Falling in Love with Things We Cant Have

Falling in Love with Things We Cant Have

Sudah berencana membeli ini itu, tapi gaji yang didamba sudah habis entah ke mana. Sedihnya :( Ikuti 4 tips berikut agar kamu bisa cepat memiliki barang impianmu!

1. Amankan gaji dengan 50/30/20

Kamu bisa menyusun rencana keuangan mulai dari pembagian gaji dengan metode 50/30/20. Artinya, 50% dari gaji digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30% digunakan untuk dana hiburan, dan 20% digunakan untuk tabungan/investasi. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki rekening bank khusus menabung. Usahakan juga untuk tidak memakai uang pada rekening tersebut ya.

2. Gunakan fitur Auto Debet

Apa sih fitur Auto Debet? Fitur Auto Debet adalah pengurangan saldo secara otomatis yang sudah direncanakan oleh pemilik rekening. Umumnya, digunakan untuk membayar tagihan seperti tagihan listrik, kartu kredit, dsb secara otomatis. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk menabung berkala. Kamu hanya perlu membuka 2 rekening, di mana rekening pertama merupakan rekening utama dan rekening kedua merupakan rekening tabungan. Jika kamu menggunakan fitur Auto Debet, maka, pihak bank akan otomatis mentransfer sejumlah uang yang ditentukan dari rekening utama ke rekening kedua secara berkala. Kegiatan menabung akan lebih praktis dengan bantuan fitur ini.

3. Jangan terlalu boros, kurangi pengeluaran

Ingat! Kamu sedang dalam tahap menabung untuk membeli sesuatu. Semakin banyak pengeluaran, maka semakin lama uang tabungan yang terkumpul :( Kamu bisa meminimalisir pengeluaran dengan mulai mengurangi pembelian jajan rokok atau es kopi favoritmu, memanfaatkan fasilitas kantor, membawa bekal, menggunakan kupon, dan bepergian menggunakan transportasi alternatif yang lebih murah. Selalu bandingkan harga sebelum belanja dan jangan langsung tergiur dengan diskon. Lihat sekali lagi list prioritas barang kebutuhanmu. Belilah barang yang memang kamu butuhkan, bukan yang kamu mau. Selain mengurangi pengeluaran, kamu juga bisa mencoba menambah pemasukan dengan membuka jasa titip, berjualan pulsa, atau mengisi survey online.

4. Buat catatan keuangan

Buatlah sebuah catatan keuangan dimana kamu bisa melihat pengeluaran dan pemasukanmu setiap bulannya. Dengan catatan keuangan, kita dapat memantau aktivitas keuangan, melihat apa saja yang sudah dibeli, dan jumlah uang yang kita keluarkan. Cara ini efektif dalam meminimalisir pengeluaran sehingga target tabungan lebih cepat tercapai.

Selamat mencoba dan semoga cepat dipersatukan dengan barang impiannya ya :)

Penulis: Raka 11 Sep 2020 71

Penulis: Raka
03 Sep 2020
246
Penulis: Raka
11 Sep 2020
96