Aman dan Tidak Rugi, Berikut 5 Manfaat Asuransi Terpenting!

Aman dan Tidak Rugi, Berikut 5 Manfaat Asuransi Terpenting!

Ada banyak cara untuk melindungi keluarga, salah satunya yaitu dengan mengikutsertakan ke dalam asuransi. Mengingat manfaat asuransi yang cukup banyak, maka keberadaannya sudah seperti sebuah keharusan, terutama bagi kepala keluarga. Sebab, tidak ada satupun manusia yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.

Sayang, kesadaran masyarakat di Indonesia tentang asuransi masih sangat rendah. Bahkan, tak jarang pemegang polis sendiri pun masih kurang begitu paham dengan manfaat yang dapat diperoleh. Biasanya, mereka hanya tergiur dengan penawaran yang disampaikan oleh pihak sales marketing, tetapi tidak memperhatikan ketentuan yang berlaku. 

Sederet Manfaat Asuransi yang Dapat Dirasakan

Tak dipungkiri, masih banyak nasabah pemegang polis Asuransi masih belum memahami apa saja manfaat yang dimiliki. Oleh karena itu, sangat penting memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, sebelum memutuskan untuk bekerja sama. Berikut adalah beberapa manfaat asuransi yang dapat diperoleh:

1. Melindungi Aset

Manfaat utama asuransi adalah untuk melindungi aset berharga yang dimiliki, baik rumah, kendaraan, perusahaan, maupun jiwa/kesehatan. Setiap orang tentu tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, tindak pencurian, maupun terdampak musibah bencana alam. 

Namun, kemungkinan kejadian-kejadian seperti di atas akan selalu ada, di mana pun berada. Tak jarang, peristiwa tersebut menimbulkan kerugian yang cukup besar, baik finansial maupun material. Jika memiliki asuransi, maka Sobat WE+ dapat mengalihkan kerugian dengan cara mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. 

2. Membantu Pengaturan Keuangan

Manfaat asuransi yang kedua adalah membantu untuk mengatur keuangan. Bukan rahasia lagi, jika ternyata masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menggabung atau memberi pos dana tak terduga. Saat mengalami kejadian di luar kendali, mereka mengalami kesulitan, sehingga tak jarang berhutang.

Sudah jatuh tertimpa tangga, sudah merugi masih harus terlilit utang. Hindari kejadian seperti ini dengan mengikuti asuransi sesuai kebutuhan. Sebab, asuransi mengharuskan seseorang untuk membayar premi setiap bulan. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan dan besaran premi sesuai dengan kemampuan finansial.

3. Melindungi Risiko Kebangkrutan

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa jenis asuransi cukup banyak, salah satunya yaitu asuransi perusahaan. Asuransi ini patut diperhatikan, terutama bagi pengusaha yang sedang mulai merintis bisnis. Sebab, dalam perjalanan bisnis pasti akan mengalami yang namanya fluktuasi atau naik-turun pendapatan. 

Tak jarang, hal ini membuat perusahaan mengalami kerugian dan terancam gulung tikar jika tidak memiliki penopang. Dengan memberikan jaminan khusus kepada perusahaan, maka risiko kebangkrutan tersebut dapat ditekan. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali agar dapat merasakan manfaat asuransi secara nyata. 

4. Sebagai Sarana Investasi

Selain memberikan perlindungan terhadap aset berharga, asuransi juga dapat berperan sebagai sarana investasi. Sebab, premi yang diangsur oleh para nasabah akan dikembangkan lagi oleh pihak perusahaan. Tidak sedikit asuransi yang menerapkan masa jatuh tempo, sehingga dana dapat ditarik nasabah jika belum pernah melakukan klaim.

Coba hitung, jika masa jatuh tempo berlangsung selama 8 tahun, berapa banyak dana yang akan didapatkan oleh pemegang polis? Tentunya sangat lumayan untuk dijadikan modal usaha ataupun menambah aset berharga. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih perusahaan asuransi yang menguntungkan kedua belah pihak.

5. Hidup dengan Tenang dan Damai

Saat ada pihak yang selalu siap siaga dalam keadaan sulit, maka hati pun akan merasa tenang dan damai. Sebab, tidak perlu lagi merasa was-was seandainya terjadi sesuatu yang diluar keinginan manusia. Misal, seorang suami yang tiba-tiba meninggal, maka keluarga tidak akan terlantar. 

Selain perlindungan dan jaminan, asuransi akan memberikan rasa aman dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan asuransi yang resmi, agar dapat merasakan manfaat asuransi secara optimal. Semoga bermanfaat dan tidak perlu lagi merasa ragu untuk mendaftarkan diri pada asuransi ya Sobat WE+! 

Penulis: Raka 04 Nov 2020 56