Ini 6 Cara Menaikan Berat Badan yang Manjur Sesuai Aturan

Ini 6 Cara Menaikan Berat Badan yang Manjur Sesuai Aturan

Tidak selalu tentang bagaimana cara menurunkan berat badan, nyatanya cara menaikan berat badan juga banyak dicari. Seseorang yang memiliki tubuh yang terlampau kurus akan berupaya agar berat badannya bertambah sehingga lebih ideal. Lalu, bagaimana cara untuk menaikan berat badan yang manjur tetapi tetap sesuai anjuran dan aman untuk kesehatan? 

6 Cara Aman Menambah Berat Badan

1. Penuhi Asupan Makanan Bergizi

Berat badan ideal akan tercapai jika kebutuhan nutrisi di dalam tubuh sobat WE+ terpenuhi. Dengan terpenuhinya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh maka perkembangan dan pertumbuhan badan menjadi lebih maksimal. Utamakan untuk memilih makanan yang dengan kandungan nilai gizi seimbang karena tubuh membutuhkan nutrisi lengkap. Sobat We+ bisa mengkonsumsi daging ayam, sapi, buah-buahan, sayur mayur dan berbagai jenis makanan lainnya.

2. Lebih Sering Makan

Cara mudah untuk bisa menambah berat badan adalah dengan makan lebih sering daripada orang yang telah memiliki BB ideal. Makan dengan frekuensi yang lebih sering akan mengatasi perasaan cepat menjadi lapar pada orang kurus. 

Kalau normalnya orang makan 3 kali sehari bagi sobat WE+ yang ingin menaikan berat badan bisa ditingkatkan menjadi 2x lipat. Makanlah dengan frekuensi 5 hingga 6 kali sehari. Namun sebaiknya setiap kali makan porsinya lebih kecil daripada orang yang normal.

3. Konsumsi Makanan Kaya Protein

Berat badan yang bertambah tidak selalu diartikan menjadi bertambah gemuk. Kenaikan berat badan bisa juga terjadi ketika otot menjadi lebih padat dan kencang karena lemaknya berkurang. Nah, untuk itu yang kamu butuhkan adalah asupan protein dalam jumlah lebih banyak. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Protein yang masuk ke dalam tubuh berfungsi untuk meningkatkan massa otot supaya menjadi lebih padat dan mengurangi lemak. Makanan yang bisa Sobat We+ konsumsi contohnya adalah daging ayam tanpa kulit, telur terutama putihnya, daging merah dan lain sebagainya.

4. Tingkatkan Jumlah Kalori yang Masuk ke Tubuh

Orang yang bertubuh kurus bisa jadi disebabkan oleh jumlah kalori yang masuk lebih kecil daripada yang dibakar. Kalau ingin memiliki badan yang lebih berisi maka lakukan hal yang sebaliknya. Makanlah dengan jumlah kalori yang lebih tinggi daripada yang dibutuhkan untuk pembakaran tubuh. 

Kamu bisa melihat dari internet berapa jumlah kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai umur dan jenis kelamin. Kemudian tambahkan sekitar 500 kalori dalam menu makanan harian agar berat badan bisa bertambah. Kalau ingin lebih cepat naik maka tambahkan 700 sampai 1000 kalori setiap hari.

5. Makan Camilan

Sobat We+ pasti sudah tahu kalau kebiasaan ngemil akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Nah, mengapa kamu tidak menambahkan jumlah camilan kalau ingin meningkatkan berat badan? Hanya saja tetap pilih jenis camilan yang sehat bagi tubuh seperti salad sayuran, buah-buahan, kurma, kacang kedelai dan sejenisnya. Kurangi cemilan yang berupa gorengan agar tidak mendatangkan masalah komplikasi kesehatan seperti kolesterol misalnya.

6. Konsumsi Smoothies atau Jus

Minum jus ternyata tidak hanya bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan saja melainkan berlaku juga sebaliknya. Minum jus atau smoothies dengan bahan dasar buah-buahan yang mengandung gula alami serta ditambahkan susu atau yogurt bisa menjadi pengganti camilan. Perut akan terasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsi minuman ini.

Bagaimana? Tidak sulit bukan cara menaikan berat badan agar tubuh menjadi lebih ideal. Dengan melakukan cara-cara tersebut secara rutin maka berat badan ideal bisa dicapai lebih cepat.

Penulis: Raka 13 Jan 2021 354