7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Tanpa Perlu Banyak Duit

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Tanpa Perlu Banyak Duit

Halo Sobat WE+, Bagaimana kabar kamu? Semoga selalu sehat ya! Berbicara mengenai kesehatan, salah satu organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya adalah jantung. Menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan mengingat jantung adalah organ vital untuk tubuh kita. 

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah dan Murah

Tidak bisa dipungkiri biaya untuk perawatan dan pengobatan penderita penyakit jantung tergolong lumayan menguras kantong. Untuk itu, sebaiknya, selagi masih sehat mulai dijaga semaksimal mungkin. Jika jantung mengalami kerusakan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal, hingga menyebabkan seseorang meninggal dunia. Inilah beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang murah dan mudah:

1. Rutin Berolahraga

Cara ini paling mudah dilakukan jika terlepas dari rasa malas. Berolahraga secara rutin dapat meminimalisir resiko terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, setidaknya sempatkan berolahraga ringan seperti jalan cepat, naik turun tangga atau yoga sekitar 20 menit setiap hari agar kesehatan jantung terjaga.

2. Berhenti Merokok

Seorang perokok memiliki resiko terserang penyakit jantung koroner lebih tinggi. Selain perokok aktif, perokok pasif (orang yang berada di sekitar perokok) juga berisiko terkena penyakit tersebut karena turut menghirup asap rokok. Kandungan zat beracun yang terdapat dalam asap rokok dapat merusak pembuluh darah di dalam organ jantung. 

Sehingga jika dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Hal tersebut membuat fungsi jantung juga mengalami gangguan karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

3. Mengurangi Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Mengkonsumsi makanan mengandung lemak jenuh secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Jika hal tersebut terjadi akan berpotensi menyumbat pembuluh darah pada jantung. Makanan yang mengandung lemak jenuh yang perlu dihindari diantaranya yaitu daging merah, gorengan, kulit ayam, margarin, makanan olahan, produk susu tinggi lemak.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

4. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga tekanan darah juga merupakan cara menjaga kesehatan jantung. Terjadinya tekanan yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Jika hal tersebut terjadi pada organ-organ penting seperti pada jantung dan otak akan berakibat sangat fatal. Untuk menjaga tekanan darah selalu stabil diperlukan mengurangi asupan garam dan minuman beralkohol, selain itu juga harus rutin berolahraga agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

5. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan yang kaya serat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah untuk mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah di organ jantung. Kandungan serat biasanya terdapat di dalam buah-buahan, sayuran, gandum, kacang-kacangan, dan sereal. Setidaknya konsumsi makanan berserat sekitar 30 gram setiap harinya. 

Namun dalam mengkonsumsi makanan berserat sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan mengkonsumsi sayuran dalam jumlah banyak sekaligus karena dapat memicu perut kembung. Ketika kamu mengkonsumsi makanan berserat, selingi juga dengan minum air putih untuk melancarkan pencernaan.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Selain untuk menghindari risiko penyakit diabetes, menjaga kadar gula darah juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan tingginya kadar gula darah pada tubuh dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan organ jantung. 

Cara untuk mengurangi kadar gula dalam darah yaitu dengan mengurangi atau mengganti nasi putih sebagai makanan pokok dengan bahan makanan lain seperti nasi merah atau kentang. Selain itu, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

7. Mengkonsumsi Ikan

Di dalam ikan terkandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa pilihan jenis ikan yang baik dikonsumsi secara rutin agar terhindar dari penyakit serangan jantung adalah tuna, sarden, dan salmon. Tidak hanya itu, harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya dan rajin berolahraga.

Resiko terserang penyakit jantung dapat dialami siapa saja dan tidak memandang usia. Oleh karena itu, sebaiknya mulai saat ini terapkan cara menjaga kesehatan jantung yang sudah kamu ketahui tersebut. Agar terhindar dari risiko penyakit jantung dan memiliki tubuh yang sehat

Penulis: Raka 20 Jan 2021 169