Asuransi Kesehatan Terbaik Inilah 5 Tips Memilihnya

Asuransi Kesehatan Terbaik Inilah 5 Tips Memilihnya

Kesehatan adalah hal berharga yang harus dijaga dengan baik. Memilih asuransi kesehatan terbaik, bisa menjadi salah satu cara kamu untuk melindungi kesehatan keluarga di masa mendatang. Lalu, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga? Berikut tips lengkapnya. 

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Inilah Beberapa Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Kamu :

1. Belilah Asuransi Kesehatan Keluarga Sesuai Kebutuhan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah jangan gegabah membeli asuransi kesehatan. Pilihlah asuransi kesehatan sesuai dengan keuanganmu. Jangan memilih premi pembayaran yang terlalu tinggi, dan tidak sesuai dengan keuanganmu. Pasalnya, hal ini justru akan menjadi bumerang untuk kehidupan di masa depan.

Untuk itu, sebelum membeli asuransi kesehatan kamu harus memperhitungkan keperluanmu selam satu bulan seperti tabungan, investasi, pembayaran tagihan, maupun kebutuhan pokok lainnya. Jika semua sudah kamu rencanakan dan pertimbangkan dengan baik, pilihlah asuransi kesehatan sesuai kebutuhanmu.

2. Jangan Gegabah Menerima Tawaran Produk Cash Plan

Tips berikutnya yang menjadi pertimbangan kamu adalah jangan mudah terbujuk dengan tawaran produk cash plan yang biasanya ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi. Pada jenis asuransi cash plan ini, pemegang polis dijanjikan akan mendapatkan sejumlah dana reimburse jika sakit dan harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Besaran dana yang dikeluarkan ini tergantung kepada keputusan awal pada saat pembelian produk asuransi. Dalam hal ini, preminya bisa jauh lebih murah. Misalnya saja, saat pemegang polis sakit demam dan harus dirawat inap selama 3 hari, maka biaya pertanggungan kamar rawat inapnya Rp2 juta.

Dalam hal ini, pemegang polis cash plan akan mendapat dana reimburse sebesar Rp2 juta dikali 5 hari, berarti sebesar Rp10 juta. Namun hanya ini saja yang ditanggung. Sementara biaya rawat inap selain tagihan kamar,seperti obat-obatan, biaya dokter, spesialis, dan lainnya tidak dilihat dalam jenis asuransi cash plan.

3. Pilih Jenis Perawatan yang Dibutuhkan

Cara memilih asuransi terbaik berikutnya adalah pastikan kamu memilih jenis perawatan yang dibutuhkan . pasalnya, setiap produk asuransi kesehatan keluarga memiliki berbagai jenis perawatan mulai dari rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi, kesehatan mata, dan lain-lain. Dalam hal ini, pastikan kamu memilih fasilitas yang lengkap.

Kamu juga bisa memilih tingkatan kelas yang ditawarkan dalam asuransi kesehatan. Kamu bisa memilih antara VIP dan VVIP. Meskipun demikian, harga premi yang ditawarkan dan harus kamu bayarkan juga tentunya akan berbeda.

4. Pilih Jenis Kesehatan yang Mudah Digunakan

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan sebelum membeli asuransi kesehatan adalah pastikan memilih sesuai kebutuhan keluarga yang mudah digunakan. Kamu bisa memilih asuransi Kesehatan Keluarga dengan klaim cashless yaitu tanpa mengeluarkan uang, melainkan menggunakan kartu asuransi untuk melakukan pembayaran biaya kesehatan.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya kesehatan. Hal ini pastinya lebih praktis jika dibandingkan dengan sistem reimbursement karena kamu akan selalu mengeluarkan biaya terlebih dahulu jika rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit.

5. Cek Rumah Sakit yang Bekerjasama dengan Perusahaan Asuransi

Tips berikutnya yang sangat penting kamu lakukan adalah pastikan kamu sudah mengecek rumah sakit yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Pastikan jika banyaknya premi yang sudah kamu keluarkan tiap bulannya mendapatkan fasilitas di RS yang memang terjamin dan kredibel. Dengan begitu kamu dan keluarga bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik.

Itulah lima tips memilih asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu terapkan. Mengingat betapa berharganya kesehatan, maka jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga ya. Jangan lupa juga untuk mulai mempertimbangkan untuk mendaftarkan keluarga pada asuransi kesehatan ya! 

 

Penulis: Raka 15 Oct 2020 19