Tipe-Tipe Orang yang Tidak Percaya Asuransi

Tipe-Tipe Orang yang Tidak Percaya Asuransi

Apakah kamu termasuk orang yang tidak percaya asuransi? Produk keuangan untuk perlindungan atas terjadinya risiko ini sebenarnya sangat menguntungkan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih enggan untuk mempercayainya dengan satu dan lain alasan.

Manfaat Memiliki Asuransi

Untuk bisa percaya pada asuransi, tentu kamu perlu memahami manfaatnya terlebih dahulu. Dengan demikian, akan mudah melakukan penilaian secara objektif. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan diterima oleh pemegang polis sebuah asuransi.

  • Tidak perlu mengeluarkan biaya apabila terjadi risiko, sesuai jenis asuransi yang kamu miliki.
  • Terhindar dari guncangan ekonomi saat terjadi risiko. Contoh, ketika kehilangan mobil, tidak terlalu merugi karena sudah tercover asuransi.
  • Lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi hidup, karena sudah melakukan antisipasi terhadap risiko tidak terduga.

5 Tipe Orang yang Tidak Percaya Asuransi

Sayangnya, meskipun banyak manfaat asuransi, masih ada saja orang yang tidak percaya pada produk keuangan yang berfungsi sebagai perlindungan ini. Penyebabnya banyak hal, baik internal maupun eksternal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tipe orang yang skeptis terhadap asuransi:

1. Selalu Merasa Ragu-Ragu

Tipe pertama adalah orang yang selalu merasa ragu-ragu. Biasanya, golongan ini merasa curiga pada banyak hal, terutama yang mengharuskannya mengeluarkan uang. Ya, untuk memiliki asuransi, kamu memang harus membayar premi sebagai biaya pengalihan risiko. Namun, tidak seharusnya hal tersebut menjadi penghalang.

2. Merasa Buang-Buang Uang

Ada juga orang yang tidak percaya asuransi karena memiliki anggapan membayar premi hanya membuang-buang uang saja. Padahal, justru akan lebih banyak uang yang terbuang ketika seseorang tidak memiliki perlindungan asuransi.

Kondisi butuh uang mendadak untuk biaya pengobatan, perbaikan kendaraan, atau membangun kembali rumah yang terbakar, bisa membuat seseorang mengalami stres. Hal ini tidak terjadi jika memiliki asuransi. Rasa tenang dan aman merupakan value utama yang bisa kamu peroleh dari asuransi.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Belum Memahami Tentang Asuransi

Bisa jadi, asuransi merupakan hal yang asing bagi orang awam. Inilah yang membuat banyak orang menaruh curiga pada produk perlindungan tersebut. Jadi, untuk bisa lebih berpikiran terbuka, sebaiknya memperbanyak bacaan tentang asuransi. Bisa juga menanyakan dengan detail pada agen pemasaran asuransi. 

Apabila sudah memahami, maka akan tampak manfaat besar dari memiliki asuransi ini. Kamu memiliki dua pilihan jenis asuransi, yakni konvensional dan syariah. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Jadi, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

4. Hidup Sendiri

Salah satu tipe orang yang tidak percaya asuransi adalah ketika hidup melajang. Alasannya, tidak ada tanggungan yang harus dia pikirkan kondisi ekonominya ketika terjadi risiko. Memang benar, bagi seseorang yang melajang, bisa jadi tidak membutuhkan asuransi jiwa.

Kendati demikian, masih ada bentuk asuransi lainnya yang bisa dia pilih. Contohnya yang cukup penting adalah asuransi kesehatan. Jadi, jika terjadi sakit maupun kecelakaan, tidak perlu merepotkan orang lain dalam membayar biaya pengobatannya.

5. Pernah Mengalami Hal Tidak Mengenakkan Dengan Agen Pemasar Asuransi

Selanjutnya, orang bisa menjadi skeptis terhadap asuransi jika dia pernah kecewa terhadap agen pemasaran. Ada tipe agen pemasar yang terlalu agresif menawarkan produknya, sehingga membuat orang berbalik menjadi enggan. Namun, ini adalah pribadi agen tersebut yang tidak mencerminkan perusahaan asuransinya.

Jika kamu pernah mengalami kondisi tidak nyaman akibat agen asuransi jenis ini, sebaiknya membeli perlindungan tersebut secara online saja. Pilihannya adalah mengunjungi https://weplus.id/. Di Weplus, kamu bisa memilih berbagai asuransi dengan pertimbangan yang lebih objektif dan bisa membandingkannya sendiri sampai mendapatkan produk terbaik. 

Jadi, jangan menjadi orang yang tidak percaya asuransi. Sebaliknya, dapatkan informasi dan layanan pembelian berbagai jenis asuransi secara online di Weplus, sehingga keputusan yang kamu ambil lebih matang dan bisa memberikan perlindungan yang maksimal untuk kamu. 

Penulis: Raka 18 Mar 2022 387