Ampuh Banget, Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk Wajib Dicoba

Ampuh Banget, Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk Wajib Dicoba

Di dunia ini terdapat beberapa tanaman yang memang memiliki kemampuan untuk mengusir  nyamuk loh. Umumnya tanaman pengusir nyamuk ini memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk, tapi bukan berarti tanaman ini beraroma busuk. Bahkan ada yang memiliki aroma yang enak loh sobat WE+.

Menariknya lagi, jenis tanaman tersebut dapat dibudidayakan atau ditanam di halaman rumah ataupun di pot. kamu bisa juga lho menjadikan tanaman tersebut sebagai tanaman hias di rumah. Jika ingin mengaplikasikannya pada kulit, kamu harus mengambil salah satu bagian tanaman tinggal digosok atau diambil sarinya. 

7 Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Ada di Rumah

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu jadikan pilihan. Namun, harus kamu ketahui bahwa tanaman ini hanya mampu membuat nyamuk tidak mendekat saja, bukan sebagai pembunuh nyamuk. Tak ada salahnya jika kamu mencoba menanamnya:

1. Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman yang sering dijadikan bahan baku untuk lotion nyamuk. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki aroma yang segar dengan bunga yang sangat wangi. Lavender memiliki kandungan zat lynalyl dan zat linalool yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini juga termasuk jenis yang mudah ditanam di pot atau di halaman rumah.

2. Serai Wangi

Memiliki nama latin Cymbopogon Nardus, serai wangi dapat dimanfaatkan ekstrak minyaknya untuk dioleskan ke kulit untuk mengusir nyamuk. Untuk mendapatkan minyak serai bisa didapat dengan teknik penyulingan. Tingkat ketahanan tanaman pengusir nyamuk ini diperkirakan dapat bertahan hingga 2 jam. Jadi, kamu harus mengoleskannya ke kulit setiap 2 jam sekali.

3. Bunga Geranium

Bunga geranium memiliki kandungan zat sitronelal dan geraniol yang ampuh sebagai obat pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki warna bunga yang menarik untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bisa ditanam di dalam pot yang digantung atau ditanam dihalaman rumah saja.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

4. Pennyroyal

Perlu kamu ketahui bahwa jenis tanaman hias ini dapat difungsikan pula sebagai pengusir nyamuk. Pennyroyal dapat ditanam di area pekarangan rumah sebagai pencegah agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah. Lingkungan sekitar rumah juga akan lebih bersih karena terhindar dari serangan serangga.

5. Peppermint

Jika kebetulan rumahmu berada di area dataran tinggi, maka tanaman dengan nama peppermint ini dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk paling efektif. Tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Untuk mengaplikasikannya, cukup tumbuk daunnya dan balurkan ke kulit untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigitan nyamuk.

6. Bunga Krisan

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga krisan yang memiliki bunga warna putih dan merah. Aroma wangi dari bunga krisan yang sangat disukai manusia, justru tidak disukai nyamuk. Bahkan bunga krisan tidak hanya digunakan sebagai pengusir nyamuk saja, jika dikeringkan dapat digunakan sebagai teh herbal untuk kesehatan.

7. Bunga Rosemary

Bunga cantik dengan warna khas ungu ini juga menjadi salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Aroma bunga ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini termasuk jenis yang mudah ditanam dan dirawat sekaligus hargaya murah meriah.

Karena harganya yang murah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai tanaman hias. Apalagi dengan warna bunga yang cantik pastinya akan membuat rumah terlihat cantik . Bebas pula dari serangan nyamuk.

Nah, itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat ditanam sendiri di rumah. Tanaman di atas juga telah sering dijadikan sebagai bahan lotion nyamuk yang terkenal. Kini, kamu pun bisa memanfaatkan kelebihan tanaman tersebut untuk menghindarkan rumah dari serangan nyamuk.

Penulis: Raka 03 Dec 2020 170