebutuhan. Jadi, pengeluaran bisa terpantau dengan baik.

Selain itu, jangan melakukan pinjaman online. Sebab, pasti akan ada bunga per bulannya yang dikenakan. Jadi, sama saja seperti menumpuk hutang, sehingga pelunasannya tidak cepat selesai.

5. Melakukan Investasi

Jika kamu hanya berpatok pada uang bulanan yang disisihkan. Tentu akan membutuhkan waktu sangat lama hanya untuk membayar DP rumah. Dengan melakukan investasi, pemasukan juga bertambah. Namun, sebaiknya ikut investasi dengan resiko minim. Jadi, jika nantinya terjadi masalah, kerugiannya tidak akan terlalu banyak. Investasi bukan hanya pada uang saja, melainkan emas juga bisa. 

Adanya investasi juga sangat membantu jika hal buruk terjadi tidak terduga. Misalnya seperti mengalami kecelakaan atau lainnya. Maka, uang dari investasi bisa menjadi solusi. Dengan begitu, cicilan rumah tetap terbayar dan kondisi kesehatan kamu bisa terjaga. Jadi, hal ini sangat patut dipertimbangkan. Mengingat hal yang rentan seringkali terjadi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Dengan gaji UMR ingin punya rumah bukan menjadi hal sulit lagi. Kuncinya adalah kesabaran dan kemauan untuk menyisihkan gaji untuk kebutuhan yang lebih besar di masa mendatang, yaitu membeli rumah. 

Penulis: Raka 21 Dec 2021 239