Apa Itu Kebebasan Finansial?

Apa Itu Kebebasan Finansial?

Sobat WE+, pernahkah kamu mendengar tentang kebebasan finansial? Ini adalah salah satu tujuan para generasi milenial terutama bagi yang sudah melek masalah keuangan. Tanpa adanya kesadaran dalam perihal keuangan tentu kebebasan finansial ini tidak akan bisa dicapai. Lalu sebenarnya, apa itu kebebasan finansial? Mari simak penjelasan singkatnya di sini.

Mengenal Apa Itu Kebebasan Finansial

Mengenai apa itu kebebasan finansial tentunya hal ini perlu persiapan yang matang. Kebebasan finansial ini sendiri merupakan salah satu kondisi dimana seseorang tidak lagi bergantung pada orang lain atau orang tua untuk urusan keuangan. Para generasi milenial ingin segera memiliki penghasilan sendiri dan itulah inti dari kebebasan finansial. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan apa itu kebebasan finansial sesungguhnya.

Kebebasan finansial adalah salah satu hal yang dinilai atau dianggap sebagai hal yang bersifat subjektif. Hal ini karena tidak ada pakar atau pendapat ahli yang dengan jelas menerangkan istilah kebebasan finansial tersebut. Oleh karena itu dalam prakteknya, kebebasan finansial ini yang bisa mengukur mampu atau tidaknya adalah individu masing-masing. Kebebasan finansial tidak terbatas atau tidak ada patokannya, setiap orang bisa mencapai kebebasan finansial menurut versinya masing-masing. 

Apa itu kebebasan finansial masih sering menjadi pertanyaan dimana sebetulnya kebebasan finansial tersebut merupakan kondisi seseorang yang sudah memiliki pondasi keuangan sendiri seperti tabungan atau penghasilan. Jadi dari situ seseorang bisa bebas untuk terus berkarya atau pensiun tanpa pusing memikirkan gaji yang harus didapatkan setiap bulannya. Sebab dalam kebebasan finansial bentuk yang paling umum adalah investasi.

Cara Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial

Setelah mengetahui sekilas tentang arti dari kebebasan finansial tentu timbul pertanyaan baru yaitu bagaimana caranya seseorang bisa mencapai kondisi tersebut. Ada beberapa cara atau strategi yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Belajar Mengelola Keuangan

Bagi generasi milenial yang belum memiliki penghasilan sendiri bisa mulai belajar mengelola keuangan dengan cara menabung dari uang saku yang didapat dari orang tua. Bagi yang sudah memiliki penghasilan sendiri harus mulai membuat rencana keuangan agar bisa mengelola keuangan dengan baik. Jika tidak mengelola keuangan dengan baik nantinya akan bingung kemana saja larinya penghasilan yang didapatkan selama bekerja satu bulan penuh. 

  1. Memperbaiki Kebiasaan Buruk 

Jika sudah mulai belajar untuk mengelola keuangan biasanya akan terlihat kesalahan apa saja yang selama ini dilakukan dan kebiasaan buruk apa saja di masa lalu yang perlu dibuang dan diubah. Misalnya penggunaan kartu kredit yang berlebihan atau meminjam uang dari pihak yang tidak seharusnya. Hal-hal seperti itu harus diperbaiki dan dihilangkan. 

Cara memperbaiki kesalahan dan kebiasan buruk di masa lalu tersebut adalah dengan melunasi hutang yang ada dan terbebas dari segala pinjaman. Ini mungkin tidak bisa instan tapi harus dilakukan sebagai langkah awal mencapai kebebasan finansial.

  1. Pemilihan Karier

Dalam mencapai kebebasan finansial yang paling utama adalah penghasilan. Oleh karena itu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan itu sangat penting. Saat mencari pekerjaan coba pikirkan gambaran diri sendiri 10 tahun mendatang, lalu pertimbangkan juga apakah pekerjaan yang diminati berpotensi menghasilkan uang yang cukup untuk mencapai tujuan tersebut. 

  1. Memiliki Tabungan Jangka Pendek

Tabungan jangka pendek bisa menjadi dana darurat dan tidak akan mengganggu dana untuk kebutuhan sehari-hari. Hidup jadi lebih tenang dan pencapaian kebebasan finansial jadi lebih besar persentasenya.

  1. Mulai untuk Berinvestasi

Hal ini juga penting dalam mencapai kebebasan finansial.. Investasi adalah tabungan jangka panjang bisa menjamin masa depan jadi lebih aman. Kebebasan finansial pun jauh lebih mudah tercapai jika sudah berinvestasi sejak dini.

Itu dia sedikit ulasan tentang apa itu kebebasan finansial. Pilihan untuk mencapainya atau tidak semua tergantung dari pribadi masing-masing. Tentunya untuk yang ingin mencapainya perlu mempersiapkan diri dengan matang dan harus memiliki prinsip serta niat yang kuat ya Sobat WE+. 

Penulis: Raka 02 Sep 2021 31