Inilah 5 Masalah Keuangan yang Bikin Stress, Kamu Nomor Berapa?

Inilah 5 Masalah Keuangan yang Bikin Stress, Kamu Nomor Berapa?

Apakah menurut sobat WE+ dengan banyak uang bisa memberikan kebahagian? Tentu saja tidak selalu demikian, dari hasil penelitian pun juga begitu. Namun disisi lain jika tidak punya uang juga bisa menimbulkan masalah baru. Akan tetapi kamu masih bisa menemukan jalan keluar untuk menutupi masalah keuangan yang bikin stress tersebut.

Ada banyak hal dan tekanan keuangan yang menjadi sumber masalah dan menyebabkan kesehatan kita menjadi menurun seperti hutan, biaya pendidikan anak, dan sebagainya. Jika sudah stress, maka akan merambah ke aktivitas lainnya yang membuat kamu menjadi tidak fokus lagi. Lalu, apa saja masalah keuangan yang bisa membuat stress itu? 

Masalah Keuangan yang Bikin Stress

Berikut ini beberapa masalah keuangan yang bikin stress dan paling sering dialami, diantaranya adalah:

  1. Hilangnya Penghasilan Karena di PHK atau Gagal Bisnis

Pastinya tidak ada seorangpun yang ingin kegagalan menimpa hidupnya. Seperti kehilangan penghasilan, sehingga solusi pencegahannya adalah kamu harus menyiapkan dana darurat sebelumnya. Adapun dana darurat yang diperlukan yaitu minimal 6 kali pengeluaran bulanan kamu. Sehinga dengan begini, maka kamu pun masih bisa bertahan dengan gaya hidup yang bisa hingga mendapatkan pekerjaan yang layak kembali.

  1. Utang yang Menumpuk dan Selalu Tutup Lubang

Memang berutana bagi sebagian orang kadang kala tidak bisa dihindari, apalagi jika ada kebutuhan yang mendesak dan kondisinya sedang tidak punya uang. Sehingga jalan keluarnya hanyalah berhutang tanpa memikirkan bagaimana dampak kedepannya.

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Untuk itu, apabila kamu ingin berhutang maka harus pastikan bahwa cicilannya tidak melebihi 35% penghasilan. Adanya rasio ini, maka kamu pasti akan tetap aman apabila mempunyai utan.

  1. Menguras Tabungan Untuk Keperluan Pengobatan

Sakit menjadi suatu hal yang sama sekali tidak bisa kita prediksi kapan datangnya sejak awal. Sehingga sakit pun bisa terjadi kapan saja yang pastinya akan membuat kamu untuk mengeluarkan biaya untuk keperluan berobat ke dokter.

Biaya tersebut merupakan biaya tidak terduga dan memang tidak tahu juga berapa yang akan dihabiskan untuk berobat tersebut. Sehingga mulai dari sekarang kamu harus bisa mengcover biaya tidak terduga seperti ini dengan mempunyai kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk meminimalisir pengeluaran biaya yang berlebihan.

  1. Meninggalkan Beban Kepada Anak dan Istri Ketika Meninggal Dunia

Hal lainnya yang tidak bisa kita prediksi adalah meninggal dunia. Apabila sudah tiada dan meninggalkan beban seperti halnya urusan keuangan yang banyak menunggak pasti akan menjadi masalah besar bagi keluarga yang telah ditinggalkan. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menyiapkan asuransi jiwa dari sekarang. Sehingga Keluarga pun tidak repot saat mengurus segala sesuatu yang memang belum kamu selesaikan.

  1. Masa Depan yang Tidak Terarah dan Suram 

Seseorang tidak pernah tahu bagaimana kehidupannya di masa depan, termasuk masalah keuangan atau finansialnya masing-masing. Tentu saja masa depan yang suram tidak diinginkan dan hanya akan menjadi persoalan untuk kebanyakan orang. Seperti halnya tidak memiliki tempat tinggal yang layak, hidup tidak terurus dan telantai. Ini merupakan contoh-contoh dari masa depan yang murah serta tidak punya arah dan tujuan hidup.

Nah sobat WE+, itulah berbagai masalah keuangan yang bikin stress. Untuk menghindari hal ini, kamu pun harus memulai berinvestasi atau menabung mulai dari sekarang. Tujuannya agar bisa merealisasikan semua tujuan finansial jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, kamu juga sudah lebih siap untuk melewati setiap harinya tanpa beban finansial yang berat.

Penulis: Raka 05 Jul 2022 52