Daftar Tren Investasi Terbaik, Ini Untung Dan Ruginya

Daftar Tren Investasi Terbaik, Ini Untung Dan Ruginya

Investasi bila kamu lakukan dengan tepat tentu akan mendatangkan keuntungan. Apakah sobat WE+ berencana untuk mulai berinvestasi? Jika iya, simak beberapa tren investasi ini yang berpeluang mendatangkan cuan untukmu. Namun, sebelumnya ketahui dulu apa yang dimaksud dengan investasi dan tujuannya.

Investasi merupakan suatu kegiatan untuk menempatkan modal yang kamu miliki ke dalam suatu benda, lembaga, atau pihak lain. Modal di sini tidak selalu berupa uang, namun juga bisa berwujud aset lain. Tujuan dari investasi ini tentu saja adalah untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Apa Tren Investasi Di Indonesia Saat Ini? Kenali Juga Untung Dan Ruginya

Ada beberapa jenis investasi yang layak untuk kamu pertimbangkan saat ini. Simak beberapa investasi tren terbaru lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini penting untuk kamu ketahui agar bisa menentukan jenis investasi yang paling sesuai dengan kondisi dan tujuan. Lantas, apa saja sih investasi yang kini menjadi tren? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Emas

Sebaiknya kamu memilih untuk menginvestasikan dana yang kamu miliki dalam bentuk emas murni atau logam mulia dibandingkan dengan perhiasan. Keuntungan dari jenis investasi ini salah satunya adalah kemudahan untuk mencairkannya kembali. Hal ini tentu sangat berguna ketika kamu butuh uang tunai dalam waktu cepat.

Kelemahan dari tren investasi emas yang pertama tentu saja adalah penyimpanan. Kamu perlu menyimpannya dengan sangat hati-hati agar tidak hilang. Jika perlu, sewalah safe deposit box, namun tentu saja ini tidak gratis.  Selain itu, keuntungan investasi logam mulia biasanya baru bisa dinikmati dalam jangka panjang.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Saham

Tren investasi milenial yang bisa kamu pertimbangkan selanjutnya adalah saham. Tahukah bahwa dengan membeli saham, maka kamu memiliki hak kepemilikan atas suatu perusahaan? Tentu saja besarnya tergantung dari berapa banyak saham perusahaan tersebut yang kamu miliki.

Keuntungan dari investasi saham ini yang pertama yaitu kamu akan memperoleh dividen atau laba dari perusahaan yang dibagikan. Kedua, kamu bisa mendapatkan capital gain atau keuntungan berdasarkan selisih harga saat membeli dan menjualnya kembali. Kemampuan melakukan analisa pasar sangat diperlukan dalam hal ini.

Meski cukup menggiurkan, investasi saham ini juga memiliki risiko tinggi, salah satunya adalah capital loss. Berkebalikan dengan capital gain, kondisi ini menunjukkan bahwa kamu menderita kerugian karena kamu membeli saham dengan harga lebih tinggi dibanding saat menjualnya kembali. 

  1. Reksadana

Untuk bisa berinvestasi melalui reksadana, kamu memerlukan bantuan Manajer Investasi atau MI. Pihak ini yang akan mengelola dana milikmu dengan strategi-strategi yang dimilikinya. Reksadana sendiri merupakan suatu wadah untuk mengumpulkan dana dari masyarakat untuk selanjutnya diinvestasikan dalam surat berharga.

Salah satu keuntungan dari investasi ini adalah kamu bisa memiliki beberapa investasi dalam Efek, meskipun dengan modal terbatas. Hal ini bisa terjadi karena dana yang kamu miliki akan dikumpulkan terlebih dahulu dengan milik pemodal lainnya. Selain itu, investasi ini menjadi menarik karena kamu tidak perlu secara khusus harus mempelajari sistem dan strateginya. Serahkan saja kepada Manajer Investasi dan tunggu hasilnya.

Meski terkesan mudah dan menguntungkan, namun reksadana tentu saja memiliki kelemahan. Risiko dari jenis investasi ini antara lain adalah turunnya nilai unit penyertaan. Hal ini bisa terjadi karena adanya penurunan harga dari Efek seperti misalnya saham dan obligasi.

Banyaknya tren investasi yang kini marak di masyarakat membuatmu harus semakin jeli untuk memilih dan menangkap peluangnya. Meski demikian, kamu juga wajib memikirkan investasi terbaik untuk kebutuhan dan kondisi keuanganmu. Jangan sampai kamu hanya ikut tren saja tanpa tahu kekurangan, kelebihan, dan resiko dari investasi yang kamu jalani ya! 

Penulis: Raka 29 Nov 2021 430

Penulis: Raka
01 Oct 2021
619
Penulis: Raka
07 Oct 2021
1558
Penulis: Raka
18 Oct 2021
3817