Warna Lidah Bisa Menentukan Kesehatanmu

Warna Lidah Bisa Menentukan Kesehatanmu

Organ ini yang membantu kita untuk berbicara, mengecap, dan menelan memiliki warna tertentu yang bisa menentukan kesehatanmu.
Jika mata adalah jendela dunia, maka anggaplah lidah sebagai semacam mesin pemeriksa bagi tubuh. Penampilan lidah memberikan gambaran kepada dokter tentang hal-hal tertentu terkait kesehatanmu dan warnanya merupakan petunjuk penting.

Seperti apa seharusnya kondisi lidahmu?

Lidah harus berbentuk bulat dan simetris. Umumnya berwarna merah muda terang, meskipun mungkin memiliki sedikit pigmentasi ungu atau coklat pada populasi Afrika, Asia, dan Mediterania. Mungkin juga ada sedikit lapisan putih.

“Lapisan tersebut berasal dari protein keras yang disebut keratin, yang membantu menjaga lidah Anda agar tidak tergores saat makan,” kata Dr. Tien Jiang, ahli prostodonsia di Departemen Kebijakan Kesehatan Mulut dan Epidemiologi di Harvard School of Dental Medicine.

Jika dilihat dari dekat, kamu mungkin bisa melihat lidahmu ditutupi semacam benjolan-benjolan kecil (papila) yang memiliki beberapa fungsi:

  • Mereka bisa merasakan suhu dan sentuhan.
  • Mereka mengandung pengecap yang memungkinkan kamu bisa merasakan makanan itu manis, asin, asam, pahit, atau gurih.
  • Mereka menciptakan gesekan untuk membantu kamu membentuk bola kecil makanan (bolus) agar mudah ditelan.

Bisakah pola makan mempengaruhi warna lidah?

Jawabannya, bisa. Terkadang pola makan mungkin menjadi salah satu penyebab perubahan warna lidahmu. Itu karena papila mampu menyerap warna dan sisa makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Misalnya, es loli atau permen biru yang kamu makan saat kecil mungkin mengubah lidahmu menjadi warna biru yang mencolok. Kopi, teh, dan berbagai jenis makanan, seperti masakan kari yang banyak mengandung kunyit kuning, juga bisa meninggalkan bekas warna di lidahmu.

Namun, perubahan warna biasanya hanya bersifat sementara. Minum banyak air dan menjaga kebersihan mulut akan menghilangkan makanan dan pewarna yang menempel di lidah.

Lidah berwarna gelap atau terang, bercak putih, dan penyebab kekhawatiran lainnya

Beberapa warna dan penampilan lidah bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan. Segera konsultasikan kepada dokter jika kamu melihat salah satu dari hal berikut:

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  • Lidah berwarna coklat atau hitam menandakan suatu kondisi yang disebut "black hairy tongue". Ini terjadi ketika papila menjadi terlalu panjang. Benjolan kecil ini biasanya tidak memiliki banyak kesempatan untuk tumbuh karena sering hilang seiring dengan aktivitas di mulutmu. Jika tumbuh terlalu panjang, mereka dapat memerangkap bakteri dan campuran pewarna makanan, sehingga menghasilkan warna coklat atau hitam. Faktor risikonya antara lain mengonsumsi antibiotik atau antihistamin, merokok, mulut kering, minum kopi atau teh berlebihan, atau kebersihan mulut yang buruk.
  • Bercak putih tebal atau luka putih di lidah mungkin berarti kamu mengalami pertumbuhan jamur berlebih di mulut (sariawan). Sariawan dapat dipicu oleh kondisi seperti efek samping antibiotik atau pengobatan kanker, pemakaian gigi palsu, merokok, mulut kering, atau penggunaan inhaler steroid dan yang parah bisa merupakan tanda-tanda diabetes atau HIV. Dalam kasus tertentu (tapi jarang terjadi), bercak atau luka putih tersebut bisa jadi merupakan gejala kanker mulut.
  • Jika lidahmu memiliki luka berwarna merah atau kuning yang menyakitkan, kamu mungkin menderita sariawan (jaringan yang teriritasi), infeksi jamur Candida (yang terkadang muncul sebagai bercak merah pada lidah), atau (dalam kasus yang jarang terjadi) kanker mulut.
  • Lidah yang berwarna merah cerah bisa menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin B12 atau infeksi yang disebut demam berdarah – infeksi bakteri Streptococcus di tenggorokan (radang tenggorokan) yang disertai dengan ruam tubuh berwarna merah. Jika kondisi lidah kamu seperti ada pulau-pulau berwarna kemerahan, kamu mungkin menderita kondisi yang tidak berbahaya namun biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman yang bisa mengganggu hal itu biasa disebut "geographic tongue".

 

Haruskah kamu menyikat lidah atau menggunakan pengerok lidah?

Kebersihan mulut yang baik mengharuskan kamu flossing gigi setidaknya sekali sehari dan menyikatnya setidaknya dua kali sehari. Selain itu, kamu juga bisa menyikat lidahmu dengan menggunakan sikat gigi atau pengerok lidah agar sisa-sisa makanan yang menempel di lidah bisa dibersihkan.

“Julurkan lidahmu dan gosokan sikat gigimu dari belakang lidah ke depan: satu gosokan ke tengah, satu gosokan ke bawah sisi kiri, dan satu gosokan ke bawah sisi kanan. Ini membantu menghilangkan bakteri dan kotoran yang terkumpul di papila. , "kata Dr. Jiang.

Khawatir dengan kondisi lidahmu? Apa yang harus dilakukan?

Jika kamu khawatir ada yang salah lidahmu – terutama jika kamu juga mengalami demam, sakit tenggorokan yang parah, luka yang tidak kunjung hilang, atau gejala-gejala lainnya – segera hubungi dokter atau dokter gigi terdekat agar kamu bisa langsung ditangani.

Dokter atau dokter gigi bisa melakukan:

  • melihat kondisimu secara keseluruhan,
  • meresepkan atau menyarankan perawatan untuk menghilangkan ketidaknyamanan pada lidahmu, seperti obat kumur atau obat kumur dengan air hangat,
  • menyuruhmu untuk tetap terhidrasi dan meningkatkan kebersihan mulutmu.

Bila perlu, dokter dapat merujuk ke dokter spesialis untuk evaluasi lebih lanjut.

Jadi, lidah bisa menjadi salah satu alat untuk mengukur sejauh mana kesehatanmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kamu bisa dari terhindar dari penyakit-penyakit yang bisa menyerangmu ya, sobat WE+.

Sumber Harvard Health Publishing

Penulis: Raka 29 May 2024 192