5 Tips Memilih Asuransi untuk Orang Tua yang Tepat

5 Tips Memilih Asuransi untuk Orang Tua yang Tepat

Pada dasarnya asuransi ada karena kebutuhan rasa aman dan nyaman dari kondisi yang di luar kendali. Termasuk, kondisi yang mungkin saja terjadi pada orang tua. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak penyedia jasa asuransi, menyediakan produk asuransi untuk orang tua. Asuransi ini bertujuan untuk mengcover semua kebutuhan kesehatan, khususnya untuk orang tua.

Dengan terjaminnya kebutuhan kesehatan orang tua dimasa mendatang, tentu hal ini dapat memberikan rasa tenang dan aman baik untuk anak maupun orang tua itu sendiri. Maka dari itu, jenis asuransi ini sangat disarankan untuk dimiliki. 

Tips Penting Memilih Asuransi Untuk Orang Tua

Penyedia jasa asuransi memang ada banyak, mulai dari premi terendah hingga premi tertinggi. Demikian juga fasilitas dan layanan yang diberikan, juga sangat beragam. Diantara banyaknya penyedia asuransi tersebut, agar tidak salah pilih  sebaiknya simak ulasan berikut ini. 

1. Pilih Jenis Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak macam asuransi untuk orang tua, misalnya untuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau lainnya. Untuk itu, kenali dulu kebutuhan seperti apa, sehingga tepat guna dan bisa memberikan rasa aman serta nyaman bagi anak maupun orang tua.

2. Pilih Jenis Asuransi yang Memiliki Rentang Waktu Paling Lama 

Biasanya pada beberapa jenis asuransi untuk orang tua, akan dikenakan masa pakai. Sehingga, di luar masanya sudah tidak diberikan perlindungan lagi. Untuk itu, pilihlah jenis asuransi yang paling lama masa perlindungannya. Ini berguna untuk memberikan ketentraman dalam jangka panjang dan tidak sulit mencari asuransi lain. Mengingat, banyak perusahaan asuransi membatasi usia kepesertaan. Rata-rata, ada di rentang angka 60 tahun untuk memulai ambil polis.

3. Pilih Jenis Asuransi yang Bisa Digunakan untuk Keperluan Mendesak dan Mendadak 

Langkah selanjutnya dalam memilih asuransi orang tua adalah pemilihan asuransi saat keadaan mendesak. Hal ini berguna karena meski dana tunai tidak ada, orang tua masih bisa menikmati pelayanan terbaik. Misalnya saja untuk asuransi kesehatan, meski sedang tidak memegang uang masih bisa menikmati pelayanan kesehatan tanpa harus mengucurkan dana dahulu.

4. Pilih Asuransi dengan Kredibilitas Bagus dan Memiliki Agen Asuransi yang Friendly

Tips berikutnya adalah cari tahu jenis perusahaan asuransi yang hendak dipilih. Bandingkan profil satu sama lain, termasuk jumlah premi yang dibayarkan, jenis layanan yang diberikan hingga sistem klaim dan kondisi terburuk lainnya. Ini berguna agar ketika sudah membeli polis, tidak kecewa atau merasa dirugikan. 

Jika sudah mendapat yang cocok, maka pilihlah agen yang tepat. Jangan ragu untuk meminta saran dari teman atau perusahaan itu sendiri mengenai rekomendasi agen yang bisa dipakai. Mengingat, ada banyak oknum agen asuransi yang bermain nakal. Jika hal ini tidak diantisipasi, maka kekecewaan mungkin bisa terjadi.

5. Siapkan Anggaran Dana Tersendiri

Langkah terakhir adalah selalu menyiapkan dana tersendiri. Jangan pernah memaksakan asuransi dari sisihan kebutuhan utama. Gunakan dana sisa atau alokasi khusus untuk asuransi. Ini berguna untuk kelangsungan pembayaran premi sehingga tidak merugikan kedua belah pihak. 

Demikian lima tips mengenai memilih asuransi untuk orang tua yang bisa dicatat sebelum membeli polis. Jangan lupa, untuk berdiskusi lebih mendalam dengan agen, dan jangan ragu untuk membaca buku petunjuk polis agar tidak merasa dirugikan kemudian hari. Meski terlihat mudah, lima tips di atas perlu dipertimbangkan dengan matang agar bisa memilih asuransi terbaik untuk orang tua. 

 

Penulis: Raka 16 Oct 2020 24

Penulis: Raka
11 Sep 2020
20
Penulis: Raka
11 Sep 2020
21
Penulis: Raka
10 Nov 909
24