Hal Dasar Pengaturan Keuangan

Hal Dasar Pengaturan Keuangan

Sobat WE+, mengatur atau mengelola keuangan memang membutuhkan strategi yang tepat. Keuangan perlu diatur agar tidak sampai terjadi pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Terbelit hutang tentu tidak bisa membuat hidup jadi tenang dan sejahtera. Ada beberapa hal dasar pengaturan keuangan yang perlu diketahui supaya bisa mengelola uang dengan baik.

Beberapa Hal Dasar Pengaturan Keuangan yang Harus Dipahami 

  1. Buat Anggaran Keuangan yang Tepat 

Anggaran dalam mengatur keuangan menjadi acuan untuk mengelola keuangan secara utuh. Dapat dikatakan anggaran ini juga dasar dari keberhasilan seseorang dalam mengatur dan mengelola keuangannya. Dari anggaran ini pula bisa membuat rencana pendapatan dan pengeluaran. 

Di sini anggaran membantu seseorang untuk bisa mengontrol keuangan dengan baik. Kemana saja uang yang masuk keluar, tepat atau tidakkah penggunaan uang selama ini jadi lebih terlihat.  Lebih baik jangan menggunakan uang tanpa adanya anggaran yang jelas. Ini akan membuat pengaturan keuangan akan jadi kacau. Pengeluaran juga nanti tidak akan sesuai dengan pendapatan. Resikonya terlalu tinggi jika mengeluarkan uang tanpa adanya anggaran yang tepat.

  1. Menabung

Hal dasar pengaturan keuangan selanjutnya adalah menabung. Memiliki tabungan adalah salah satu rencana keuangan yang baik. Setiap bulan harusnya memiliki tabungan atau sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran agar ada sisa uang yang bisa ditabung. Ada ahli keuangan yang memberikan saran untuk menyisihkan 10% pendapatan setiap bulan untuk ditabung. 

Asuransi mikro mulai dari 5000 Rupiah!

Tabungan itu sendiri gunanya adalah sebagai dana darurat yang bisa dilakukan kapan saja ada keperluan yang urgent atau mendesak. Bisa juga tabungan yang sudah terkumpul dijadikan sebagai investasi untuk menjamin masa depan yang lebih baik. 

  1. Menghitung Depresiasi Aset 

Sebelum membeli sesuatu perlu mempertimbangkan terlebih dahulu apakah pembelian tersebut masuk dari investasi atau tidak. Meski aset bertambah tidak tentu itu masuk dalam bentuk investasi. Perlu diketahui kalau investasi ada yang bentuknya aset bernilai dan ada yang aset terdepresi. 

Investasi aset bernilai seperti rumah, tanah atau emas yang semakin hari nilainya tidak akan turun melainkan terus naik. Sementara investasi depresi adalah mobil dimana jika suatu saat dijual lagi aka nada kerugian yang harus ditanggung. Jadi pahami dan lakukan pertimangan dulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu yang masuk dalam aset terdepresiasi. 

  1. Menghitung Bekal Pensiun

Pertimbangan dan persiapan matang pada masa pensiun merupakan salah satu hal dasar yang cukup penting dalam mengatur keuangan. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi pada aset bernilai seperti tanah atau emas. Memasukkan bekal pensiun sebagai poin penting dalam mengatur keuangan akan membantu menghindari masalah keuangan di masa tua.

  1. Mempertimbangkan Resiko dalam Berinvestasi

Investasi memang perlu dilakukan namun tentu saat berinvestasi perlu pertimbangan dan harus memikirkan resikonya. Memahami semua resiko yang mungkin dihadapi selama berinvestasi bisa membantu sekali dalam menekan dan menghindari kerugian. Caranya adalah dengan memilih investasi yang memiliki resiko rendah.

Nah, sobat WE+ itulah beberapa hal dasar pengaturan keuangan yang bisa kamu terapkan.  Hal dasar pengaturan keuangan tersebut perlu diperhatikan dengan baik dan diterapkan dengan tepat. Tidak ada yang mau memiliki masalah keuangan di masa sekarang maupun masa depan, oleh karena itu perlu melakukan perencanaan keuangan agar bisa mengelolanya dengan baik.  Masa depan yang tidak bisa diprediksi juga membuat perencanaan keuangan ini jadi penting. Adanya perencanaan membuat seseorang bisa lebih terarah dalam menggunakan uang serta bisa menjamin masa depan tidak sampai memiliki masalah keuangan.

Penulis: Raka 31 Aug 2021 33