5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Kesehatan adalah hal berharga yang harus dijaga. Salah satu bentuk upaya untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan. Diantara banyaknya perusahaan asuransi kesehatan, kita tidak bisa memilikinya dengan sembarangan. Nah, inilah beberapa tips memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik yang bisa kamu coba.  

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

1. Menawarkan Manfaat Rawat Inap yang Optimal

Tips pertama yang harus kamu perhatikan untuk memilih asuransi kesehatan keluarga adalah perhatikan dengan cermat manfaat rawat inap yang ditawarkan. Pasalnya, rawat inap merupakan salah satu fasilitas yang membutuhkan biaya besar. Untuk itu, jangan sampai kamu gegabah ketika memilih jenis asuransi kesehatan.

Manfaat rawat inap yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah biaya dokter, biaya pengobatan, pengecekan laboratorium, dan lain sebagainya. Semakin banyak manfaat rawat inap yang ditanggung, maka akan semakin bagus pula asuransi kesehatan yang ditawarkan tersebut. 

2. Melindungi Berbagai Penyakit

Asuransi kesehatan keluarga yang terbaik, pastinya akan memberikan berbagai perlindungan atas penyakit, terutama penyakit yang bisa menimbulkan pandemi. Contoh kecilnya adalah covid-19 yang saat ini telah beredar luar. Untuk itu, ada saatnya untuk mempertimbangkan asuransi yang memberikan perlindungan terhadap covid-19.

Dalam hal ini, hal yang harus kamu cari saat ingin mendaftar asuransi kesehatan keluarga adalah melihat jenis penyakit yang masuk dalam daftar tanggungan. Semakin banyak risiko penyakit yang dilindungi, maka akan semakin baik pula asuransi kesehatan tersebut. 

3. Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Tips berikutnya untuk memilih asuransi kesehatan terbaik adalah memilih perusahaan asuransi yang telah bekerja sama dengan banyak RS. Karena, banyaknya RS yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang kamu daftar, akan mempermudah dirimu ketika ingin sekedar berobat maupun melakukan rawat inap. Jangan sampai kamu gegabah dengan perusahaan asuransi yang menawarkan melindungi banyak penyakit, namun jenis asuransi tersebut dibatasi pada RS tertentu.

4. Fleksibel dalam Penentuan Premi

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah memperhatikan besarnya premi yang menjadi biaya pertanggungan setiap bulannya. Jika memungkinkan, pilihlah perusahaan asuransi yang mengizinkan nasabah mengubah manfaat serta biaya premi sesuai dengan kebutuhan. Dengan pilihan ini, kamu bisa menyesuaikan dengan berbagai planning di masa depan.

Ketika kamu ingin melakukan upgrade atau downgrade, kamu masih bisa melakukannya dengan polis yang sama. Hal ini pastinya lebih praktis, karena nasabah tidak perlu susah payah mencari asuransi kesehatan lain yang sesuai dengan kebutuhannya untuk memulai proses pendaftaran dari awal lagi.

5. Pastikan Bahwa Proses Klaim Mudah

Tips memilih asuransi keluarga terbaik selanjutnya selain keempat poin di atas adalah, pastikan jika perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki proses klaim yang mudah, dan merealisasikan janji-janji perlindungan kepada nasabah sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan waktu awal.

Proses klaim yang mudah tentunya akan membuat nasabah merasakan manfaat secara nyata dari asuransi yang selama ini ditanggungnya. Untuk itu, kamu bisa mencari berbagai informasi mengenai perusahaan asuransi yang ingin kamu daftarkan diri. 

Dan yang paling penting lagi adalah, pastikan perusahaan asuransi kesehatan keluarga yang kamu percaya memungkinkan pemegang polis untuk mengunduh formulir klaim dan mengunggahnya secara online. Tentunya hal ini akan mempermudah pemegang polis, melihat semuanya sudah canggih dan menggunakan teknologi. 

Itulah lima tips memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai gegabah dan mudah terbujuk dengan iklan yang bertebaran di sosial media. Di tengah pandemi seperti ini, kesehatan keluarga adalah hal yang lebih penting dari segalanya. Untuk itu, jangan ragu untuk mendaftarkan asuransi kesehatan untuk keluarga kamu ya! 

Penulis: Raka 20 Oct 2020 85

Penulis: Raka
11 Sep 2020
102
Penulis: Raka
11 Sep 2020
100
Penulis: Raka
10 Nov 909
130