Apakah Bisa Menjadi Kaya Secara "Instant"?

Apakah Bisa Menjadi Kaya Secara "Instant"?

Pertanyaan "apakah bisa menjadi kaya secara instant?" mungkin pernah terlintas di pikiran Sobat We+. Memangnya siapa sih yang tidak ingin kaya secara instan? Tentu saja semua orang menginginkannya. Namun perlu diingat, bahkan mie instan pun harus melalui proses memasak dulu sebelum dapat dikonsumsi. Yang itu artinya, kalau mau jadi kaya ya harus bekerja dan berusaha keras. 

Meski begitu, tak sedikit yang memilih cara ilegal demi mendapatkan kekayaan secara instan. Memang benar kamu akan mendapatkan banyak uang dalam waktu singkat, akan tetapi konsekuensi yang ditanggung juga besar dan dapat mengancam masa depanmu. 

Cara untuk Menjadi Kaya 

Biasanya kekayaan yang didapat secara instan juga tidak akan bertahan lama, mengingat cara mendapatkannya yang salah sehingga uang tersebut menjadi "uang panas". Nah, supaya kekayaan yang kamu dapat bisa bermanfaat hingga usiamu tak lagi muda, mulailah mengusahakannya dari sekarang dengan tips-tips berikut:

  1. Menerapkan Pola Menabung yang Benar 

Salah satu tips cepat kaya ialah dengan rajin menabung. Seringkali seseorang salah kaprah dalam menabung yang justru berakhir gagal akibat pola yang salah. Terutama bila masih menerapkan pola "menabung dari sisa uang", maka akan sulit bagi kamu untuk mencapai target dan malah membuat malas menabung. 

Mulai sekarang, ubahlah pola pikir kalau menabung harus dari sisa uang, menjadi "tabunglah sebagian uang yang didapatkan". Maksudnya, di saat kamu gajian, langsung alokasikan beberapa persen ke tabungan. Sisa uang yang ada, barulah dipakai untuk belanja kebutuhan dan lain-lain. Dengan menerapkan pola ini, kamu dapat lebih konsisten menabung dengan nominal yang sama sehingga target bisa tercapai lebih cepat. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Menggandakan Penghasilan

Bila ingin cepat kaya, kamu harus berusaha keras untuk mencari tambahan penghasilan. Hanya mengandalkan dari gaji bulanan dapat memakan waktu lama untukmu menjadi cepat kaya. Maka carilah cara supaya penghasilanmu dalam sebulan menjadi 2x lipat seperti melalui pemasukan pasif, maupun freelance. 

Contoh dari pemasukan pasif seperti dari aset, misal kamu menyewakan rumah sebagai kos-kosan dengan pola pembayaran bulanan. Bisa juga dengan membuka usaha kecil-kecilan sebagai pemasukan harian. Atau bila kamu memiliki waktu senggang selain di kantor, kamu dapat memanfaatkannya untuk bekerja freelance dengan mengandalkan skill yang dimiliki.  Semakin banyak penghasilan yang didapat setiap bulannya, maka akan semakin banyak pula uang yang kamu tabungkan. 

  1. Berinvestasi 

Selain menabung, berinvestasi juga bisa membuatmu kaya dengan cepat. Konsep menabung hanya mengumpulkan uang dengan tujuan tertentu di masa depan. Lain dengan konsep investasi yang berfungsi untuk menjaga nilai uang dan memberimu keuntungan dari kenaikan harga produk investasi. 

Investasi ada banyak macamnya. Kamu perlu mempelajarinya satu persatu supaya hasil yang didapat sesuai dengan keinginan. Sebagai pemula, ada baiknya kamu jangan terburu-buru berinvestasi dalam jumlah besar ke produk investasi yang high risk karena tergiur return yang besar. Lakukan secara bertahap sambil belajar. Mulailah dari instrumen keuangan yang low risk low return, kemudian secara bertahap investasikan sebagian dana kamu ke instrumen dengan risiko tinggi. Hasil dari investasi bisa kamu rasakan dalam jangka panjang. 

  1. Bijak dalam Berhutang 

Utang dapat menjadi batu sandungan bagi kamu yang ingin cepat kaya. Terutama bila utang tersebut dipergunakan untuk kebutuhan konsumtif, seperti membeli smartphone baru saat smartphone lama masih bisa digunakan. Kalaupun memang ingin berhutang, pastikan itu untuk kebutuhan yang sangat mendesak dan produktif. Seperti untuk membuka usaha baru. 

Kredit juga termasuk dalam kategori utang. Bila ingin cepat kaya, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit atau melakukan kredit untuk hal-hal yang tidak penting. Sebaiknya mulailah menabung dan berinvestasi supaya yang diinginkan dapat terwujud tanpa harus berhutang. 

Jadi jawaban dari "apakah bisa menjadi kaya secara instan?" Jawabannya adalah tidak bisa. Menjadi kaya membutuhkan waktu. Dan kamulah yang menentukan cepat atau tidaknya menjadi kaya raya. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Raka 23 Sep 2022 35

Penulis: Raka
29 Aug 2020
1275
Penulis: Raka
10 Sep 2021
973