4 Cara Memilih Asuransi Terpercaya dan Aman untuk Pemula

4 Cara Memilih Asuransi Terpercaya dan Aman untuk Pemula

Hai Sobat We+, seperti yang kita tahu, asuransi merupakan satu hal yang penting untuk dimiliki. Ketika kita memiliki asuransi, maka resiko mengenai suatu hal seperti kesehatan atau sebagainya, bisa mendapatkan cover atau perlindungan. Meskipun asuransi tidak dapat menghentikan risiko yang kemungkinan menimpa Sobat We+ maupun keluarga serta aset kamu, akan tetapi setidaknya dengan memiliki asuransi maka dampak kerugian yang ditimbulkan dari suatu risiko dapat dikurangi. 

Kiat Memilih Asuransi yang Aman dan Terpercaya Bagi Pemula

Dengan peran penting asuransi tersebut, penting halnya bagi kamu untuk memilih perusahaan dan produk asuransi yang aman dan tepat. Untuk itu, simak penjelasan mengenai cara memilih asuransi yang aman dan terpercaya bagi pemula berikut ini.

1. Pilih Perusahaan Asuransi yang Sudah Berdiri Lama

Sebagai pemula yang ingin mencoba menggunakan produk asuransi, sebaiknya kamu harus lihat dulu bagaimana perusahaannya. Mengingat asuransi merupakan produk jaminan untuk masa depan yang tidak bisa dinikmati sekarang, maka perusahaan asuransi yang dipilih juga harus perusahaan yang masih bisa berdiri kuat sampai puluhan tahun di masa mendatang. 

Sehingga alangkah baiknya memilih perusahaan asuransi yang memang sudah berdiri sejak lama. Mengapa demikian? Hal ini membuktikan bahwa perusahan asuransi yang sudah lama berdiri sejak puluhan tahun yang lalu telah memiliki pengalaman yang panjang, jaringan yang luas, fondasi yang teguh, pengetahuan yang dalam serta keterampilan yang terasah. Sehingga kemungkinan perusahaan bangkrut semakin kecil.

2. Melihat Tingkat Rasio RBC

Disaat memilih perusahaan asuransi, kamu harus benar-benar melihat performa perusahaannya. salah satunya dilihat dari tingkat rasio Risk Based Capital (RBC). RBC sendiri merupakan suatu tolak ukur untuk melihat sehat tidaknya suatu perusahaan asuransi. Apabila tingkat RBC semakin tinggi, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan asuransi tersebut semakin sehat dan aman. 

Misal seseorang memiliki hutang sebesar 1 miliar namun ia memiliki aset sebesar 2 milyar, maka rasio RBC orang tersebut adalah 200%, karena total asetnya bernilai 2 kali lipat dari total hutangnya. Dengan tingginya RBC rasio, maka menandakan bahwa kondisi keuangan orang tersebut tetap sehat.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Untuk rasio RBC minimal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia bagi perusahaan asuransi adalah 120%. Semakin tinggi rasionya, maka akan semakin aman dan terpercaya juga perusahaan asuransi tersebut.

3. Melihat Tingkat Rasio Likuiditas

Selain melihat RBC rasio, kamu juga harus melihat tingkat rasio likuiditas dari perusahaan asuransi yang akan kamu gunakan. Rasio likuiditas merupakan suatu tolak ukur yang dipakai untuk menilai seberapa mampu sebuah perusahaan asuransi dalam membayar utang jangka pendeknya. 

Sama seperti RBC ratio, semakin tinggi rasio likuiditas sebuah perusahaan asuransi, maka akan semakin aman juga perusahaan tersebut. Semisal sebuah perusahaan asuransi memiliki rasio likuiditas 200%, maka itu artinya perusahaan tersebut memiliki jumlah aset sebanyak 2 kali lipat dibanding dengan jumlah hutangnya.

4. Pelayanan Customer Service yang Responsif

Sebagai orang yang masih awam dalam investasi asuransi, pelayanan CS dari suatu perusahaan asuransi yang cepat, responsive, mau membantu serta dapat memberikan solusi tentu akan sangat menjamin kepercayaan nasabah. Customer Service dari perusahaan asuransi lini terdepan adalah agen asuransi, staff back office, serta staff call center asuransi. 

Kamu bisa melihat kinerja dari para CS perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk menggunakan layanannya. Kalau di awal saja CS nya sudah membuat kesal, sudah pasti kamu tidak akan mungkin berpikir untuk membeli produknya. Lain halnya jika CS nya benar-benar profesional dan dapat melayani nasabah dengan baik, maka kepercayaan kamu pada perusahaan asuransi tersebut juga sudah pasti meningkat. 

Itulah keempat cara memilih asuransi yang aman dan terpercaya bagi pemula. Selain 4 cara di atas, kamu juga harus melihat apakah perusahaan tersebut telah resmi terdaftar di bawah pengawasan OJK. Biar bagaimanapun asuransi merupakan investasi jangka panjang yang tidak bisa sembarangan memilih.

Penulis: Raka 22 Jan 2021 41