Simak! Inilah Persiapan Keuangan Untuk Menjadi Ayah

Simak! Inilah Persiapan Keuangan Untuk Menjadi Ayah

Sobat WE+, apakah kamu sudah tidak sabar punya anak dan menjadi seorang ayah? Tentu saja jangan hanya hal-hal bahagia yang dibayangkan. Karena ada berbagai persiapan keuangan untuk menjadi ayah, yang juga harus kamu persiapkan dengan baik. Hal ini penting supaya kamu telah siap saat si kecil lahir. Meskipun kadang orang lebih cenderung untuk mempersiapkan menjadi seorang ibu, namun ayah pun tidak boleh menganggap remeh perannya.

Persiapan Keuangan yang Diperlukan Ayah

Segala persiapan seperti logistik sampai memastikan agar proses kelahiran lancar menjadi tugas seorang ayah. Sebab semua hal ini merupakan tanggung jawab seorang suami atas kebutuhan istrinya, termasuk juga anak. Berikut beberapa persiapan keuangan untuk menjadi seorang ayah yang sangat penting:

  1. Kebutuhan Kehamilan

Selama istri hamil, tentu saja ada banyak hal yang diperlukan agar kandungannya tetap dalam keadaan sehat. Salah satunya yaitu rutin melakukan konsultasi serta pemeriksaan selama kehamilannya dan tentunya ini juga memerlukan biaya untuk ke dokter.

  1. Kebutuhan Pemenuhan Nutrisi Ibu Hamil

Supaya anak kamu tetap sehat, begitu pun dengan ibunya. Maka harus menutrisi mereka dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Misalnya membeli susu dan makanan bergizi lainnya.

  1. Biaya Melahirkan 

Pastikan juga kamu telah menyiapkan uang berapa persen yang mana jumlahnya lebih banyak dari perkiraan biaya yang sudah disebutkan. Hal ini berperan sebagai uang cadangan dan untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan tindakan tambahan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Kebutuhan Anak Setelah Lahir

Kebutuhan yang dimaksud adalah biaya untuk vaksinasinya, pemeriksaaan kesehatan, popok, susu, dan kebutuhan lainnya.

  1. Tabungan Biaya Pendidikan

Hal yang tidak kalah penting agar masa depan anak sudah terjamin semenjak ia lahir yaitu menyisihkan uang untuk biaya pendidikannya. Pastinya kamu sudah tahu kan, betapa mahalnya uang sekolah saat ini, belum lagi jika ada uang buku dan sebagainya.

  1. Asuransi Kesehatan Anak

Seperti yang diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh anak yang masih rendah akan memperbesar kemungkinan untuk sakit. Namun dengan memiliki asuransi kesehatan, tentu saja kamu dan istri tidak akan dibebani dengan biaya rumah sakit dan pengobatan yang mahal.

Hal tersebut pun juga mempercepat anak untuk mendapatkan kesehatannya kembali. Maka dengan adanya asuransi kesehatan ini akan mengurangi biaya beban kamu. Adapun bentuk gabungan ini bisa berupa uang, emas, ataupun asuransi Pendidikan.

  1. Biaya Darurat

Adapun persiapan keuangan untuk menjadi ayah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan biaya darurat. Kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari gaji yang diterima setiap bulannya. Selain itu dengan menyisihkan uang untuk keperluan biaya darurat juga akan membuat kamu dan istri untuk lebih berhemat serta tidak mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang sekiranya tidak penting dan belum diperlukan.

Biaya darurat penting jika ada keperluan mendesak. Sehingga kamu sudah punya dana cadangan yang bisa digunakan untuk menggantinya. Kamu pun tidak akan pusing-pusing lagi memikirkan biayanya jika sudah ada dana darurat ini.

Itulah berbagai persiapan untuk menjadi Ayah yang bisa kamu mulai dari sekarang. Alangkah lebih baik jika kamu sudah siapkan segalanya sebelum menikah. Dengan begitu, ketika memasuki kehidupan rumah tangga dan mempunyai anak, semuanya sudah siap dan sobat WE+ bisa menjalani kehidupan dengan lebih tenang. 

Penulis: Raka 15 Jul 2022 260