Ternyata Ini Lho, 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Ternyata Ini Lho, 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Sebagai jenis minyak yang sering digunakan untuk masakan atau bahan kecantikan, manfaat minyak zaitun memang sangat baik untuk kesehatan. Pada dasarnya, minyak zaitun adalah lemak yang diambil dari pohon zaitun yang berasal dari daerah Mediterania.  Dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak zaitun dianggap lebih sehat dan dijadikan alternatif  minyak sayur. Minyak serbaguna ini memiliki manfaat yang beragam baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan kulit. Keren kan sobat WE+?

7 Manfaat Minyak Zaitun yang Wajib Kamu Ketahui

Nah, berbicara tentang manfaat dari minyak zaitun, kamu bisa menyimaknya di bawah ini. jika telah mengetahui manfaat pentingnya, yakin deh kamu bakal jatuh cinta dengan minyak ini. Yuk, disimak!

1. Melindungi Organ Jantung

Minyak zaitun sejak dahulu dikenal sebagai minyak yang memiliki banyak manfaat. Manfaat yang sering dirasakan antara lain dapat melindungi organ jantung. Jantung sendiri adalah organ yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh dan termasuk organ paling vital. 

Percaya atau tidak, orang Mediterania sering menambahkan minyak zaitun dalam hidangannya. Efeknya mereka minim resiko terkena penyakit jantung. Khasiat minyak zaitun memang dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan tekanan darah serta mencegah penggumpalan darah.

2. Dapat Menanggulangi Penyakit Alzheimer

Manfaat minyak zaitun telah terbukti dan bukan isapan jempol semata, lho?. Manfaat dari minyak ini bisa juga digunakan untuk menanggulangi penyakit Alzheimer.  Dikatakan bahwa minyak ini mampu menghilangkan plak beta-amyloid yang sering dicurigai sebagai pemicu paling besar terjadinya Alzheimer.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

3. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Bagi penderita diabetes, minyak zaitun juga sangat bermanfaat loh. Sebuah riset yang telah dilakukan menemukan bahwa minyak zaitun dapat digunakan untuk menurunkan peluang terkena penyakit diabetes tipe 2. Walaupun masih membutuhkan penelitian lanjut, tetap saja manfaatnya tidak main-main.

4. Mencegah Penyakit Stroke

Apakah kamu tahu bahwa stroke adalah jenis penyakit mematikan di dunia ini?. Selain jantung, stroke adalah jenis penyakit yang tidak boleh diabaikan. Namun, sebuah riset menunjukkan apabila kamu mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin  resiko terkena stroke akan semakin minim.

5. Memiliki Antioksidan Tinggi

Manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan sudah tidak diragukan. Manfaatnya antara lain dapat menurunkan peluang terkena penyakit kronis. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, kandungan minyak zaitun lainnya adalah vitamin E dan K.  Keduanya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, lho.

6. Mengandung Senyawa Antikanker

Kerennya lagi, dalam sebuah studi yang dilakukan ditemukan sebuah fakta bahwa orang Mediterania memiliki risiko terkena kanker lebih rendah. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi stres oksidatif. Akibatnya kanker bisa dicegah lebih cepat.

7. Mengurangi Risiko Depresi

Manfaat  lainnya adalah dapat menurunkan risiko depresi. Dari penelitian yang dilakukan terbukti bila mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko depresi lebih rendah, yaitu sebesar 48%. Kamu yang sedang mengalami depresi coba deh konsumsi minyak ajaib ini.

Dari uraian manfaat minyak zaitun di atas, kamu makin yakin kan dengan khasiat minyak yang satu ini? Kini, minyak zaitun lebih mudah ditemukan karena manfaatnya yang semakin familiar. Apalagi saat ini banyak orang yang beralih ke pola makan sehat dengan menggunakan minyak zaitun. Saat diet pun kalian bisa menambahkan minyak zaitun ini dalam menu makanan sehat kalian. Jadi, yuk beralih ke minyak zaitun untuk hidup yang lebih sehat!

Penulis: Raka 28 Dec 2020 17