Pengeluaran Sepele Yang Malah Bikin Keuangan Kita Bocor Halus

Pengeluaran Sepele Yang Malah Bikin Keuangan Kita Bocor Halus

Keuangan bocor halus bisa diartikan sebagai pengeluaran sepele yang cenderung berjumlah sedikit namun dikeluarkan secara berulang. Analogi bocor halus dalam hal ini sangat sesuai sebab tanpa disadari membuat ban kempes alias kantong kering. Nah, sebenarnya apa saja pengeluaran sepele yang malah bikin keuangan kita bocor halus? Simak penjelasan berikut, siapa tahu termasuk pengeluaran kamu juga nih sobat WE+. 

Pengeluaran Sepele yang Harus Diwaspadai 

  1. Kebiasaan Ngopi Di Coffee Shop

Pada era ini, coffee shop semakin menjamur. Hal itu memang merupakan peluang bagi coffee shop sebab kebiasaan ngopi anak muda yang semakin meningkat. Ngopi di coffee shop bukan lagi kebutuhan, namun sudah menjadi gaya hidup. Padahal, jika kamu pecinta kopi sejati, kamu dapat menghemat biaya ngopi dengan menyeduhnya sendiri di rumah.

Belum lagi camilan yang ada di coffee shop. Bukan tidak mungkin lagi kamu tergoda menikmati camilan yang ada di sana sebagai sandingan kopi. Nah, bocornya halus bukan? 

  1. Food Delivery dan Ongkir Online Shop

Kendati di rumah saja, kamu pasti tidak memungkiri bahwa bisa jajan di luar tanpa kamu berangkat sendiri. Yap! Kamu memanfaatkan delivery order yang tentu ada biaya kirimnya dan biaya makanan atau minumannya lebih mahal ketimbang kamu bernagkat membelinya sendiri. Mungkin terlihat sedikit, namun jika berulang dilakukan lama-lama menjadi bukit.

Asuransi COVID-19 hanya Rp 25.000 per bulan

Belum lagi jika kamu langganan online shop. Sebagian orang membeli barang tanpa memanfaatkan fitur gratis ongkir karena tidak selalu fitur tersebut tersedia bagi pengguna. Ada pun, jika lokasi online shop jauh, kamu juga membayar sisa biaya ongkir yang tidak ditanggung oleh aplikasi.  Dari dua kasus tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran kecil dengan membeli makanan sendiri maupun shopping secara daring di lokasi terdekat dengan alamat kamu. 

  1. Layanan Utilitas Yang Tidak Terpakai

Layanan utilitas yang ada di rumah kamu perlu kamu tinjau ulang. Bisa jadi penyebab bocor alus keuangan kamu adalah dari layanan utilitas yang tidak terpakai. Misalnya langganan TV Kabel paket premium yang jarang kamu gunakan karena lebih sering melihat youtube. Daripada jarang terpakai, lebih baik tidak menggunakannya.

Contoh lagi, lampu atau alat elektronik yang jarang kamu gunakan tetap menyala. Meskipun dimatikan, tidak ada dampak serius. Seyogyanya kamu matikan lampu atau alat elektronik jika sudah tidak digunakan lagi. Hal itu dapat membantumu untuk memangkas pengeluaran sepele yang membuat keuanganmu bocor halus.

  1. Berlangganan Banyak Aplikasi Di Gadget

Tidak hanya TV Kabel yang dapat berlangganan. Aplikasi gadget untuk menonton film sebagai pengganti TV Kabel juga banyak seperti Netflix, Viu, dan lain-lain. Selain film, aplikasi hiburan lain yang dapat dijadikan langganan adalah aplikasi musik seperti spotify, joox, dan lai-lain. Meskipun terlihat sedikit, namun jika kamu berlangganan cukup banyak aplikasi hanya membuat keuangan kamu bocor halus.

  1. Jajan Di Minimarket

Minimarket memang bukan suatu hal yang asing lagi , bahkan di desa sekalipun. Banyak jajanan di minimarket yang juga tersedia di warung dekat rumah. Namun, kadang seseorang lebih suka jajan di minimarket. Padahal, jajanan di minimarket cenderung lebih mahal dibanding warung sebelah rumah. Itulah sebabnya, keuangan kamu bisa bocor halus. Belilah sesuatu sesuai kebutuhan. Jika tidak ada di warung sebelah rumah, barulah pergi ke minimarket sebagai alternatif.

Demikianlah pengeluaran sepele yang malah bikin keuangan kita bocor halus. Cara untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mencatat semua pengeluaran rutin bulanan kamu. Coret apabila tidak diperlukan lagi, sehingga kamu dapat menabung lebih banyak untuk masa depan ya sobat WE+! 

Penulis: Raka 20 Sep 2021 69