Cari Coworking Space Terbaik? Ini 6 Tips Memilih yang Tepat

Cari Coworking Space Terbaik? Ini 6 Tips Memilih yang Tepat

Sobat WE+, pernahkah kalian mendengar istilah coworking space? Coworking space atau ruang kerja bersama adalah salah satu inovasi ruang kerja baru. Dimana kita bisa bekerja dengan berbagi lokasi atau tempat kerja dengan perusahaan maupun organisasi lainnya/berbeda. Coworking space berasal dari bahasa Inggris dengan arti ruang yang digunakan untuk bekerja dan berkarya dengan bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda. 

Konsep dari coworking space sendiri adalah sharing. Dalam satu ruangan bisa terdapat beragam individu, komunitas, ataupun perusahaan, dan khususnya start-up. Biasanya juga terdapat satu ruangan terbuka yang dapat digunakan bersama serta ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas maupun perusahaan. Lalu bagaimanakah cara memilih coworking space yang tepat untuk pekerjaan kita? simak tipsnya berikut ini.

Tips Memilih Coworking Space yang Tepat

Beberapa poin di bawah ini bisa menjadi referensi atau tips bagaimana kita memilih coworking space  yang tepat, diantaranya:

  1. Tentukan Lokasi

Lokasi tentunya menjadi salah satu hal penting yang mesti kita perhatikan ketika akan memilih coworking space. Pilihlah tempat yang strategis, mudah dijangkau, atau bisa yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal. 

Selain itu, perhatikanlah pula kawasan yang berada di daerah coworking space tersebut, aman dan nyaman kah? Kondusif kah? Tidak sulit mencari makan atau kebutuhan lain? Dan berbagai pertimbangan lainnya. Hal ini penting karena sejatinya, kita mencari lokasi yang memang memudahkan kedepannya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Fasilitas 

Selain memudahkan, coworking space akan menjadi salah satu penunjang pekerjaan kita nantinya. Maka, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Misal terdapat wi-fi, loker, pantry, printer dan lain sebagainya yang akan mendukung produktivitas kamu.

  1. Lingkungan

Seperti telah sedikit dibahas sebelumnya, bahwa kenyamanan lingkungan bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi pekerjaan. Tips memilih coworking space dengan lingkungan yang tepat adalah dengan melihat desain, penerangan, kebiasaan orang-orang yang ada disana dan lain sebagainya. kemudian rasakanlah apakah kamu merasa nyaman atau tidak.

  1. Pengguna

Faktor lain yang menentukan kenyamanan coworking space adalah komunitas penggunanya. Biasanya orang yang bekerja di lokasi tersebut adalah freelancer, ataupun start up. Jika sudah merasa nyaman, kita bisa jadikan orang-orang tersebut relasi dengan membangun hubungan baik dengan mereka.

Untuk itu, penting bagi kita memilih coworking space dengan melihat jaringan bisnis yang ada disana. Sebab, komunitasnya akan berpengaruh dan menentukan kesuksesan kita di masa mendatang.

  1. Biaya Sewa

Tips memilih coworking space berikutnya adalah menyesuaikan dengan biaya yang akan dikeluarkan. Kita bisa mencari tahu lokasi dengan fasilitas penunjang yang bagus, nyaman dan dapat mendukung produktivitas kita dengan budget yang sesuai. Kita bisa melakukannya dengan perbandingan, survey ataupun riset.

  1. Pelayanan yang Ditawarkan

Tips memilih coworking space lainnya adalah dengan mempertimbangkan pelayanan yang diberikan oleh manajemen penyedia lokasi. Kita bisa mendapat informasinya dari ulasan di internet ataupun dengan datang langsung dan melihat suasana disana, pertimbangkan kebersihan tempat, pelayanan dan lihat apakah sesuai dengan yang kita harapkan?

Demikian informasi mengenai berbagai tips dalam memilih coworking space yang akan menunjang produktifitas dan pekerjaan sobat WE+. Semoga, dengan terpilihnya tempat yang mendukung dan strategis tersebut pekerjaan yang dilakukan bisa diselesaikan dengan lebih optimal dan produktivitas bisa meningkat! 

Penulis: Raka 05 Jul 2021 32