Kaya Raya dari Jualan Online Tanpa Modal, Apa Bisa?

Kaya Raya dari Jualan Online Tanpa Modal, Apa Bisa?

Halo sobat WE+, belakangan ini banyak sekali model bisnis berbasis online yang besar sekali peluangnya. Bagi kaum millenial tentunya sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Biasanya yang menjadi tantangan kita untuk memulai bisnis adalah persoalan modal. Namun ternyata sobat  WE+ bisa lo jualan online tanpa modal. Bagaimana ya caranya? Yuk simak terus penjelasan berikut.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

  1. Menjadi Reseller

Ketika menjadi reseller, biasanya kita membeli produk terlebih dahulu kepada seller dengan jumlah banyak dan harga diskon, kemudian kita menjualnya kembali dengan harga sesuka kita. Namun jika ingin menjadi reseller dengan tanpa modal, kita bisa mengajukan program tersebut pada supplier. Yang perlu diperhatikan di sini adalah cara kita membranding diri  agar bisa dipercaya oleh orang lain khususnya supplier

Jika kita sudah mendapatkan kepercayaan maka semuanya akan terasa lebih mudah. Perlu keuletan dan juga kesabaran dalam memulai bisnis dengan sistem reseller. Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan ketika menjadi seorang reseller. Pertama, memeriksa kualitas barang/layanan penyedia barang/jasa. 

Akan lebih baik jika kita sudah menggunakan layanan tersebut sehingga kita bisa memastikan baik atau buruknya kualitas layanan yang akan kita jual kepada pelanggan. Kedua, memastikan bahwa alur komunikasi dengan penyedia barang/jasa berjalan dengan baik. 

Sebelum memilih penyedia barang/jasa yang akan digunakan hendaknya dipastikan dulu apakah mereka fast respon atau slow respon. Hal ini bertujuan untuk menjaga koordinasi sehingga bisnis akan berjalan dengan lancar. Ketiga, mengkonfirmasi mengenai harga barang/jasa yang ditawarkan sehingga kita bisa menentukan apakah dengan range harga tersebut sesuai dengan budget yang tersedia atau tidak.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

  1. Menjadi Dropshipper

Sistem bisnis menjadi dropshipper tentunya sudah tidak asing lagi untuk saat ini. Dengan memanfaatkan skill marketing dan tanpa modal, seorang dropshipper bisa mendapatkan keuntungan dari penjualannya. Pada sistem dropship, mereka akan menjual produk dari supplier dimana untuk pengirimannya akan dikirimkan langsung dari distributor sehingga dapat dikatakan bahwa dropshipper bekerja sebagai perantara antara klien dan supplier

Seorang dropshipper bisa menjual produk dari penyedia barang dengan mengambil keuntungan sesuai keinginan. Jadi pada sistem ini akan menghasilkan peluang bisnis yang efektif bagi orang yang belum memiliki modal untuk memulai usaha. Namun sebelum menjadi dropshipper, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, memastikan bahwa barang yang dijual oleh supplier berkualitas dan pengiriman juga yang terjamin. Kedua, mengetahui detail produk yang dijual sehingga akan mempermudah tanya jawab dengan klien. Ketiga, mempertimbangkan harga jual dengan matang. 

  1. Memanfaatkan Instagram

Instagram merupakan salah satu platform yang cukup efektif untuk melakukan penjualan. Dengan memanfaatkan berbagai macam fitur yang ada di dalamnya serta memainkan kreatifitas, maka kita bisa dengan mudah menjual barang. 

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis dengan media Instagram yakni membuat nama akun dengan menarik, membuat deskripsi akun dengan jelas, mengunggah foto produk dengan menarik disertai caption yang menjelaskan detail produk, menggunakan hashtag agar postingan lebih banyak jangkauannya, meningkatkan traffic dengan menggunakan fungsi follow dan unfollow. Serta mengoptimalkan pemasaran dengan memanfaatkan fitur instastory.

  1. Memanfaatkan Marketplace

Marketplace adalah salah satu media yang efektif untuk berjualan online karena kita bisa mendapatkan jangkauan yang luas untuk menemukan klien. Dalam marketplace, kitab isa mendirikan toko online, mengupload foto produk, dan juga bertransaksi  dengan memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya.

Itulah tadi macam-macam cara jualan online yang wajib diketahui oleh sobat WE+. Jangan lupa untuk selalu menomorsatukan keuletan untuk dapat mencapai hasil yang optimal  ya! 

Penulis: Raka 30 Nov 2021 272