Cara Klaim Asuransi Mobil yang Wajib Agar Tidak Ditolak

Cara Klaim Asuransi Mobil yang Wajib Agar Tidak Ditolak

Hallo Sahabat WE+, apakah kamu salah satu orang yang mendaftarkan diri mengasuransikan mobil? Jika iya, kamu harus membaca artikel ini supaya lebih mengetahui cara klaim asuransi mobil agar tidak ditolak. Pasalnya, pengajuan klaim asuransi tidak serta merta langsung diterima. Untuk itu, simak terus artikel berikut ini ya! 

5 Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Tidak Ditolak

Masih banyak orang yang bingung cara untuk klaim asuransi mobil lecet ataupun kecelakaan, tidak rumit. Seperti inilah Cara Klaim Asuransi Mobil yang Wajib Agar Tidak Ditolak

1. Jangan Menunda-nunda Melakukan Klaim Asuransi Mobil

Hal pertama yang sangat penting kamu lakukan agar klaim asuransi cepat diproses dan tidak ditolak adalah dengan tidak menunda-nunda untuk membuat laporan kepada perusahaan asuransi apabila hal buruk terjadi kepada mobilmu. 

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa perusahaan asuransi akan memberikan batas waktu pelaporan terkait peristiwa yang terjadi pada mobilmu. Untuk itu, segeralah untuk melaporkan kepada perusahaan asuransi jika terjadi kendala terhadap mobilmu. Seperti pencurian, kecelakaan, maupun terkena bencana alam lainnya.

2. Lengkapi Bukti Dokumen Terhadap Peristiwa Mobilmu

Langkah selanjutnya yang tidak bisa kamu sepelekan saat melakukan klaim untuk asuransi mobil adalah dengan menambah kelengkapan bukti-bukti mengenai peristiwa yang terjadi pada mobilmu. Karena dalam hal ini, akan menambah kepercayaan terhadap pihak perusahaan asuransi. Untuk itu, jangan lupakan sertakan bukti dokumentasi seperti foto, dan lain sebagainya.

Selain menunjukkan bukti berupa foto, kamu juga bisa menyertakan rekaman CCTV yang mendokumentasikan peristiwa pencurian mobilmu. Selain mempermudah polisi mencari tahu siapa orang yang mencuri mobilmu, rekaman CCTV juga akan mempermudah proses klaim asuransi mobil.

3. Jelaskan Kronologi Peristiwa dengan Detail

Saat terjadi masalah yang menimpa mobilmu seperti pencurian, kecelakaan, maupun lain sebagainya, tidak heran jika terkadang kita masih shock dan tidak bisa menceritakan semuanya secara keseluruhan. Namun, menjelaskan kronologi peristiwa dengan detail, bisa menjadi salah satu cara klaim asuransi mobil cepat diproses.

Untuk itu, saat ingin pergi ke perusahaan asuransi pastikan jiwamu sudah tenang terhadap masalah yang baru saja menimpa mobil mu agar kamu bisa menjelaskan sedetail-detailnya peristiwa yang kamu alami kepada pihak perusahaan. Semakin detail kamu bercerita, maka akan semakin cepat pula klaim asuransi mobilmu akan diproses.

4. Jangan Lupa Perhatikan Wilayah Pertanggungan

Cara klaim asuransi mobil selanjutnya agar tidak ditolak adalah perhatikan wilayah pertanggungan. Maksud wilayah pertanggungan di sini adalah domisili saat kita mendaftarkan asuransi dahulu.

Jika saja mobilmu mengalami kecelakaan di luar wilayah domisili, maka hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu ke perusahaan asuransi yang kamu pilih. Pengecekan ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah klaim bisa dilakukan di daerah tempat mobilmu mengalami hal buruk.

5. Sertakan Dokumen Kelengkapan Klaim Asuransi Mobilmu

Cara klaim asuransi mobil selanjutnya agar tidak ditolak dan mudah diproses adalah sertakan dokumen kelengkapan asuransi mobilmu. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak bisa disepelekan, jika tidak ingin ditolak oleh pihak perusahaan.

Sebelum memberikan dokumen asuransi mobil ke pihak perusahaan, kamu harus benar-benar mencermati dan teliti terhadap semua berkas yang kamu punya. Perhatikan juga, keaslian dokumen yang kamu bawa. Dalam hal pengajuan klaim ini, biasanya setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikan dengan perusahaan tempatmu membeli asuransi mobil. 

Itulah lima tips cara klaim asuransi mobil yang wajib kamu ketahui agar tidak ditolak. Perhatikan setiap poin di atas, agar klaim asuransi lancar dan cepat diproses. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sobat WE+! 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 79