Mau Untung Malah Buntung! Kesalahan Pemula dalam Berinvestasi

Mau Untung Malah Buntung! Kesalahan Pemula dalam Berinvestasi

Halo Sobat WE+, kamu pernah merasa putus asa saat gagal dalam berinvestasi? Jika iya kamu tidak sendiri karena banyak orang yang mengalami kegagalan di awal-awal. Hal ini umumnya karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan seputar jenis investasi yang digunakan. Kesalahan pemula dalam berinvestasi memang kerap kali terjadi dan tidak bisa dihindari karena berbagai alasan, biasanya yang paling sering terjadi karena seseorang tidak terlalu memahami tentang investasi yang dipilih.

Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Pemula

Inilah beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula saat berinvestasi:

  1. Menggunakan Seluruh Tabungan

Kesalahan yang paling sering dilakukan ini memang terlihat sepele, namun seperti yang diketahui dalam berinvestasi pasti ada risiko yang menghampiri. Ketika kamu menginvestasikan uang dalam jumlah yang besar memang akan berkemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih besar tapi risiko kegagalan yang akan dialami pun juga tinggi. Jadi, sebaiknya investasi diawali dengan nilai yang kecil terlebih dulu, ketika mengalami kegagalan kerugian yang ditanggung pun akan lebih kecil. 

Hindari juga berinvestasi menggunakan uang dari hasil pinjaman. Kesalahan ini kerap kali dialami oleh orang-orang yang termakan iming-iming keuntungan besar namun memiliki tabungan yang minim. Hal ini tentunya cenderung salah karena berinvestasi pada dasarnya dilakukan dengan menggunakan uang lebih dari pendapatan atau hasil tabungan.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Cenderung Gegabah dalam Mengambil Risiko

Dalam dunia investasi keuntungan yang besar juga didampingi dengan risiko yang besar pula. Tapi bukan berarti kamu harus nekat menggelontorkan uang dengan nilai yang besar untuk berinvestasi dengan risiko yang tinggi karena kemungkinan keuntungannya yang juga besar tanpa didasari dengan riset terlebih dulu. Kamu harus memperhatikan dengan betul apakah investasi tersebut memiliki peluang keuntungan yang lebih besar dari pada risikonya. Jika tidak sebaiknya kamu mencari investasi lainnya yang memiliki peluang terjadinya risiko lebih rendah meskipun nilai keuntungannya lebih kecil.

  1. Memiliki Harapan yang Terlalu Besar

Memiliki harapan yang terlalu besar menjadi salah satu kesalahan pemula dalam berinvestasi yang sering terjadi. Sebab, belum apa-apa sudah menghayal mendapatkan keuntungan yang besar dan menjadi kaya raya. Jika iya, sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran yang demikian karena malah akan membuat kamu kecewa saat dihadapkan dengan kegagalan. Saat menjadi pemula peluang mengalami kegagalan sangat besar jadi kamu harus siap menghadapinya dan harus melakukan berbagai upaya agar tidak sampai mengalami hal tersebut. 

  1. Menanam Modal Hanya di Satu Tempat

Kesalahan ini juga sering dialami para pemula karena terlalu fokus pada satu investasi saja. Sebab sebaiknya kamu menyebar uang simpananmu ke beberapa investasi. Para pakar investasi melakukan investasi di berbagai tempat untuk meminimalisir kerugian. Ketika di satu tempat kamu mengalami kegagalan bisa jadi di tempat lain kamu malah untung besar, jadi kerugian yang dialami bisa tertutup oleh keuntungan yang didapatkan di tempat lain.

  1. Tidak Tahu Waktu yang Tepat Mengakhiri Investasi

Investasi jangka panjang merupakan investasi yang paling menguntungkan karena itulah dibutuhkan kesabaran untuk memperoleh keuntungannya. Meskipun, kamu telah menemukan investasi jangka panjang yang sesuai bukan berarti kamu menjadikannya sebagai zona nyaman. 

Kamu harus tahu kapan saatnya mengakhiri investasimu untuk itu kamu harus mengikuti kondisi perkembangan terkait investasi yang digunakan. Misalnya ketika perusahaan tempatmu berinvestasi terdengar isu-isu mengalami keterpurukan atau akan bangkrut, maka sebaiknya kamu segera mengakhiri investasimu.

Jadi itulah beberapa kesalahan pemula dalam berinvestasi yang sering terjadi dan menyebabkan kegagalan yang cukup fatal. Dengan informasi ini, semoga sobat WE+ bisa mempelajari dengan baik investasi yang dilakukan sehingga tidak terjerumus pada kegagalan ya!

Penulis: Raka 24 Nov 2021 28