Cara Untuk Terbebas dari Hutang

Cara Untuk Terbebas dari Hutang

Hutang adalah hal yang biasa di dalam kehidupan. Namun, kebiasaan berhutang justru bisa membuat kehidupan seseorang menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, cara untuk terbebas dari hutang berikut ini penting untuk kamu ketahui. 

Masalahnya, hutang tidak akan selesai begitu saja tanpa ada langkah yang tepat sasaran. Sebab, hutang itu bisa diibaratkan seperti candu. Satu sudah tertutupi, maka timbul keinginan untuk berhutang kembali. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bebas dari hutang. 

7 Cara Untuk Terbebas dari Hutang

Perlu kamu ketahui, untuk menyelesaikan hutang-hutang tersebut butuh niat dan komitmen besar. Tanpa keduanya, maka langkah apapun yang kamu ambil tidak akan memberikan hasil. Agar tidak semakin bingung, cobalah untuk menerapkan cara-cara berikut:

1. Lakukan Pencatatan Ulang

Mulailah misi pembayaran hutang dengan melakukan pencatatan ulang pada semua hal yang berhubungan dengan keuangan. Tentu saja, pencatatan tersebut termasuk hutang maupun cicilan. 

Kelompokkan semua hal yang berhubungan dengan keuangan sesuai pos masing-masing. Misalnya, pos kebutuhan pokok, beban listrik, air dan telepon, pembayaran anak sekolah atau SPP, dan lain-lain. 

2. Tetapkan Skala Prioritas

Dari proses pencatatan, kamu akan mengetahui total hutang yang masih berjalan. Buatlah skala prioritas, agar kamu mengetahui hutang mana yang harus didahulukan atau diutamakan.

Caranya, letakkan hutang berbunga tinggi atau mendekati jatuh tempo di tingkat paling atas. Namun, bukan berarti kamu boleh mengabaikan hutang yang lain. Meski tidak terlalu besar, kamu tetap harus mencicilnya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Membuat Anggaran Khusus

Nah, sekarang kamu sudah mempunyai buku keuangan yang lengkap, maka tiba saatnya untuk menghitung anggaran. Tahap ini merupakan pondasi awal dari cara untuk terbebas dari hutang. 

Kamu harus mengevaluasi ulang semuanya, termasuk pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Selanjutnya, buatlah pos khusus untuk membayar hutang-hutangmu berdasarkan skala prioritas yang sudah disusun. 

4. Jangan Menunda Pembayaran

Jika kamu sudah komitmen untuk melunasi hutang, maka jangan pernah merusak anggaran dengan menunda pembayaran. Begitu gaji atau uang masuk ke rekening, lakukan pembayaran sesegera mungkin. 

Semakin kamu menunda, maka keinginan untuk menyalahgunakan anggaran semakin besar. Demi keamanan, anggap saja anggaran tersebut tidak ada, sehingga kamu tidak berhasrat untuk menggunakan uang tersebut.

5. Stop Menciptakan Hutang Baru

Jangan pernah berpikir untuk melunasi hutang yang sudah menumpuk dengan menciptakan hutang baru pada orang lain atau lembaga tertentu. Istilah gali lubang untuk menutup lubang mungkin cocok untuk menggambarkannya. Namun, langkah tersebut akan menjebakmu pada lingkaran yang sama. 

6. Cerdas Saat Berbelanja

Tak dimungkiri, manusia memang mempunyai banyak kebutuhan dan berbelanja pun bukanlah tindakan dosa. Selama misi ini masih berlangsung, maka berpikirlah cerdas saat berbelanja. Pintar-pintarlah untuk membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. 

7. Cari Side Job

Side job atau pekerjaan sampingan bisa menjadi cara untuk terbebas dari hutang yang patut kamu coba. Setidaknya, dengan penghasilan tambahan kamu bisa mengatur anggaran menjadi sedikit lebih longgar. Namun, jangan sampai hal tersebut malah membuat tertekan atau terpaksa, sesuaikan saja dengan hobi, passion, maupun sisa waktu. Sebab, saat jatuh sakit, kamu justru akan mengeluarkan dana yang lebih banyak lagi. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak terjebak pada kebiasaan berhutang. Mempelajari cara untuk terbebas dari hutang adalah sebuah kewajiban bagi seseorang merasa kesulitan untuk melunasi cicilan, agar tidak terjebak pada lingkaran yang sama. Dengan begitu, hidup bisa lebih tenang dan kondisi finansial bisa lebih stabil. 

Penulis: Raka 22 Dec 2021 289